‘Seishun 18 Kippu’ Tiket Hemat Untuk Keliling Jepang Sepuasnya

JR Pass boleh saja jadi tiket paketan paling praktis buat kamu yang ingin keliling ke beberapa kota sekaligus di Jepang. Tapi tahukah kamu kalau ada tiket lainnya yang jauh lebih murah?

Seishun Juhachi Kippu merupakan tiket kereta paketan, yang memungkinkan kamu untuk naik kereta lokal dan cepat pada jalur JR, hanya dengan 11.850 Yen.

Namun, berbeda dengan JR Pass yang berlaku sepanjang tahun, Seishun 18 Kippu hanya dijual dan dapat digunakan pada bulan-bulan tertentu saja, yaitu:

  • Musim Semi: Dijual dari 20 Februari hingga 31 Maret, dapat digunakan dari 1 Maret hingga 10 April.
  • Musim Panas: Dijual dari 1 Juli hingga 31 Agustus, dapat digunakan dari 20 Juli hingga 10 September.
  • Musim Dingin: Dijual dari 1 Desember hingga 31 Desember, dapat digunakan dari 10 Desember hingga 10 Januari.

Selain itu tiket ini juga dapat dibagi, hanya saja masing-masing orang harus berbagi. Jadi, jika digunakan oleh 2 orang, maka tiket ini hanya akan dapat digunakan selama 2 hari. Pada hari ketiga hanya 1 orang yang dapat menggunakannya.

Jadi, jika kamu rombonganmu berisikan 5 orang, maka tiket ini hanya dapat digunakan selama 1 hari.

Seishun 18 Kippu juga tidak dapat digunakan untuk menaiki Shinkanshen. Namun, kamu akan dapat dengan bebas menaiki kereta lokal (futsudensha/kakuekiteisha) dan kereta cepat (kaisoku), yang dioperasikan oleh Japan Railways.

Selain itu tiket ini juga dapat digunakan untuk menaiki JR Ferry menuju Miyajima dan JR Bus di sepanjanng pesisir Sanriku.

Patut diingat juga ada beberapa kereta yang menggunakan rel yang dimiliki oleh perusahaan swasta dan kamu harus membayar tarif tambahan saat menaikinya. Tidak ada salahnya kamu menanyakan kepada petugas stasiun sebelum memutuskan untuk menggunakan tiket ini.

Pastikan juga kamu mengatur baik waktumu ketika menggunakan tiket ini, karena kereta lokal tidak secepat shinkansen, sebagai gambaran kamu bisa menghabiskan lebih dari sembilan jam dan berkali-kali ganti kereta untuk berangkat menuju Kyoto dari Tokyo.

Sedangkan jika kamu menggunakan Shinkansen perjalanan itu biasanya dapat ditempun dengan waktu kurang dari 5 jam.

Sumber: VVibu

© 2017 Urbanlife.id