Mau Cari Uang Tambahan? Bikin Bisnis Sewa Kamar di Hunianmu Saja!

Ruangan di rumah atau apartemen bisa menjadi investasi properti yang menguntungkan, apalagi kalau hunianmu itu masuk dalam segmen menengah atas. Sama halnya seperti unit ruko, ruangan di hunianmu pun bisa juga dijadikan bisnis sewa kamar, lho! Ya, hitung-hitung sebagai uang tambahan untuk melunasi cicilan hunianmu dengan cepat.

Menurut Airbnb, ada tiga cara untuk mencari uang tambahan, antara lain:

Sewakan Ruang atau Kamar Ekstra untuk Bisnis Sewa Kamar

Misalkan kamu memiliki kamar kosong, kamu bisa membuat semacam kos harian atau guest house. Harga sewa per hari bisa kamu banderol Rp 150 ribu sampai Rp 200 ribu. Lumayan kan bisa menambah pemasukan dari bisnis sewa kamar ini.

Menjadi Tuan Rumah bagi Pelancong

Banyak pelancong dari luar negeri yang mencari kamar atau rumah sewa lewat situs Airbnb. Mereka bisa saja tertarik pada rumah atau apartemenmu. Namun, bisa saja tidak disewa setiap hari.

Gak ada salahnya kalau kamu sesekali mengorbankan sebuah kamar yang masih digunakan untuk mendapatkan uang tambahan. Semisal kamar anak. Si anak bisa kamu tempati di kamarmu dulu untuk sementara.

Pengalaman Unik Tuan Rumah

Ceritakan kegemaran dan keahlianmu sebagai tuan rumah atau keistimewaan dari tempat tinggalmu. Dengan menceritakan pengalaman unik, para pelancong mancanegara akan tertarik untuk menginap di hunianmu. Menjadi host yang baik sangatlah penting untuk memastikan tamu kamu mendapatkan pengalaman yang menyenangkan saat menginap di tempat kamu.

Cara Mendaftarkan Tempat Kamu di AirBnB

Pertama-tama, masuk ke AirBnB dan sign-up. Setelah sign-up, isi sebanyak mungkin informasi profil kamu, termasuk pasang foto profil yang jelas (tampak wajah). Ini penting supaya orang percaya bahwa profil kamu adalah real person dan terlihat berkomitmen menyediakan servis yang baik.

Selanjutnya, kamu siap untuk menambahkan tempat kamu (kamar/rumah/apartemen) ke dalam daftar AirBnB. Catatan saja, kamu tidak perlu selalu punya ‘tempat untuk disewakan’ tersedia kapan pun (ALL THE TIME) — kamu bisa memilih tanggal yang cocok untuk sewakan tempat kamu. Klik tombok “menjadi tuan rumah” di bagian atas layar dan kemudian “tambahkan iklan baru”.

Cara Menentukan Harga

Kamu bebas menentukan harga untuk kamar kamu di AirBnB, dan kamu juga bisa membedakan harga untuk weekends, hari libur atau hari khusus lainnya. Tapi menemukan harga yang kompetitif bukanlah hal yang mudah.

Pertama-tama, kamu harus tahu harga sewa untuk properti yang mirip punya kamu di AirBnB. Penting juga buat kamu untuk membandingkan harga sewa properti kamu dengan hotel yang selevel di area kamu karena tamu juga biasanya membanding-bandingkan harga AirBnB dengan harga hotel sebelum booking.

Dari sana barulah kamu menentukan harga yang kompetitif — dengan kata lain, harga yang lebih bagus dari kamar lain dengan kualitas yang mirip.

Kalau kamu baru mulai menyewakan properti di AirBnB, biasanya lebih baik memulai dengan memberikan harga diskon agar mendapatkan review yang positif. Setiap tamu yang puas akan menambahkan bintang. Rating bintang inilah yang nantinya jadi faktor penentu bagi tamu selanjutnya.

Tapi mendapatkan tamu pertama bisa jadi sulit (karena belum ada rating/review), oleh karena itu taktik yang bisa digunakan adalah dengan memasang harga murah yang tidak bisa dikalahkan — setidaknya sampai kamu dapat cukup booking dan kami bisa menaikkan harga ke harga normal. Ini merupakan pendekatan yang biasa dilakukan oleh hotel saat pembukaan dengan memberikan rate khusus.

Saat periode sibuk, kamu bisa menaikkan harga. Tanggal-tanggal penting biasanya sekitar Lebaran, tapi bisa juga di tanggal-tanggal merah lainnya juga. Kamu harus mencoba-coba untuk menentukan harga terbaik untuk properti kamu. Tapi ada juga orang-orang yang mendapatkan banyak sekali keuntungan dari tanggal-tanggal merah tersebut sehingga mereka cuma buka properti mereka saat periode sibuk saja.


Konten ini adalah kerjasama antara UrbanLife.id dengan Megakarya Propertyndo.

© 2017 Urbanlife.id