Hidupmu Itu Berharga, Kenali Tanda-tanda Gejala Depresi serta Cara Mengendalikannya Berikut Ini

Menurut laporan dari World Health Organization (WHO) yang dilansir baru-baru ini, kasus bunuh diri rupanya terjadi setiap kurun waktu 20 detik. Itu sebabnya kamu harus waspada dengan munculnya tanda-tanda depresi seseorang di lingkunganmu.

Menyedihkan memang, terlebih jika berkaca dari kasus-kasus bunuh diri yang belakangan makin sering menghiasi pemberitaan.

Sebenarnya apa sih yang menyebabkan seseorang berani mengakhiri hidupnya sendiri? The National Institute of Mental Health (NIMH) mengungkapkan kalau ada beberapa faktor pemicu seseorang mengambil keputusan ini.

Beberapa di antaranya adalah karena mengidap penyakit fisik yang kronis, riwayat keluarga yang memiliki gangguan mental, kekerasan dalam keluarga seperti pelecehan, hingga depresi. Nah, yang terakhir ini yang biasanya paling sering menjadi alasan.

Tanda dan Gejala Depresi

Meskipun menjadi penyebab paling jamak dalam kasus bunuh diri, seringkali pengidap depresi tidak menyadari kalau dirinya tengah mengalami masalah psikologis ini.

Oleh karena itu, penting bagi kita untuk mengetahui tanda-tanda dan gejala depresi supaya bisa mencegah datangnya ide bunuh diri. Berikut ini di antaranya:

1. Mudah marah dan emosi.

2. Kehilangan gairah atau minat, mulai dari kegiatan sehari-hari sampai hobi

3. Perubahan pola makan yang memicu peningkatan maupun penurunan berat badan secara drastis

4. Susah tidur

5. Lebih sensitif, mudah tersinggung, dan selalu berprasangka buruk

6. Suka menyendiri, menjauh dari orang banyak, dan selalu merasa sedih

7. Sulit untuk memfokuskan pikiran dan gak bisa konsentrasi saat harus mengambil keputusan

8. Memiliki perasaan putus asa dan merasa gak ada jalan keluar saat menghadapi sebuah masalah. Sering menyalahkan diri sendiri

9. Timbulnya rasa sakit fisik seperti nyeri yang sulit dijelaskan, biasanya keluhan sakit berpusat pada pinggang, kepala, sakit otot dan sakit perut

10. Ada keinginan untuk terus menyakiti diri sendiri

11. Mudah merasa khawatir dan lelah

Setelah mengenali tanda-tanda seseorang yang sedang mengalami depresi, tentu saja kita gak berhenti sampai di situ. Segera temukan cara untuk mengatasinya atau paling gak menekan dampaknya agar gak semakin berbahaya dan memicu bunuh diri.

Cara Mengatasi Depresi

1. Berbicara

Bicara di sini maksudnya adalah dengan menyadari dan mengakui bahwa diri sendiri mengalami depresi. Setelah itu jangan pernah malu atau ragu untuk menceritakannya kepada orang terdekat yang paling dipercaya. Berbagi permasalahan dipercaya dapat meringankan tekanan yang sedang dialami.

2. Olahraga ringan

Menggerakkan tubuh seperti senam ringan, jogging, hingga peregangan dapat membantu mengatasi gejala atau tanda-tanda depresi. Ini karena olahraga memicu produksi endorphin dan memicu otak untuk berpikir lebih positif.

3. Meditasi atau yoga

Penelitian membuktikan bahwa meditasi bisa mengurangi ketegangan, rasa sakit dan juga depresi. Pola meditasi yang bersifat tenang dan fokus pada satu hal juga membuat pikiran jadi lebih santai. Selain meditasi, ada metode yoga yang juga bisa memperbaiki kualitas tidur.

4. Lebih aktif

Salah satu cara untuk mengendalikan rasa negatif dalam diri adalah dengan aktif bergerak melakukan kegiatan bermanfaat daripada berdiam diri. Mulai dari menjalankan hobi, sampai melakukan hal-hal baru.

5. Tidur teratur

Depresi memang menyebabkan sulit tidur atau tidur yang tidak berkualitas. Meski begitu, jika kamu mengalami tanda-tanda depresi, ubah pola tidurmu jadi lebih teratur. Tetapkan tidur di waktu yang sama tiap malam dan bangun di jam yang sama pula. Kalau bisa, terapkan juga tidur siang supaya waktu tidurmu cukup.

6. Konsultasi ke ahlinya

Jika gejala-gejala atau tanda-tanda depresi masih berlanjut walaupun sudah melakukan langkah-langkah di atas, maka solusi terakhir yang paling tepat adalah dengan melakukan konsultasi ke ahlinya. Dalam hal ini tentu saja ke psikiater atau psikolog.

Psikiater dan psikolog gak cuma bisa memberi bantuan dalam bentuk medis melalui obat antidepressant, tapi juga bisa membantu kesehatan psikismu melalui terapi dan konseling yang tepat.

Rekomendasi Jasa Psikiater atau Psikolog di Jakarta untuk Orang yang Memiliki Tanda-tanda Depresi

Nah, untuk rekomendasi, berikut daftar beberapa jasa psikiater atau psikolog di Jakarta yang bisa digunakan:

1. Yayasan Praktek Psikologi Indonesia (YPPI)

Yayasan Praktek Psikolog Indonesia (YPPI) adalah organisasi jasa praktek psikolog profesional yang terdiri dari para associated psikolog. Yayasan ini menyediakan layanan psikologi bagi lembaga-lembaga ataupun individu yang membutuhkan.

Jasa layanan yang disediakan di tempat ini di antaranya konseling, pemeriksaan psikologis, terapi sampai dengan penelitian psikologi. Kisaran tarif jasa bisa dimulai dari kisaran Rp 100 ribu.

2. Sanatorium Dharmawangsa

Sanatorium Dharmawangsa bisa dibilang sebagai rumah sakit jiwa pertama di Indonesia. Kemudian di tahun 1998, rumah sakit ini dikelola dengan manajemen baru dan berubah nama menjadi Professional Centre For Stress, Depression & Schizophrenia.

Tempat ini menangani masalah stres, depresi, dan skizofrenia secara profesional. Untuk gangguan jiwa lain juga tersedia pelayanan memadai. Kisaran tarif jasa mulai dari Rp 720 ribu.

3. Smart Mind Center Consulting

Smart Mind Center Consulting menyediakan layanan konsultasi mulai dari psikoterapi dan konseling, hipnoterapi medis, hingga gangguan perasaan hati. Kisaran tarif jasa mulai dari Rp 500 ribu.

4. Kasandra & Associates Psychological Practice

Didukung oleh beberapa profesional, tempat ini menyediakan jasa konseling, terapi, dan psikologi lainnya. Kisaran tarif jasa mulai dari Rp 500 ribu hingga Rp 1 juta.

Jangan lupa untuk memeriksa pilihan jasa psikiater atau psikolog yang akan digunakan. Pastikan mereka memang credible dan dapat dipercaya, serta dapat memberikan rasa nyaman dalam konsultasi dan pengobatan.

Manusia gak bisa hidup sendiri. Suatu saat kita pasti membutuhkan bantuan orang lain. Sama halnya ketika kita mengalami masalah kejiwaan seperti depresi, jangan diabaikan. Jangan malu mencari pertolongan dari orang-orang terdekat jika diperlukan.

Jangan biarkan depresi yang mengendalikan kita ya. Sebaliknya, kitalah yang harus belajar mengendalikannya.


Konten ini adalah kerjasama antara UrbanLife.id dengan Liquid Likwid E Juice. Coba varian rasa terbaru BLAST!! Choco Mint® persembahan dari Liquid Likwid E Juice. A refreshing chocolate on a sunny day!

© 2017 Urbanlife.id