Mobil Alami Kecelakaan? Ini Cara Klaim Asuransi Kendaraan

Tidak perlu khawatir apabila kamu mengalami kecelakaan lalu lintas, jika sudah memiliki asuransi kendaraan. Sebab, apabila terjadi kecelakaan, maka kerugian akan ditanggung oleh asuransi.

Yang seringkali ditanyakan adalah; bagaimana cara memproses klaim asuransi kendaraan? Gak jarang, pemilik kendaraan bingung dengan cara mengurus klaim asuransi kendaraan.

Nah, inilah tips untuk mengajukan klaim asuransi kendaraan dengan mudah.

Segera Laporkan, Maksimal 3 x 24 Jam

Segeralah lapor kepada perusahaan asuransi dimana kendaraan kamu didaftarkan. Karena, setiap polis asuransi kendaraan mengatur bahwa dalam 3 x 24 jam setelah kecelakaan terjadi pelaporan klaim asuransi harus dilakukan.

Sekalipun kamu sedang dalam perjalanan di luar kota, kamu tetap bisa melaporkannya pada cabang asuransi terdekat. Yang jelas, jangan lupa mempersiapkan dokumen-dokumen seperti fotokopi SIM, STNK, surat keterangan polisi, dan formulir klaim asuransi yang sudah diisi.

Pilih Bengkel Rekanan Asuransi

Langkah selanjutnya, segera cari bengkel rekanan asuransi terdekat dari tempat kecelakaan agar kendaraan kamu dapat segera diperbaiki.

Namun, jika perusahaan asuransi tidak mempunyai jaringan bengkel rekanan yang dekat dengan lokasi kecelakaan, kamu harus menunggu bengkel yang ditunjuk oleh perusahaan.

Sebelum kendaraan kamu diperbaiki di bengkel, biasanya perusahaan asuransi akan melakukan survei mengenai kerusakaan mobil kamu.

Jika polis asuransimu menyediakan keuntungan pertanggungan pihak ketiga, kendaraan lain yang terlibat kecelakaan juga akan mendapatkan pertanggungan.

Urus Klaim Pihak Ketiga

Untuk pertanggungan ini kamu perlu mengirimkan surat tuntutan ganti rugi dan surat laporan kepolisian kepada perusahaan asuransi. Jika permohonan disetujui, maka mobil pihak ketiga harus dibawa ke bengkel rekanan perusahaan asuransi.

Apabila ada korban pada pihak ketiga, kamu harus melampirkan seluruh kuitansi asli biaya pengobatan.

Jangan menandatangani surat pernyataan mengambil alih tanggung jawab kecelakaan apabila klaim asuransi belum disetujui. Jika kamu melakukannya, bisa saja klaim kamu ditolak.

© 2017 Urbanlife.id