5 Rumah Horor di Indonesia

Rumah adalah tempat yang selayaknya menjadi tempat tinggal keluarga nan nyaman, asri dan aman. Akan tetapi, dengan budaya masyarakat kita yang biasanya tertarik dengan kisah mistis, ada beberapa rumah yang dipercaya memiliki kisah – kisah gaib nan horor di beberapa lokasi. Apakah Anda adalah tetangga dari salah satu rumah horor tersebut?

1. Rumah Pengabdi Setan
Beberapa waktu yang lalu, sutradara terkenal Joko Anwar merilis sebuah film bergenre horor yang bertajuk “Pengabdi Setan”.

Film ini sukses menembus angka lebih dari 2 juta penonton dalam waktu yang cukup singkat, yaitu dalam waktu 13 hari. Tentunya ini menjadi kesuksesan besar bagi Joko Anwar sebagai sutradara dan penulis skenario film tersebut.

Dibalik jumlah angka penonton yang fantastis, lokasi pembuatan film yang berupa rumah tua di daerah Pengalengan, Bandung, Jawa Barat ini menuliskan beberapa kisah mistis yang terjadi ketika proses pembuatan film “Pengabdi Setan”.

Salah satunya adalah daun pintu yang memuai secara tiba–tiba dan tidak dapat ditutup rapat. Setelah diusut, ternyata rumah ini sudah berdiri sejak jaman Belanda dan tidak ditempati selama puluhan tahun.

Menurut kesaksian masyarakat setempat, dulunya rumah ini sempat disewakan untuk vila tempat berlibur bagi masyarakat umum.

Namun, akhirnya tidak disewakan lagi karena para pengunjung sering mendapatkan gangguan dari makhluk halus. Para penjaga yang bertugas untuk memeriksa rumah ini juga menyatakan bahwa sering melihat nona dan menir Belanda.

Ada juga yang bersaksi mendengar suara anak kecil sedang bermain di dalam rumah dan berbicara menggunakan logat Belanda.

Penelusuran yang dilakukan oleh Ghost Photography Community (GPC) juga menemukan beberapa hal ganjil seperti pintu yang dibanting, getaran seperti gempa, aroma tajam bunga melati dan beberapa sosok gaib yang sempat tertangkap oleh kamera. Konon, rumah horor ini sekarang menjadi wisata hantu tengah malam. Anda berminat untuk menguji nyali disana?

2. Rumah Ambulance
Masih berlokasi di Bandung, Jawa Barat, Rumah Ambulance adalah salah satu urban legend yang sudah tidak asing di telinga masyarakat Bandung.

Pada siang hari, aktifitas di rumah ini yang sudah menjadi sebuah distro terlihat biasa saja. Namun, apabila malam menjelang, suasana horor mulai terasa pekat.

Konon, rumah ini dulunya ditempati oleh keluarga Belanda dan mereka pada akhirnya meninggal dunia dalam sebuah kecelakaan.

Para korban kecelakaan tersebut dibawa ke rumah sakit dengan menggunakan sebuah ambulance. Pagi harinya, warga menemukan ambulance yang mengantarkan para korban sudah parkir di pekarangan rumah keluarga Belanda yang menjadi korban kecelakaan tersebut.

Anehnya, tidak ditemukan sopir atau siapapun di dalam ambulance. Akhirnya, penjaga rumah memutuskan untuk mengembalikan ambulance ke rumah sakit.

Kejadian aneh terulang lagi pada malam berikutnya. Ambulance tersebut kembali ke rumah itu tanpa sopir. Kejadian ini berulang beberapa kali hingga pada akhirnya penjaga memutuskan untuk membiarkan ambulance tersebut parkir di pekarangan rumah.

Berlokasi di Jl. Bahureksa, ambulance mistis ini sering menyala sendiri dengan diikuti lampu yang berkedip–kedip. Karena para tetangga sekitar merasa terganggu, akhirnya mesin ambulance dilepaskan.

Namun, warga mengakui bahwa mereka masih sering mendengar suara mesin ambulance tersebut walaupun sudah tidak bermesin.

Belakangan, dikabarkan bahwa ambulance yang memiliki kisah mistis ini sudah dibeli oleh sebuah salah satu klub otomotif dari Parung, Bogor. Ambulance produksi Mercedes keluaran tahun 1941 ini sekarang sudah tidak diketahui keberadaannya. Apabila beruntung, mungkin Anda bisa berpapasan dengan ambulance ini di jalan sepi.

3. Rumah Gurita
Belum beranjak dari kota Lautan Api, Bandung. Ada satu properti yang banyak dikisahkan oleh para masyarakat sekitar mengenai hal yang mistis.

Rumah ini dikenal dengan Rumah Gurita karena diatas rumah ini terdapat sebuah patung gurita raksasa berwarna hitam yang tentunya mengerikan karena memberikan pemandangan yang tidak lumrah bagi orang pada umumnya.

Tanpa diketahui asal usul beritanya, rumah ini dipercaya menjadi tempat pemujaan setan atau aliran sesat. Menurut beberapa sumber, seks bebas dan meminum darah bayi adalah hal yang biasa dilakukan para pengikut aliran sesat di rumah ini.

Kondisi rumah horor yang kurang terawat dan adanya lumut kering yang terlihat di beberapa titik, menambah nuansa angker rumah horor ini. Mungkin Anda tertarik untuk mengunjungi sendiri rumah yang berlokasi di daerah Sukajadi, Bandung ini?

4. Rumah Darmo
Bangunan tua dan terbengkalai yang berlokasi di Surabaya ini adalah salah satu legenda urban yang kisahnya beredar di seantero Indonesia.

Keangkeran rumah ini tidak terlepas dari pesugihan yang dilakukan oleh penghuninya terdahulu. Masyarakat sekitar mengatakan bahwa banyak terjadi penampakan hantu wanita dan suara “auman” harimau dari dalam rumah. Kondisi bangunannya yang sudah sangat tidak terurus menambah kesan keangkeran Rumah Darmo terlebih lagi ketika malam hari.

5. Rumah “Nunggak”
Ini adalah bangunan yang terseram diantara beberapa rumah angker lainnya di berbagai belahan dunia. Banyak terjadi penampakan setan kredit yang konon tertekan karena kondisi ekonomi rumah tangga dan sering terdengar teriakan–teriakan dengan nada marah dari dalam rumah horor ini.

Umumnya penampakan sering terjadi pada saat tanggal tua dan tanggal mendekati jatuh tempo setiap bulannya. Sang penghuni konon juga kadang tidak terlihat apabila dikunjungi oleh penagih utang di bulan ketiga tunggakan.


Konten ini adalah kerjasama antara UrbanLife.id dengan Megakarya Propertyndo.

© 2017 Urbanlife.id