Belajar dari Kasus Penembakan di Las Vegas, Ini 5 Aplikasi yang Direkomendasikan untuk Keselamatan Diri

58 orang meninggal dunia dan 515 orang terluka akibat serangan yang dilakukan Stephen Paddock pada Minggu (1/10) waktu setempat. Stephen menembaki penonton festival musik country di Las Vegas dari lantai 32 Mandalay Bay.

Berdasarkan penyelidikan sementara, pihak Kepolisian Las Vegas mengungkapkan pelaku merupakan seorang pensiunan dan tidak memiliki catatan kriminal. Saudara dari pelaku penembakan, yaitu Eric Paddock, menyatakan ia “benar-benar tercengang” atas kejadian ini.

Dilansir Associated Press, Erick Paddock mengatakan kepada surat kabar Orlando Sentinel bahwa ia tidak mengerti mengenai apa yang terjadi. Lebih lanjut, ia mengatakan saudaranya “bukan orang normal” dan “sering bermain poker video dengan nilai taruhan tinggi.”

Erick Paddock juga mengatakan bahwa saudara laki-lakinya yang berusia 64 tahun itu pernah “mengirimi saya gambar bahwa dia memenangkan 40 ribu dollar di mesin slot.”

Ia pun terakhir berhubungan dengan dia melalui pesan singkat pada bulan September lalu. Kabar saudaranya menjadi pelaku penembakan massal, kata Erick Paddock, “seperti jika sebuah asteroid jatuh dari langit.”

Sementara itu, meski ISIS telah menyatakan pihaknya bertanggung jawab atas aksi penembakan di Las Vegas ini, FBI berkata sebaliknya. FBI mengungkapkan Stephen Paddock tidak memiliki hubungan dengan kelompok teroris manapun. Pihak otoritas setempat meyakini Paddock beraksi sendiri dan motifnya hingga saat ini masih belum diketahui.

Paddock juga diketahui memiliki sebuah rumah di Sun City Mesquite. Ia tinggal bersama dengan seorang wanita berusia 62 tahun. Belakangan, wanita itu diketahui bernama Marilou Danley.

Polisi juga telah menyatakan Danley tidak terlibat dalam serangan di Las Vegas tersebut. Saat kejadian, Danley sedang tidak berada di tempat. Meski demikian, pihak kepolisian akan meminta keterangan dari Danley saat dia kembali.

Mengingat masalah keselamatan pribadi ini merupakan aspek yang sangat penting bagi setiap individu. Setiap kali menghadapi masalah-masalah seperti di atas atau masalah lain seperti tersesat, kecelakaan, bertemu dengan orang jahat, diikuti oleh seseorang atau hal-hal serupa yang berupa ancaman terhadap keselamatan, umumnya kita sebagai manusia pasti akan berusaha untuk bisa mengatasi hal-hal tersebut baik itu dengan bertindak sendiri maupun meminta bantuan orang lain. Bagaimana jika tidak ada orang di sekitar tempatmu berada yang dapat membantu kamu?

Karena kita ada di zaman serba modern, sebuah handphone yang kamu miliki dapat membantu kamu mengatasi masalah-masalah seperti tersesat atau berada dalam situasi berbahaya. Inilah lima aplikasi keselamatan diri yang direkomendasikan oleh UrbanLife.id.

1. Incident Cost Calculator
Berapa jumlah biaya yang ditanggung untuk kecelakaan di lokasi kerja? Dengan aplikasi ini, user dapat mengkalkulasi perhitungan biaya dari kecelakaan di lokasi kerja, namun keselamatan pekerja lebih penting dari apapun. Aplikasi penghitung ini menggunakan sample skenario cidera dan kecelakaan kerja pada berbagai bentuk industri. Selain itu, aplikasi ini memiliki video demo yang mudah dimengerti dan sistem yang mudah digunakan. Incident Cost Calculator tersedia gratis untuk sistem iOS dan Android.

2. ILO Ergonomics Checkpoints
Aplikasi ini mempermudah user untuk membuat daftar periksa yang interaktif yang berguna untuk di lokasi pekerjaan. Ada 132 daftar periksa yang ditawarkan oleh aplikasi ini. Selain itu, user juga akan mendapatkan rekomendasi latihan kerja untuk penindakan dan pengimplementasian yang efektif untuk mengembangkan tata cara kerja yang baik di lokasi pekerjaan. Aplikasi tak berbayar ini tersedia dalam versi iOS dan Android.

3. PocketCPR
CPR atau Cardiopulmonary resuscitation adalah teknik kompresi dada dan pemberian nafas buatan yang detak jantung atau pernafasannya terhenti. Kondisi tersebut biasanya dialami oleh korban yang tenggelam atau mengalami serangan jantung. Pada aplikasi ini, user dapat mempelajari teknik CPR yang diperlukan dalam keadaan darurat. Hal ini sangat membantu user yang sedang menghadapi kondisi darurat di lokasi kerja, terutama apabila ada korban yang memerlukan CPR. Tindakan ini termasuk tindakan awal yang dapat dilakukan terhadap korban kecelakaan yang pernafasannya terhenti paska kecelakaan. User bisa mendapatkan aplikasi ini tanpa dikenakan biaya untuk platform iOS.

4. iAuditor
Aplikasi ini memberikan kemudahan untuk menginspeksi lokasi kerja dari lokasi manapun. Dengan fitur – fitur seperti membuat daftar periksa, laporan yang costumizable dan bisa dibagikan kepada siapapun, dan inspeksi dapat dilakukan tanpa koneksi internet di tablet atau smartphone user. Setelah melakukan inspeksi, pengguna dapat memindahkan data dan mengirimkannya melalui surel dalam format yang variatif seperti PDF, XML, DOCX, dan CSV. Aplikasi gratis ini tersedia untuk perangkat iPhone, Android dan Windows Mobile.

5. Accuweather
Aplikasi ini memudahkan user untuk memantau kondisi cuaca dengan akurat. Terutama bagi user yang bekerja di lapangan terbuka dan perlu menghindari cuaca buruk seperti hujan badai atau angin kencang. Aplikasi ini memiliki fitur radar yang mutakhir. User tidak akan terganggu dengan iklan pop-up dan dapat mengatur peringatan untuk cuaca ekstrim.


Konten ini adalah kerjasama antara UrbanLife.id dengan Megakarya Propertyndo.

© 2017 Urbanlife.id