Lukisan Salvator Mundi Karya Leonardo da Vinci Terjual Seharga Rp 6 Triliun

Lukisan karya Leonardo da Vinci, “Salvator Mundi,” yang berarti Juru Selamat Dunia berhasil memecahkan rekor dunia sebagai lukisan termahal.

Dalam lelang yang berlangsung di balai lelang Christie di New York pada tanggal 15 November, lukisan berumur 500 tahun yang menggambarkan Yesus Kristus ini dijual seharga 450 juta dolar AS atau sekitar Rp 6,1 triliun.

Pemenang lelang yang tidak diungkapkan identitasnya, tidak hadir secara langsung dalam pelelangan. Dia mengikuti pelelangan yang berlangsung selama 20 menit itu melalui telepon.

Harga akhir saat pelelangan adalah 400 juta dolar, namun sang pemenang juga harus membayar ongkos jasa dan komisi. Secara total, dia harus merogoh kocek hingga 450,3 juta dolar.

Namun, ternyata masih ada yang meragukan bahwa Salvator Mundi digambar sendiri oleh Leonardo da Vinci. Ada yang yakin bahwa lukisan ini merupakan karya seorang murid da Vinci.

“Hingga sekarang, penetapan Leonardo da Vinci sebagai pelukis Salvator Mundi tetap tak secara universal diterima,” ujar Vincent Dowd seperti dikutip dari BBC.

Tapi balai lelang Christie’s sangat yakin bahwa Salvator Mundi merupakan karya da Vinci dan menyatakannya sebagai “penemuan kembali karya artistik terbesar di abad ke-20.”

© 2017 Urbanlife.id