4 Tips “Travelling” ke Jogja Tanpa Paket Wisata

Meski liburan ke Jogja untuk pertama kalinya, bukan berarti harus mengikuti paket wisata. Siapapun bisa menjelajahi indahnya Kota Pelajar ini dengan membuat rencana liburan sendiri.

Jogja kerap dijadikan menjadi destinasi para travelers untuk mengisi liburan mereka.

Bagaimana tidak? Selain memiliki banyak destinasi wisata yang bisa dikunjungi mulai dari pantai, gunung, tempat bersejarah hingga tempat berburu kuliner, Jogja terkenal dengan biaya hidup yang murah. Sehingga tak memerlukan bujet besar untuk berkeliling di daerah ini.

Jogja seakan punya magnet tersendiri yang menarik para travelers untuk berkunjung ke sana. Tak heran jika setiap liburan, kota ini selalu jadi incaran para wisatawan, baik lokal maupun mancanegara. Hal ini tentu membuka peluang para agen paket wisata Jogja untuk menawarkan jasa mereka.

Tak perlu gunakan jasa agen paket wisata untuk liburan ke Jogja

Untuk para wisatawan yang baru pertama kali berkunjung dan liburan ke Jogja, kehadiran agen paket wisata akan menjadi solusi.

Meski bujet yang dikeluarkan akan lebih besar jika liburan dengan mengikuti paket wisata Jogja, kita tak perlu lagi pusing memikirkan transportasi, penginapan, hingga destinasi yang akan dikunjungi. Semua telah diatur oleh agen paket wisata.

Namun bagi wisatawan yang berbujet minim, menggunakan jasa paket wisata Jogja mungkin harus dipertimbangkan dua kali. Biaya yang dibayarkan untuk agen paket wisata bisa digunakan untuk hal lain yang lebih bermanfaat seperti berkeliling menjelajah Jogja atau sekadar membeli oleh-oleh untuk keluarga.

Lagipula, dengan fasilitas wisata yang sudah memadai, tak sulit untuk membuat perencanaan liburan sendiri ke Jogja.

Bahkan melancong seorang diri pun tak akan menjadi masalah, mengingat penduduk Jogja yang ramah dan sudah terbiasa berhadapan dengan wisatawan. Untuk mempermudah para wisatawan yang berencana liburan ke Jogja, berikut panduan tips wisata yang bisa digunakan

Tentukan waktu keberangkatan

Sebelum pusing dengan itinerary atau rencana perjalanan, hal yang paling pertama harus dipikirkan adalah waktu yang dipilih untuk liburan.

Meski bisa dikunjungi kapan saja, Jogja memiliki beberapa acara yang diadakan di bulan-bulan tertentu. Jika berkunjung ke Jogja dalam bulan ini, tentu akan menambah kesan liburan kita bukan?

Waktu terbaik untuk mengunjungi Jogja adalah di bulan Mei dan Agustus. Jogja pada bulan Ramadhan dan pada Hari Raya Idul Fitri juga lebih meriah ketimbang hari-hari biasanya.

Bulan Mei akan menjadi bulan yang spesial bagi umat Katolik di Jogja. Pasalnya, umat Katolik memperingati Hari Kenaikan Isa Almasih di bulan ini dan bisa berziarah ke lokasi-lokasi Gua Maria di Jogja untuk menyampaikan doa dan ucapan syukur.

Sedangkan bulan Agustus menjadi pilihan tepat untuk menikmati musim panas. Wisatawan bisa menikmati keindahan pantai di pesisir selatan Jogja dengan berbagai macam pesona alamnya. Merayakan hari kemerdekaan di puncak Gunung Merbabu juga bisa menjadi momen yang tak terlupakan.

Pesan tiket dan penginapan

Setelah menentukan waktu keberangkatan, saatnya memesan tiket perjalanan dan penginapan sejak jauh hari. Banyak alternatif transportasi untuk menuju ke Jogja, mulai dari pesawat, kereta api hingga bus.

Untuk perjalanan dengan pesawat, butuh biaya mulai dari Rp 400 ribu hingga Rp 1 juta untuk sekali jalan. Jika kita berburu tiket pesawat murah dari jauh-jauh hari, tak jarang maskapai menawarkan harga murah hingga Rp 400 ribu untuk rute pulang pergi.

Jika memilih untuk menggunakan kereta, bujet yang dikeluarkan mulai dari Rp 125 ribu hingga Rp 250 ribu tergantung kelas yang dipilih. Apabila mau alternatif yang lebih murah, bis bisa menjadi pilihan. Cukup mengeluarkan kocek sebesar Rp 90 ribu hingga Rp 250 ribu untuk keberangkatan dari Jakarta ke Jogja.

Beberapa lokasi seperti Sosrowijayan atau Prawirotaman bisa menjadi pilihan tepat untuk menginap menginat banyaknya penginapan dengan harga variatif mulai dari Rp 100 ribu-an. Book hotel dari jauh-jauh hari juga sangat disarankan, mengingat sudah banyaknya situs pemesana hotel online yang tentu akan memudahkan.

Membuat rencana perjalanan

Ketika memilih untuk tidak menggunakan jasa agen paket wisata, artinya kita bisa dengan bebas memilih rute perjalanan wisata.

Jika belum memiliki gambaran, rencana perjalanan yang dimiliki agen wisata bisa dijadikan alternatif tujuan kita, tinggal sesuaikan destinasi dengan minat.

Banyak sekali yang bisa dilakukan di Jogja. Mulai dari wisata sejarah di Keraton Jogjakarta, wisata alam di pantai Pok Tunggal, hingga wisata kuliner di angkringan sekitar Tugu.

Transportasi selama berada di Jogja

Sebelum sampai di Jogja, cari dulu informasi lengkap seputar transportasi yang akan digunakan untuk mengelilingi Kota Gudeg ini.

Jika menginap di sekitar Malioboro, cukup berjalan kaki untuk mengunjungi tempat wisata terdekat seperti Keraton Jogja atau Alun-alun Kidul.

Jika tujuan wisata terletak agak jauh dari pusat kota, kita bisa menggunakan transportasi umum seperti bus kota atau Trans Jogja.

Menyewa motor atau mobil juga bisa jadi pilihan jika datang bersama rombongan, apalagi jika objek wisata yang dituju sulit dijangkau dengan transportasi umum.

Untuk menyewa mobil Toyota Avanza, biasanya dihargai mulai dari Rp 300 ribu per hari. Semakin banyak rombongan yang ikut, tentu biaya yang ditanggung masing-masing orang akan semakin sedikit.


Konten ini adalah kerjasama antara UrbanLife.id dengan Megakarya Propertyndo.

© 2017 Urbanlife.id