Untukmu yang Berniat Liburan di Tahun Ini, Nih 5 Daftar Festival Daerah di Indonesia 2018

Menyaksikan beragam festival budaya sekaligus berwisata di beberapa daerah di dalam negeri bisa dijadikan sebagai tujuan liburan di Indonesia 2018 ini. Seru dan unik. Rencanakan dari sekarang yuk!

Apalagi di tahun ini banyak daerah-daerah Indonesia 2018 yang menggelar beragam Festival budaya sekaligus menyakitkan keindahan wisata tempat mereka.

Lalu, apa saja daftar-daftar festival menarik sepanjang tahun 2018 di Indonesia?

Wisata “Hoyak Tabuik” di Padang Pariaman pada Indonesia 2018 Ini

Ingin mencoba menjelajahi pantai di pulau Sumatera? Salah satu pilihan yang bisa kita coba adalah dengan mengunjungi pantai-pantai yang terdapat di Padang Pariaman, Sumatera Barat.

Selain pantai-pantainya yang menarik, Pariaman ternyata menyimpan festival budaya yang menarik dan bisa jadi tujuan perjalanan liburan. Festival yang diberi nama “Hoyak Tabuik” merupakan sebuah tradisi tahunan masyarakat Pariaman dan sudah dimulai sejak abad ke 19.



Hoyak Tabuik sendiri merupakan sebuah acara untuk memperingati wafatnya cucu Nabi Muhammad SAW yang bernama Hussein. Tabuik bagi masyarakat Pariaman memiliki makna peti kayu yang digambarkan sebagai kotak kayu berisi potongan jenasah Hussein yang diterbangkan ke langit.

Namun, pada faktanya “Hoyak Tabuik” bagi masyarakat Pariaman adalah arak-arakan mengangkat peti mati bersama-sama dengan masyarakat untuk memperingati jasad Hussein, sebagai cucu dari Nabi Muhammad S.A.W.

Festival ini biasanya akan berlangsung sekitar dua hingga tingga minggu, dimulai dari akhir bulan September 2018 hingga awal bulan Oktober. Bagi yang penasaran seperti apa festival “Hoyak Tabuik” ini, sekarng saatnya bersiap-siap merencanakan perjalanan menuju Pariaman.

Jelajah negeri di atas awan bersama Dieng Culture Festival

Pesona Dieng, Wonosobo, Jawa Tengah sebagai tempat wisata memang tidak akan pernah pudar. Berada di ketinggian sambil melihat matahari pagi adalah salah satu kegiatan wisata menarik yang selalu di tunggu banyak masyarakat jika berencana menuju Dieng.

Namun ternyata keindahan Dieng tidak hanya itu saja. Setiap tahunnya selalu diadakan Dieng Culture Festival yang menampilkan sisi lain dari Dieng.

Secara umum Dieng Culture Festival akan menampilkan budaya peradaban kuno masyarakat Dieng. Festival yang sudah sembilan kali digelar ini bahkan memadukannya dengan konsep-konsep modern seperti pagelaran musik Jazz, seperti pada tahun 2017 yang lalu.

Bagi yang masih penasaran seperti apa Dieng Culture Festival, bersiap-siaplah untuk melakukan perjalanan menuju Dieng pada awal Agustus, karena Dieng Culture Festival diperkirakan akan digelar pada tanggal 3 hingga 5 Agustus 2018 nanti.

Sisi lain dari wisata Banyuwangi: Ethno Carnival

Sebagai salah satu daerah yang berada di ujung timur Pulau Jawa, Banyuwangi dalam beberapa tahun terakhir memang sedang menebar pesona wisatanya.

Selain kawah Ijen, terdapat banyak Gili-Gili baru yang sering ditelusuri oleh para Travelers. Namun, jika berencana untuk berwisata di Banyuwangi, cobalah untuk merencanakannya di bulan November.

Hal ini dikarenakan pada tanggal 10 November 2018, Banyuwangi akan menghadirkan karnaval etnik yang menampilkan kolaborasi busana Nusantara.

Tidak hanya pagelaran busana saja, namun parade busana etnik Nusantara ini akan digabungkan dengan berbagai macam alunan musik tradisional dan gerakan Gandrung Sewu.

Penasaran seperti apa Ethno Carnival Banyuwangi ini, Persiapkan rencana liburan kita dari awal bulan November karena festival budaya ini akan digelar pada tanggal 10 November 2018.



Membangun emosi wisatawan melalui Sanur Village Festival

Pantai Sanur boleh saja masih memiliki pesona wisata yang menarik bagi wisatawan yang ingin berlibur. Namun, selain itu, Sanur, ternyata punya festival budaya yang menarik.

Sanur Village Festival sendiri merupakan sebuah apresiasi wisata yang berasal dari kreativitas warga Sanur yang dipadukan dengan tema-tema yang mengikat pengunjung secara emosional.

Pada tahun 2017 yang lalu berbagai kegiatan dalam Sanur Village Festival ini diantaranya adalah Coral Plantation, pelepasan tukik ke layut hingga membersihkan pantai yang melibatkan masyarakat lokal yang berbaur dengan wisatawan untuk merawat  keindahan alam Bali.

Selain itu, terdapat juga beberapa acara seru lainnya seperti Sanur Kreatif Expo, Cultural, Music and Art performances yang menampilkan konsep budaya Bali.

Belum pernah melihat langsung Sanur Village Festival? Persiapkan rencana liburan kita di bulan Agustus, karena festival budaya ini akan digelar selama empat hari, yaitu pada tanggal 24 hingga 28 Agustus 2018.

Parade budaya Papua di Festival danau Sentani

Selain lembah Baliem yang punya festivalnya sendiri, tanah Papua punya kegiatan seru lainnya yang dijadikan sebagai ajang pengenalan sisi lain dari budaya Papua.

Festival yang bernama Danau Sentani merupakan festival tahunan yang sudah diselenggarakan sejak tahun 2007 dan menampilkan berbagai kebudayaan khas Papua seperi tari adat dari atas perahu, tari perang khas Papua, penobatan Ondoafi hingga parade kuliner khas Papua.

Uniknya, di festival ini tidak hanya masyarakat di Desa Sentani saja yang berpartisipasi. Namun, hamper semua masyarakat dari seluruh Papua akan meramaikan dan ciri khas Papua.

Tidak hanya parade, namun setiap wisatawan juga akan diajak untuk berkunjung mengelilingi keunikan Danau Sentani yang tampil menawan. Tertarik berkunjung ke festival ini?

Persiapkan rencana liburan di bulan Juni, karena pada tahun 2018 ini, Festival Danau Sentani diperkirakan dimulai pada pertengahan bulan Juni di Indonesia 2018 ini.




Konten ini adalah kerjasama antara UrbanLife.id dengan Megakarya Propertyndo.

© 2017 Urbanlife.id