Mau Liburan Hemat ke Jepang? Ini Caranya…

Liburan hemat ke Jepang merupakan impian sebagian masyarakat dunia. Namun, tingginya biaya hidup di Jepang, yaitu sekitar 10 ribu yen atau sekitar Rp 1 juta per hari, membuat gak sedikit travelers yang mengurungkan niatnya untuk pergi ke Negeri Matahari Terbit tersebut.

Menurut data MoveHub per Juli 2017 yang dilansir media The Independent, Jepang menempati posisi ke-17 sebagai negara dengan biaya hidup termahal di dunia.

Tapi tunggu dulu. Masih ada banyak cara kok untuk bisa liburan ke Jepang dengan hemat.

Gak percaya? Coba cara berikut ini:

1. Cari penerbangan murah

Soal penerbangan murah ke Jepang, jangan khawatir. Banyak pilihannya kok. Tapi jangan terpaku pada satu bandara, misalnya yang besar seperti Narita atau Haneda di Tokyo.

Dengan maskapai serta jam keberangkatan sama, pesawat tujuan Tokyo bisa lebih mahal ketimbang tujuan Osaka, misalnya. Demikian juga sebaliknya.

Kita hanya tinggal manfaatkan situs pencarian penerbangan untuk mencari harga termurah, seperti Traveloka atau SkyScanner. Pasalnya, sistem transportasi di Jepang sudah oke punya. Semua wilayah terhubung dan gampang diakses.

Rumus klasik jangan dilupakan, ya, yaitu pesan sejak jauh hari. Umumnya harga tiket lebih mahal mendekati hari keberangkatan.

2. Datang saat low season

Di Jepang, peak season alias waktu populer masa liburan adalah Mei-Juni dan Juli-September. Biar mendapat harga tiket pesawat murah, cari tanggal keberangkatan di luar bulan-bulan itu.

Namun ada konsekuensinya, seperti gak bisa lihat bunga Sakura mekar. Meski begitu, masih bisa main salju kalau datang pas musim dingin alias low season dengan harga tiket miring.

Selain harga tiket, tarif penginapan pun murah. Lumayanlah untuk pengalaman pertama menikmati sejumput suasana Jepang.

3. Angkutan umum paketan

Angkutan umum di Jepang terbilang maju dan murah, kecuali Shinkansen yang relatif mahal. Buat wisatawan, ada fasilitas Japan Rail (JP) Pass yang bikin wara-wiri pelesiran di sekujur Jepang lebih murah.

JR Pass adalah tiket terusan untuk naik angkutan umum di Negeri Sakura, dari kereta cepat Shinkansen (kecuali Mizuho dan Nozomi) hingga bus. Ada yang untuk tujuh hari, 14 hari dan 21 hari.

Kita bisa membelinya di stasiun Jepang, tapi bisa juga di dalam negeri sendiri. Tiket ini bahkan dijual di marketplace Tokopedia dengan harga Rp 3 jutaan lho.

Itu sangat murah dibanding beli tiket satuan. Tapi belilah hanya jika berencana banyak jalan-jalan di Jepang. Soalnya, rugi kalau sudah beli tapi hanya ngendon di satu-dua tempat.

4. Cari hotel online

Banyak pilihan hotel murah di Jepang. Cari saja di situs online seperti Hotel.com atau Trivago untuk mendapatkan perbandingan.

Tipsnya adalah cari hotel yang gak berada terlalu di pusat kota karena lebih murah. Sistem transportasi di sana sudah bagus, sehingga gampang berpindah tempat dari satu tempat ke tempat lain.

Namun jangan terlalu jauh juga dari lokasi wisata agar bisa menghemat waktu dan biaya perjalanan ya.

Bisa lebih hemat lagi jika pakai jasa AirBnB, komunitas yang menjadikan rumah atau hunian pribadi lainnya sebagai tempat menginap para traveler.

5. Makan di emperan

Jepang adalah surganya kuliner. Tapi jangan mengira harga di sana pasti mahal-mahal semua. Solusinya adalah cari pedagang kaki lima di emperan atau warung kecil.

Banyak kok makanan PKL, yang lebih keren disebut street food, di sana. Ada sushi, ramen, juga makanan khas lainnya.

Di sana pun ada banyak vending machine atau mesin penjual makanan instan. Bahkan, kamu bisa beli sushi yang harganya jauh lebih murah ketimbang di restoran, lewat mesin itu.

6. Beli oleh-oleh namun tetap bisa liburan hemat

Oleh-oleh adalah bukti bahwa kita pernah pergi ke suatu tempat—selain foto selfie tentunya. Di Jepang, oleh-oleh yang murah pun ada, seperti pernak-pernik miniatur yang banyak dijual di kawasan Akihabara dan Shibuya.

Ada juga oleh-oleh berupa bumbu masakan khas Jepang di Ameyoko Street. Tinggal kita cari yang sesuai dengan bujet.

Tips di atas bisa dipraktikkan bila hendak bepergian solo ataupun beramai-ramai ke Jepang. Jangan lupa manfaatkan promo yang tersedia entah itu di situs penjualan tiket, hotel, maupun yang disediakan kartu kredit yang kita miliki.

Selalu ada cara traveling murah meski destinasi yang dituju terkenal mahal. Tinggal pintar-pintarnya kita memanfaatkan informasi yang ada di sekitar, terutama internet. Yuk, liburan hemat ala Urbaners!


Konten ini adalah kerjasama antara UrbanLife.id dengan Megakarya Propertyndo.

© 2017 Urbanlife.id