7 Cara Jitu Menghemat Biaya Makan saat “Travelling”

Ketika travelling ke berbagai wilayah, mencicipi aneka makanan lokal tentu akan menjadi agenda wajib yang seringkali dilakukan. Untuk itu, biaya makan yang satu ini perlu diatur supaya pengeluaran gak membengkak.

Sebagian besar orang bahkan secara khusus melakukan wisata kuliner untuk bisa menikmati berbagai makanan lokal di wilayah yang mereka kunjungi, sebab gak setiap hari kita akan memiliki kesempatan yang sama untuk melakukan hal tersebut.

Apapun jenis makanan yang akan dicoba di tempat yang Urbaners kunjungi, hal ini tentu akan membutuhkan sebuah perhitungan yang baik sejak awal.

Bukan sebuah rahasia lagi, jika ketika travelling kita seringkali lupa mengerem berbagai pengeluaran, sehingga kantong terkuras dalam-dalam.

Sementara, berbagai kebutuhan lainnya selama travelling juga tidak kalah penting. Biaya makan selama travelling menjadi salah satu komponen terbesar di dalam pengeluaran, karena itu sangat penting untuk mengatur dan mengendalikannya dengan baik.

Jangan sampai di tengah-tengah masa liburan, justru kehabisan uang karena gak memiliki kontrol yang baik ketika mengatur pengeluaran, termasuk pengeluaran saat makan di berbagai restoran.

Jika hal seperti ini sampai terjadi, maka bukan hanya keuangan yang akan terganggu, namun sisa waktu perjalanan juga akan menjadi gak menyenangkan lagi.

Simak beberapa tips di bawah yang dapat kamu lakukan untuk mendapatkan restoran yang murah dan ramah bagi kantong.

1. Atur Waktu Makan dengan Tepat

Padatnya berbagai kegiatan selama travelling, seringkali membuat lupa untuk mengatur jadwal makan dengan baik. Hal ini tentu akan sangat berisiko, bukan hanya pada kesehatan yang mungkin akan mengalami gangguan, namun juga bagi kantong yang gak terkontrol dengan ketat.

Pengeluaran bisa saja semakin membengkak akibat gak makan tepat waktu sesuai dengan jadwal yang seharusnya, di mana kemungkinan akan lebih banyak jajan dan mengemil berbagai makanan yang harganya juga belum tentu murah, terutama jika membelinya di lokasi wisata yang sedang dikunjungi.

Atur jadwal dengan baik, termasuk jadwal makan selama melakukan travelling. Akan sangat baik jika memiliki jadwal makan yang efektif, di mana dapat memilih waktu yang tepat untuk mendatangi dan tiba di restoran murah terdekat.

Cari informasi mengenai restoran murah tersebut sejak awal, sehingga dapat dengan mudah menemukan dan bersantap dengan tenang pada saat jam makan tiba.

Hal ini tentu akan mempermudah, terutama ketika berkunjung ke beberapa lokasi sekaligus, di mana jadwal tidak akan terganggu akibat urusan makan yang tidak teratur tersebut.

2. Tentukan Bujet untuk Biaya Makan

Selain jadwalnya, kita juga harus menentukan bujet untuk makan selama masa traveling tersebut. Meski mungkin tidak akan bisa menentukan jumlah yang persis tepat, namun persiapan perhitungan yang baik sejak awal, akan membantu untuk bisa mengontrol keuangan selama masa travelling.

Hindari untuk makan tanpa perhitungan yang baik, di mana kamu memilih berbagai menu makanan yang harganya cukup mahal. Hal seperti ini hanya akan membuat dana makan segera habis, bahkan meski liburan masih cukup panjang.

Atur bujet makan dengan tepat, misalnya dengan menentukan bujet harian atau bujet setiap satu kali makan. Dengan begitu, kamu dapat mengontrol pengeluaran setiap kali makan di sebuah restoran yang dikunjungi nanti.

Jangan memaksakan diri, jika ternyata uang gak cukup untuk menu tertentu yang cukup mahal, maka ada baiknya memilih menu lainnya saja yang harganya cukup terjangkau bagi dana travelling.

3. Jangan Sembarangan Masuk Restoran

Saat travelling, makanan tentu menjadi hal yang tidak kalah penting untuk dinikmati dengan maksimal. Berbagai menu baru mungkin ingin dicicipi atau bahkan beberapa pilihan menu favorit di wilayah tersebut. Jangan sembarangan masuk restoran, terutama jika belum memiliki informasi mengenai restoran tersebut.

Cari dan pilih restoran yang menawarkan harga murah dan ramah bagi kantong, namun tentunya dengan rasa yang tidak kalah sedap dari berbagai restoran mewah di luar sana. Dengan begitu, dapat makan lezat dengan harga yang hemat.

4. Hindari Makan di Restoran Hotel

Selama masa travelling, ada baiknya menghindari untuk makan di restoran hotel, mengingat harga makanan di sana kemungkinan akan jauh lebih mahal dari pada berbagai restoran lain di luar.

Sebagian besar restoran yang berada di hotel akan mematok harga yang sangat tinggi untuk setiap makanan yang mereka jual di sana.

Hal ini akan membuat kantong terkuras dalam-dalam, sebab harga makanannya bisa saja dua kali lipat dari harga makanan di restoran lainnya di luar sana.

Pilihan untuk makan di pinggiran jalan bisa dipertimbangkan, mengingat di tempat ini akan mudah menemukan berbagai menu makanan dengan harga yang sangat ramah bagi kantong.

Gak perlu malu, sebagian besar turis memang berkunjung ke tempat tersebut untuk menemukan berbagai menu makanan yang menarik untuk dicicipi.

5. Manfaatkan Voucher Restoran

Sebelum melakukan perjalanan, gak ada salahnya untuk berburu voucher restoran terlebih dahulu. Bukan hanya potongan harga yang lumayan besar, dengan voucher ini juga bisa menikmati berbagai menu menarik dengan harga yang sangat masuk akal.

Kamu gak ingin melewatkan kesempatan untuk mencicipi beberapa menu lokal di tempat yang dikunjungi, bukan?

Dengan menggunakan voucher restoran, kita akan memiliki kesempatan untuk mencicipi makanan di restoran berkelas dengan harga yang cukup murah.

Pengalaman kuliner bisa didapatkan dengan harga yang ramah di kantong, sehingga gak perlu mengeluarkan uang yang banyak untuk berbagai menu mewah yang ingin dicicipi nanti.

6. Cek Harga sebelum Memilih Restoran

Meski restoran yang dikunjungi terkenal murah, namun bisa saja hal tersebut tidak berlaku untuk semua menu yang dijual di sana.

Pastikan mengecek harga makanan yang akan dipesan terlebih dahulu, sehingga gak akan dirugikan dengan kewajiban membayar sejumlah harga yang cukup besar.

Perbedaan harga pada restoran yang sama dengan lokasi berbeda juga sangat mungkin terjadi, di mana restoran yang satu dengan yang lainnya bisa saja menerapkan harga yang berbeda untuk menu yang sama.

Hal seperti ini juga patut diantisipasi dengan baik, sehingga gak akan dibebani sejumlah tagihan yang membengkak. Ini hal yang sangat sering terjadi dan banyak dikeluhkan, karena itu selalu cermati sejak awal.

7. Pilih Menu dengan Harga yang Masuk Akal

Ketika berkunjung ke sebuah wilayah, maka kita mungkin sangat ingin mencicipi beberapa menu yang menjadi menu favorit di sana.

Hal ini sangat wajar, mengingat tidak selalu memiliki kesempatan untuk melakukannya. Namun, meskipun memiliki embel-embel sebagai menu favorit dan dijual di banyak tempat, bisa saja menu ini dihargai dengan cukup mahal, sehingga harus menguras kantong untuk sekedar mencicipinya.

Hindari kejadian seperti di atas dengan cara mengetahui harga menu tersebut sejak awal. Jangan sampai memesan menu dengan harga yang tidak masuk akal, sebab ini bisa saja membuat dana makan habis dalam sekejap.

Jika ternyata benar-benar ingin mencicipi menu tersebut, maka pilihlah restoran lain yang menjualnya dengan harga cukup terjangkau, atau bisa juga mempertimbangkan untuk mencarinya di berbagai rumah makan berukuran kecil yang banyak dikunjungi oleh masyarakat lokal.

Kelola Biaya Makan dengan Cerdas

Mengingat selama masa travelling nanti kamu akan melakukan berbagai kegiatan yang cukup padat, maka penting untuk menjaga asupan makanan selama travelling tersebut.

Jangan sampai pola makan dan gizi yang gak seimbang selama dan menimbulkan masalah atau gangguan kesehatan, sebab ini akan mengakibatkan gangguan dalam berbagai aktivitas yang telah direncanakan sejak awal.

Meski makan dengan biaya makan yang hemat di restoran yang murah, namun upayakan untuk selalu memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh dengan baik.

Jika jeli, maka ada banyak restoran murah yang dapat dijadikan sebagai pilihan, di mana dapat menemukan berbagai menu yang dihargai cukup ramah bagi kantong.

Kelola biaya makan dengan cerdas, sehingga selama perjalanan travelling tersebut dapat mengkonsumsi makanan sehat dengan nutrisi baik dan harga bersahabat.


Konten ini adalah kerjasama antara UrbanLife.id dengan Megakarya Propertyndo.

© 2017 Urbanlife.id