6 Kebiasaan Sepele Tapi Penting di Musim Hujan

Kita sudah memasuki musim hujan di bulan Oktober ini, terutama di wilayah Jakarta dan sekitarnya. Hujan sering turun belakangan ini sehingga membuat Anda masygul, akibat jalanan bertambah macet ataupun kebasahan.

Daripada Anda mengutuk mengapa hujan turun, lebih baik mempersiapkan diri mengantisipasi hujan datang. Ini bisa dilakukan dengan selalu melihat cuaca dan menerapkan kebiasaan sepele namun penting.

Mulai dari mengurangi kebiasaan kurang baik selama musim hujan dan menjaga kebersihan serta kesehatan di rumah. Jangan sampai di musim hujan ini Anda jatuh sakit dan mengganggu pekerjaan. Bisa-bisa pemasukan Anda berkurang dan keuangan Anda terganggu.

Berikut ini enam kebiasaan penting, dikutip dari HaloMoney.co.id:

 

Jangan Lupa Bawa Payung

 

Jika Anda membawa mobil pribadi, motor, maupun naik transportasi umum, membawa payung hukumnya wajib di musim hujan. Apalagi jika Anda sering naik angkutan umum: payung sangat membantu Anda untuk menuju angkutan umum dan berpindah moda transportasi.

 

Cukup selipkan payung kecil yang bisa dilipat di dalam tas Anda. Ingat, tanpa payung ini, Anda bisa-bisa menunggu berjam-jam di halte bus berjam-jam menunggu hujan reda untuk pindah transportasi umum lainnya.

Baca juga: Cari Kredit Tanpa Agunan Tanpa Kartu Kredit? Ini Daftarnya

 

Jas Hujan

 

Jas hujan ini sepertinya wajib bagi pengendara sepeda motor. Jangan lupa selipkan jas hujan di bagasi motor Anda agar Anda bisa terus melaju di jalan raya meskipun hujan demi mencapai kantor tanpa terlambat, atau pulang ke rumah sesuai rencana.

 

Melihat Ramalan Cuaca di handphone

 

Kamu bisa melihat ramalan cuaca di situs BMKG (bmkg.go.id) pada hari ini, besok hingga dua hari ke depan. Tapi ada juga cara mudah lainnya: kamu bisa melihat ramalan cuaca yang umumnya telah disediakan di setiap smartphone Anda. Anda cukup mengaktifkan aplikasi cuaca (weather) tersebut dan bisa memantau cuaca bahkan secara jam-jam pada hari itu, selain hingga dua hari ke depan.

 

Sering kok ramalan tersebut tepat sesuai prediksi. Prediksi ini tentu sangat membantu Anda untuk mempersiapkan diri sebelum berangkat ke kantor atau saat Anda hendak pulang ke rumah. Enak bukan?

 

Pantau Banjir Lewat Aplikasi dan Twitter

 

Jika Anda mengendarai kendaraan pribadi, motor atau mobil, sangat dianjurkan Anda memantau banjir sebelum berangkat. Terutama jika kondisi cuaca sedang hujan deras.

 

Anda bisa mencari informasi banjir melalui aplikasi Pantau Banjir yang didukung oleh Pemda DKI Jakarta. Aplikasi masih tersedia di PlayStore, belum di iOS.

 

Cara lain ialah memantau perkembangan banjir melalui akun twitter Polda Metro Jaya @TMCPoldaMetro bagi Anda warga Jakarta.

Baca juga: 20 Gedung Pernikahan Outdoor Murah di Jakarta dan Sekitarnya

 

Menerapkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat

 

Di musim hujan, perilaku hidup bersih dan sehat harus diperhatikan agar Anda terhindar dari penyakit. Maklum, di musim hujan, penyakit lebih mudah menyerang kita daripada di musim panas.

Beberapa perilaku hidup bersih yang harus dikerjakan, menurut Kementerian Kesehatan, antara lain: makan atau minum yang sudah dimasak, tidak jajan sembarangan.

 

Selain itu, beristirahat cukup demi menjaga pertahanan tubuh. Juga agar Anda tetap mengupayakan kebersihan diri dan lingkungan dengan tidak membuang sampah sembarangan dan selalu mencuci tangan dengan memakai sabun.

 

 

Minum vitamin

 

Tidak ada salahnya Anda meminum vitamin yang terjangkau dan cocok dengan tubuh Anda. Ini bisa mencegah Anda terkena penyakit akibat kelelahan atau kehujanan. Sekarang banyak tersedia vitamin di apotik yang bisa Anda miliki tanpa resep dokter. Atau Anda bisa mengkonsumsi vitamin yang dikemas dalam minuman botol.

 

 

Kebiasaan kecil tersebut sepele tapi sangat penting buat Anda selama musim hujan. Dengan begitu aktifitas Anda tidak terganggu, begitupula keuangan Anda tidak tekor.


Konten ini adalah kerjasama antara UrbanLife.id dengan HaloMoney.

© 2017 Urbanlife.id