“Which Turbo Are You?”

Persaingan pasar dunia otomotif Indonesia pada tahun 2017 semakin seru. Hampir setiap produsen mobil mengeluarkan produk baru yang menjadi unggulan dari masing-masing brand dengan teknologi yang tergolong baru di pasaran Indonesia, yaitu turbo. Teknologi turbo belum umum untuk pasaran pengguna kendaraan beroda empat di Indonesia. Ada dua mobil turbo produksi Negeri Sakura yang sedang ramai dijumpai di jalanan. Keduanya memiliki fitur andalan masing-masing dan keunggulan tersendiri.

 

  1. Mitsubishi Pajero Sport

Pajero Sport menjadi salah satu produk andalan dari Mitsubishi sejak sekian lama. Ketangguhannya dalam menjelajah medan berat pada dunia otomotif Indonesia sudah tidak diragukan lagi. Banyak pereli kelas dunia yang mempercayakan Pajero generasi terdahulu dalam kompetisi reli Paris-Dakar. Pajero generasi terbaru diperkuat dengan mesin diesel 2442 cc bertenaga 181 ps pada 3,500 Rpm dan torsi puncak 430 Nm pada 2.500 Rpm. Untuk urusan transmisi, Pajero juga memiliki 8 percepatan terbaru yang memiliki rasio lebih rapat dan sangat cocok untuk mesin diesel yang putaran mesinnya lebih rendah dibanding bensin. Dengan memiliki ground clearence yang mencapai 218 mm, Pajero Sport siap menghadapi segala jenis medan. Mitsubishi menyediakan pilihan beberapa varian yang memiliki fitur 4×2 dan 4×4. Pada tipe Dakar, mobil bongsor ini juga memiliki fitur Active Stability dan Traction Control System yang menjaga kestabilan mobil. Selain itu, pada tipe yang sama juga sudah dilengkapi dengan fitur Hill Start Assist. Untuk sistem pengereman, terdapat fitur standar seperti ABS, EBD dan BA (Brake Assist) untuk menjamin pengereman yang lebih sempurna. Pada bagian rem tangannya sudah menggunakan Electronic Parking Brake yang sudah diatur secara elektronik dan lebih kuat dalam mencengkeram dibandingkan dengan rem tangan konvensional.  Pada bagian konsumsi bahan bakar, Mitsubishi mengklaim bahwa Pajero Sport memiliki konsumsi BBM kombinasi hingga 12,5 km/l.

 

  1. Honda CR-V 1.5 L Turbo

Kesan pertama yang didapat dari mobil keluaran Honda teranyar ini adalah perombakan total. Honda melakukan banyak perubahan terutama pada mesin dan tenaganya. CR-V terbaru ini sudah memiliki teknologi turbo 1500 cc 4 silinder VTEC dengan CVT Earth Dreams Technology berbahan bakar bensin yang menghasilkan tenaga 190 ps dan torsi 240 Nm. Turbo akan aktif pada 2000 – 5000 Rpm. Teknologi transmisi CVT menambah sensasi berkendara yang menyenangkan dengan kehalusan perpindahan gigi yang hampir tidak ada hentakan. Pada generasi teranyar terutama bagi dunia otomotif Indonesia ini, Honda kembali menambahkan 2 seat di baris ketiga untuk tipe turbo seperti CR-V generasi kedua dulu. Pada bagian rem, sudah dilengkapi dengan ABS, EBD dan BA untuk menjamin kepakeman pengereman pada saat berkendara. Fitur double muffler dan panoramic sunroof juga menambah nilai untuk SUV terbaru ini. Honda melepas 3 tipe untuk CR-V terbaru untuk dunia otomotif Indonesia, yaitu CR-V 2.0 CVT, CR-V Turbo 1.5, dan CR-V Turbo 1.5 Prestige. Untuk fitur panoramic sunroof hanya tersemat pada tipe tertinggi. Untuk konsumsi BBM, CR-V Turbo dapat mencapai angka 14 km/l.


Konten ini adalah kerjasama antara UrbanLife.id dengan Megakarya Propertyndo.

© 2017 Urbanlife.id