Motivator yang Satu Ini Sukses Besar Setelah Rugi Rp 7,7 M, Lho!

Pernah dengar nama Dewa Eka Prayoga gak? Buat yang belum pernah dengar, Dewa Eka Prayoga adalah motivator bisnis sekaligus penulis buku terkenal.

Sebelum dia memetik kesuksesan itu, ternyata dia pernah rugi Rp 7,7 miliar sampai benar-benar gak ada duit.

Kerugian besar yang menimpa pemuda asal Sukabumi ini gak lain dan gak bukan disebabkan karena penipuan. Padahal sebelum menanggung kerugian besar ini Dewa sudah menjalankan beberapa jenis usaha, lho!

Usaha yang dimiliki Dewa, diantaranya bimbingan belajar, pelatihan motivasi, EO dan kuliner. Karena sudah memiliki pengalaman bisnis inilah, dia pun berani berinvestasi di bisnis pengadaan komputer yang justru membuatnya terjebak dan harus menanggung kerugian besar.

Di usianya yang saat itu masih 21 tahun, Dewa Eka Prayoga sudah menanggung beban finansial yang luar biasa. Namanya ikut tercemar, dicibir keluarga dan sisa uangnya di dompet hanya Rp 7 ribu perak. Parahnya lagi, musibah itu dialami ketika dia baru saja menikah.

Akan tetapi, nasibnya berubah ketika Dewa bertemu dengan Heppy Trenggono, pengusaha sukses yang pernah mengalami nasib yang sama dengannya. Lewat Heppylah, Dewa menerima pencerahan. Rekan-rekannya pun bahkan memberinya motivasi untuk menulis buku soal pengalamannya itu.

Tak lama kemudian, buku karangan Dewa yang berjudul “7 Kesalahan Fatal Pengusaha Pemula” selesai digarap. Buku itu diterbitkan pada 2013 dan dijual secara pre-order. Tapi siapa sangka, buku karangan pria kelahiran 1991 itu terjual hingga lebih dari 10 ribu eksemplar!

Lewat kesuksesan inilah Dewa termotivasi untuk kembali menulis hingga menghasilkan buku-buku seputar bisnis lainnya yang gak kalah laris. Mau tahu resep suksesnya Dewa Eka Prayoga? Ayo simak ulasannya di sini.

1. Motivator yang Mandiri

Dewa adalah anak tunggal yang ditinggal wafat ayahnya saat masih berusia lima tahun. Saat masih kuliah, dia sudah bekerja sambilan sebagai staf pengajar di sebuah lembaga bimbel.

Akibatnya, dia gak punya waktu untuk bermanja-manja atau malas-malasan. Berkat kemandiriannya itu, Dewa pun jadi figur yang dewasa dalam menghadapi masalah.

Coba kalau Dewa adalah anak manja, mana mungkin dia mau kerja sambilan pas kuliah? Ada juga nagih uang jajan mulu sama orang tua kali ya?

2. Inovatif

Dewa Eka Prayoga juga bisa dibilang sebagai seseorang yang inovatif. Bayangin saja, dari mengajar bimbel dia akhirnya bisnis bimbel.

Dari bisnis bimbel, akhirnya punya ide mengembangkan bisnis-bisnis lain yang sifatnya training. Sampai akhirnya dia jatuh karena terlalu agresif dalam berinvestasi.

Akan tetapi, dalam memulihkan reputasinya, Dewa Eka Prayoga pun berinovasi lagi dengan bukunya. Seperti diketahui, karyanya yang mengantarkan dia pada kesuksesan justru adalah buku keduanya.

Setelah kondisi finansialnya membaik, Dewa pun terus berinovasi dalam bisnis. Dia mendirikan perusahaan penerbit buku di Bandung, dan menjadi business coach sekaligus motivator. Saat ini, sudah ada beberapa usaha kecil menengah (UKM) yang dibina oleh Dewa.

3. Sabar Hadapi Cobaan

Seperti yang dijelaskan di atas, nama Dewa sempat tercemar karena kerugian yang dialaminya. Dia dikejar-kejar investor dan sempat diancam kalau rumah orangtuanya di Sukabumi akan dibakar.

Akhirnya sang ibu pun kala itu harus menggelar “Acara Yasinan” untuk menjelaskan ke tetangga-tetangganya mengenai masalah yang menimpa Dewa.

Bahkan yang paling menyakitkan adalah banyak orang menganggap pernikahannya dengan istrinya membawa sial. Namun Dewa gak lantas emosi dan gelap mata gara-gara utang yang menumpuk.

Dewa tetap mengurus kasus penipuan itu dengan sabar. Dia bolak-balik ke Mapolda Jabar untuk menjalani pemeriksaan sebagai saksi dan pelapor, terkait bisnisnya yang sudah awut-awutan.

Patut kamu ketahui lho, harta dan asetnya pun ikut dijual untuk melunasi utang dengan investor. Harta itu antara lain adalah mobil dan tabungan haji orangtuanya.

4. Gak Pelit Soal Ilmu

Pernah menjadi staf pengajar di bimbel, Dewa Eka Prayoga adalah guru sejati yang benar-benar gak pelit soal ilmu. Hal itu bisa kamu lihat langsung di situs pribadinya.

Dewa banyak membahas tips-tips detail soal marketing, penjualan, bahkan hingga copywriting, lho! Tinggal kamu baca, pelajari baik-baik dan pahami deh.

Kebiasaan sharing ilmu justru bisa meningkatkan personal branding yang baik di dirinya. Oleh karena itu, gak heran kalau buku karyanya selalu laris dan diburu banyak orang. Buku laris, bisnis pun bisa berkembang dengan baik.

Kisah Dewa Eka Prayoga tentu mengajari kita bahwa sebesar apapun masalah yang kita hadapi, pasti ada jalan keluarnya jika kita sabar dan gak menyerah. Selain itu, Dewa juga tampil sebagai sosok yang cerdas finansial serta peduli akan investasi.

Kamu ingin menjadi motivator sukses seperti Dewa? Tetap berusaha, pantang menyerah dan jangan cepat mengeluh bila menghadapi masalah ya!


Konten ini adalah kerjasama antara UrbanLife.id dengan Megakarya Propertyndo.

© 2017 Urbanlife.id