5 Cara Mudah Menabung agar Bisa Berkurban Setiap Tahunnya pada Idul Adha

Setiap tahunnya umat Islam merayakan Hari Raya Idul Adha–yang menjadi hari dimana bagi yang mampu untuk berkurban baik itu kambing ataupun sapi. Tentunya setiap orang ingin melakukan kurban saat Idul Adha.

Namun harga hewan ternak yang cukup tinggi membuat banyak orang berpikir ulang untuk melakukan kurban. Jangankan untuk orang yang memiliki penghasilan pas-pasan, tetapi untuk orang yang mampu sekalipun hal ini akan terasa berat.

Kita tetap bisa melakukan kurban setiap tahunnya, meskipun pemasukan yang dimiliki sangat pas-pasan. Asal ada niat yang tulus serta komitmen yang kuat, hal tersebut bisa diwujudkan. Nah, berikut ini tips yang mudah untuk menabung agar bisa berkurban setiap tahunnya.

1. Menyicil Setiap Bulannya

Cara menabung mudah yang bisa dilakukan adalah dengan menyicil setiap bulannya. Dengan cara ini maka biaya berkurban tidak akan terasa berat karena dilakukan dengan cara mencicil. Anggap saja hal ini sama dengan melakukan cicilan rumah atau apartemen, mobil atau motor dan lainnya.

Tentukan terlebih dahulu besarnya cicilan yang harus disisihkan setiap bulannya. Besarnya cicilan ini bisa ditentukan sesuai dengan kisaran harga hewan ternak yang dipilih serta pemasukan yang diterima. Kamu juga bisa memprediksikan harga hewan ternak di tahun depannya, setelah itu dibagi menjadi 10-11 bulan.

Misalnya saja harga kambing saat ini sekitar Rp 3 juta, dengan prediksi kenaikan 15% di tahun depannya. Maka dapat diperkirakan jika di tahun depan harga kambing sekitar Rp 3.450.000. Jumlah tersebut dibagi menjadi 10 bulan, sehingga setiap bulannya harus menyicil Rp 345.000 setiap bulannya.

2. Ikut Arisan Kurban

Cara lainnya yang bisa dilakukan adalah dengan mengikuti arisan kurban. Cara ini terbilang efektif dan banyak dilakukan orang agar dapat berqurban setiap tahunnya.

Ajak saudara, teman, bahkan tetangga sekitar untuk mengadakan arisan. Cara seperti ini sama seperti ketika memiliki cicilan bulanan. Kamu harus membayarkan sejumlah uang yang besarnya sudah disepakati bersama.

Namun sebelum mengikuti arisan, akan lebih baik jika mengetahui cara pembayaran, jumlah arisan, jumlah peserta, jangka waktu arisan dan hal hal lainnya yang berkaitan dengan arisan tersebut. Sehingga nantinya mudah menghindari dari risiko penipuan yang sering terjadi.

3. Buat Rekening Baru

Untuk mempermudah menabung biaya untuk berkurban maka cobalah untuk membuat rekening baru. Jangan menyatukan tabungan dengan uang yang akan digunakan untuk kebutuhan sehari-hari.

Cara ini terbilang efektif sehingga uang tabungan dan lainnya tidak akan tercampur. Selain itu dengan rekening baru, kamu mudah untuk memonitor jumlah uang yang sudah dikumpulkan.

4. Menabung dengan Emas

Kamu juga bisa menabung biaya kurban dengan menggunakan emas. Hal ini bisa dilakukan jika dirasa sangat sulit untuk menyisihkan sebagian pendapatan.

Cara ini selain mudah, tentunya juga bisa dijadikan sebagai ajang investasi. Cara menabung emas juga terbilang stabil karena harga emas yang gak pernah turun. Saat ini banyak program tabungan emas yang dapat diikuti, misalnya saja di Pegadaian. Sehingga nantinya tidak berisiko serta menghindari jika digunakan.

5. Menggunakan Jasa Pihak Ketiga

Bagi yang kesulitan untuk menabung secara pribadi, bahkan takut jika digunakan sewaktu-waktu. Mengapa tak mencoba untuk menggunakan jasa pihak ketiga untuk menabung biaya kurban.

Cara ini sangat efektif digunakan apalagi jika tidak disiplin dalam menabung. Saat ini banyak sekali lembaga khusus kurban yang dapat membantu menabung untuk membeli hewan kurban. Kamu bisa memilih paket yang ditawarkan sesuai dengan lamanya simpanan tersebut.

Tips Memilih Hewan Qurban pada Idul Adha

Agar ibadah kurban berjalan dengan lancar dan mendapatkan pahala sesuai dengan tuntunan yang diberikan, berikut ini beberapa tips memilih hewan qurban sebagai berikut:

– Dilihat dari hewan kurban urutan yang paling afdhol adalah unta, lalu sapi, kemudian kambing.
– Diusahakan anda memilih hewan jantan, karena hewan jantan untuk kurban lebih afdhol dibanding hewan betina.
– Pilihlah hewan kurban yang bertanduk daripada yang tidak.
– Pilihlah hewan terbaik untuk kurban dengan ciri gemuk, warna putih lebih diutamakan, dan punya harga yang wajar.
– Mengucapkan bismillah dan takbir saat menyembelih hewan kurban.
– Lebih utama orang yang berkurban adalah yang menyembelih dengan tangannya sendiri sebagai bentuk pendekatan diri pada Allah. Jika tidak bisa menyembelih dengan baik, boleh mewakilkan pada orang yang paham sesuai tuntunan Islam.

Bekali Diri dengan Komitmen yang Kuat untuk Idul Adha

Menabung memang terlihat mudah namun terasa sulit dilakukan apalagi jika tidak terbiasa. Apalagi untuk biaya kurban yang bukan kebutuhan utama, tentunya akan sangat sulit dilakukan.

Untuk itu penting membekali diri dengan niat dan komitmen yang kuat sehingga rintangan dan halangan yang sekiranya menganggu kedepannya bisa diatasi dengan mudah. Selain itu sesuaikan jumlah biaya kurban dengan kemampuan.


Konten ini adalah kerjasama antara UrbanLife.id dengan Megakarya Propertyndo.

© 2017 Urbanlife.id