Manfaat Kesehatan Jika Anda Jalan Kaki ala Jokowi

Pekan ini, Presiden Jokowi berjalan kaki hingga tiga kilometer untuk menghadiri sebuah acara. Kebiasaan jalan kaki ala Presiden Jokowi patut ditiru. Banyak manfaat jalan kaki dari sisi kesehatan.

Video Presiden Joko Widodo (Jokowi) berjalan kaki banyak digunjingkan masyarakat dari berbagai sisi. Lepas dari Anda setuju atau tidak dengan aksi presiden tersebut, aksi jalan kaki seperti yang dilakukan oleh Presiden Jokowi punya banyak manfaat dari sisi kesehatan.

Dengan berjalan kaki Anda bisa mengurangi stres, menurunkan berat badan, mencegah diabetes dan masih banyak lagi fungsi kesehatan lainnya.

Jadi sebaiknya Anda jangan segan-segan atau takut lelah untuk olah raga jalan kaki. Jika ada masalah dengan lutut atau kaki, jangan jadikan hal ini sebagai alasan untuk tidak berjalan kaki sesering mungkin, karena Anda bisa menyiasatinya dengan berjalan dengan kecepatan ringan hingga relatif cepat.

Para dokter menyarankan, berjalan kaki sebaiknya dilakukan selama 30 menit dalam sehari. Buat Anda yang baru memulai kebiasaan jalan kaki, Anda cukup berjalan kaki dilakukan selama 10 hingga 15 menit dalam sehari agar tubuh Anda tidak kaget. Setelah itu secara perlahan Anda meningkatkan durasinya.

 

Manfaat Jalan Kaki

Mulai sekarang cobalah berjalan kaki sesuai dengan aktivitasmu. Jika Anda terlalu sibuk bekerja sehingga tidak bisa olahraga di kawasan rumahmu, cobalah berjalan kaki dari tempat parkir motor atau mobil yang Anda atur dengan jarak cukup jauh dari kantormu. Dengan begitu Anda punya waktu untuk berjalan kaki dengan cukup.

Atau mulai membiasakan diri naik angkutan umum. Anda akan berjalan kaki di kawasan transportasi umum tujuanmu ataupun berpindah dari satu angkutan umum ke angkutan umum lain saat berangkat atau pulang kantor.

 

Jika Anda berjalan kaki secara rutin dan tentunya dengan menjalani gaya hidup sehat, Anda akan mendapatkan beberapa manfaat kesehatan seperti di bawah ini. Berikut ini manfaat kesehatan jalan kaki, berdasarkan riset HaloMoney.co.id:

 

Meningkatkan kesehatan jantung

Jika Anda rutin berjalan kaki, jantung Anda akan lebih sehat. Jika Anda berjalan kaki selama 30 menit sehari, bagi seorang perempuan, ternyata bisa menurunkan masalah jantung sekitar 40%. Hal ini karena jalan kaki dapat meningkatkan denyut jantung, meningkatkan sirkulasi darah di dalam tubuh, dan memperkuat jantung.

 

Menurunkan kolesterol

Manfaat kedua jalan kaki ialah mengatur tingkat kolesterol dan gula darah dalam tubuh, dan menurunkan tekanan darah. Disarankan jika Anda memiliki masalah dengan jantung, cobalah untuk berkonsultasi kepada dokter sebelum Anda memulai kebiasaan baru berjalan kaki. Hal ini agar Anda mengetahui seberapa lama dan berat olahraga jalan kaki yang akan Anda lakukan.

Baca juga: Kredit Cepat untuk Belanja Online Tanpa Kartu Kredit

 

Mencegah diabetes tipe 2

Selain penyakit jantung, diabetes tipe 2 juga bisa dicegah dengan berjalan kaki setidaknya selama 30 menit dalam sehari. Dengan berjalan akan kaki, Anda telah memicu otot untuk bekerja lebih keras sehingga kemampuan untuk menyerap glukosa meningkat. Dengan berjalan kaki selama 30  menit, Anda bisa mengurangi kemungkinan terkena diabetes tipe 2 setidaknya hingga 30 persen.

 

Menurunkan berat badan

Manfaat jalan kaki berikutnya ialah menurunkan berat badan. Ini bisa Anda  capai jika Anda berjalan cepat selama 30 menit dalam sehari sehingga bisa membakar setidaknya 150 kalori per hari. Semakin cepat langkah kaki Anda saat berjalan, semakin banyak kalori yang dibakar. Namun tentu tidak cukup hanya dengan berjalan kaki, Anda juga perlu mendukungnya dengan pola makan sehat.

 

Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Kurang olahraga bisa membuat tubuhmu mudah terkena penyakit. Cobalah  menyempatkan diri berjalan kaki setidaknya selama 30 menit. Dengan begitu sistem kekebalan tubuhmu akan meningkat dan melawan infeksi. Berjalan kaki selama 30 menit juga bisa membuatmu tidur lebih nyenyak dan tubuh secara otomatis akan melepaskan zat kimia yang membuat Anda merasa lebih baik.

Baca juga: Dana Cepat Tanpa Jaminan Terbaik 2017

 

Mengurangi stres

Manfaat berjalan kaki lainnya ialah bisa membantu Anda mengurangi atau mencegah stres. Berjalan kaki dan aktifitas fisik lainnya bisa memicu endorfin yang membuat mood Anda merasa lebih baik dan mengurangi rasa cemas serta depresi.  Endorfin adalah senyawa kimia yang membuat seseorang merasa senang sehingga berguna untuk kekebalan ubuh. Endorphin diproduksi oleh tubuh kita pada saat kita merasa bahagia seperti tertawat dan pada saat kita istirahat yang cukup.

 

 

Meningkatkan vitamin D

Vitamin d dalam tubuh dapat diperoleh dari berbagai sumber, antara lain dari makanan dan sinar matahari pagi. Perlu Anda tahu, sinar matahari pagi merupakan sumber yang paling penting untuk membentuk vitamin D. Berjalan kaki akan otomatis memberikan tubuh sinar matahari yang cukup jika dilakukan di luar ruangan. Ini berarti kebiasaan jalan kaki bisa meningkatkan nutrisi vitamin D dalam tubuh Anda.

Baca juga: Daftar Kredit Tanpa Agunan Tanpa Syarat Kartu Kredit 2017

 

Masih banyak lagi manfaat yang bisa Anda dapatkan dengan berjalan kaki.  Manfaat jalan kaki lainnya, akibat dari berkurangnya risiko jantung dan kolesterol, adalah dapat mengurangi risiko kemungkinan terkena asma, dan stroke, hingga beberapa jenis kanker.

 

Jadi, manfaatkan sebaik-baiknya olahraga yang murah meriah ini. Luangkan sedikit saja waktu Anda dalam sehari untuk berjalan kaki. Dengan tubuh yang sehat, Anda akan dapat beraktifitas mengejar tujuan finansialmu.

 

Gunakan situs HaloMoney.co.id untuk melakukan perbandingan dan pengajuan kartu kredit dan kredit tanpa agunan dari berbagai bank.


Konten ini adalah kerjasama antara UrbanLife.id dengan HaloMoney.

© 2017 Urbanlife.id