Ini Simulasi Cicilan Kredit Kalau Kamu Mau Beli Mitsubishi Xpander

Mitsubishi Motors Corporation baru saja meluncurkan mobil yang bernama Mitsubishi Xpander. Mobil ini bisa dibilang masuk ke dalam kelas MPV. Hanya saja beda sama MPV lain di pasaran, Xpander dinilai punya cita rasa SUV yang kental.

Dari sisi ketangguhan dan eksteriornya, sejumlah media bahkan menyebut mobil yang dipampang di Gaikindo Indonesia International Auto Show 2017 (GIIAS) ini dengan sebutan “Baby Pajero”.

Pasti sudah tahu dong sama yang namanya Pajero. SUV yang keren itu merupakan salah satu produk andalan pabrikan mobil asal Jepang ini. Kalau Xpander disebut “Baby Pajero”, berarti ketangguhannya mirip-miriplah.

Nah sekarang, apakah Xpander itu bisa dikategorikan sebagai mobil yang pas buat Urbaners dari sisi biaya perawatan dan lainnya? Ayo, kita simak ulasannya lebih lanjut di bawah ini!

1. Penampilan Mitsubishi Xpander yang gagah

Sejatinya, mobil ini adalah perpaduan MPV dan SUV. Jadi wajar kalau kelihatan gagah dan kekar. Wajah depan Xpander didesain dengan konsep dynamic shield, desain yang pernah dipakai Pajero dan Outlander.

Pilihan warnanya juga ada lima, yaitu hitam, putih mutiara, silver, abu-abu metalik dan merah metalik. Kalau kamu berniat ambil yang termurah, pilihannya cuma warna hitam dan putih mutiara saja.

Selain itu, ground clearance Mitsubishi Xpander juga cukup tinggi. Amanlah dipakai buat menerjang medan berat saat di perjalanan jauh.

2. Interior

Bicara soal interior, Mitsubishi Xpander punya kabin yang luas. Mobil ini juga merupakan mobil seven-seater yang joknya terbuat dari bahan sintetik. Katanya, interior Xpander juga dibuat lebih luas ketimbang kompetitornya. Jadi, pas banget nih buat kamu yang memang mencari mobil keluarga yang berdesain gagah!

3. Mesin

Karena ini adalah Baby Pajero, maka kapasitas mesinnya juga lebih kecil dan irit. Mitsubishi Xpander menggunakan mesin empat silinder 1.5L Mivec DOHC. Ada dua transmisi yang bisa kamu pilih yaitu, otomatis dengan empat percepatan atau manual dengan lima percepatan.

Bila dilihat dari kapasitas mesinnya, pas lah tentunya buat jadi kendaraan operasionalmu sehari-hari. Sebab, 1.500 cc masih terhitung irit.

4. Harga

Nah kalau bicara soal harga, ini tergantung dari tipe apa yang akan kamu beli. Mitsubishi Xpander punya enam tipe, yaitu Ultimate alias tipe tertinggi, diikuti dengan Sport, Exceed manual dan otomatis, GLS, serta GLX alias yang paling murah.

Ultimate harganya paling mahal, yaitu Rp 245 juta dengan transmisi otomatis. Adapun GLX merupakan varian dengan harga paling murah, yakni Rp 189 juta.

Varian GLS dan GLX cuma tersedia yang manual. Kalau kamu mau beli Mitsubishi Xpander dengan transmisi otomatis termurah, kamu harus memilih tipe Exceed yang harganya Rp 224 juta

Bila ingin membeli mobil ini dengan cicilan, gimana ya skemanya?

Membeli mobil ini dengan tunai tentu bakal terasa berat. Nah, beruntung nih sekarang udah ada yang namanya kredit mobil. Kamu cuma perlu kumpulkan uang muka 20 persen dari harga mobil dan mobil pun bisa kamu bawa pulang.

Misalnya kamu memutuskan untuk membeli Xpander GLX yang harganya Rp 189.050.000. Kamu pun memilih leasing dengan tenor 60 bulan. Sebelumnya mari kita hitung dulu berapa DP (uang muka) yang harus kamu bayar, sekaligus jumlah pinjamannya.

Harga mobil: Rp 189.050.000

DP: 189.050.000 x 20% = Rp 37.810.000

Jumlah pinjaman = Rp 151.240.000

Leasing memberlakukan suku bunga flat, yaitu 6,19 persen per tahun. Maka, kurang lebih skema cicilannya seperti ini:

kredit-mitsubishi-xpander

Berdasarkan skema perhitungan di atas, maka kamu harus mengeluarkan uang sebesar Rp 3,3 juta untuk mencicil mobil ini. Ingat ya, idealnya, sebuah cicilan gak boleh lebih dari 30 persen pendapatan per bulanmu, termasuk kalau kamu sedang berniat beli hunian modern seperti apartemen.

So, minimal kamu harus punya gaji Rp 11 juta kalau mau nyicil Mitsubishi Xpander termurah. Kalau gaji belum sampai segitu? Mendingan pikir-pikir lagi deh. Tentu masih ada kebutuhan yang lebih penting untuk dicukupi ketimbang maksa beli mobil kan? Masih lebih penting kebutuhan hunian seperti apartemen dong.

Intinya, jangan maksa beli mobil jika kondisi finansial emang belum mencukupi. Tapi kalau memang sanggup, langsung deh: bungkus.


Konten ini adalah kerjasama antara UrbanLife.id dengan Megakarya Propertyndo.

© 2017 Urbanlife.id