8 Ciri-ciri Kalau Kamu Sudah Siap untuk Jadi Ibu yang Baik, Selamat Ya!

Di usia pertengahan yang hampir menginjak 30 tahun, sudah banyak perempuan yang memutuskan untuk mengakhiri masa lajangnya. Setelah menjadi mama muda itu biasanya hampir semua perempuan ingin segera menimang bayi.

Walhasil, perempuan yang masih melajang pun jadi tergoda ingin memiliki bayi setelah melihat lucunya bayi dari kawan mereka.

Nah, tapi permasalahannya apakah kalian sudah siap punya bayi sendiri? Lajang ataupun sudah menikah, kalian perlu tahu tanda kesiapan jadi ibu yang baik itu seperti apa. Apa saja sih kira-kira?

1. Gak apa-apa gak bisa masak, asal sebagai mama muda kamu tahu gizi makanan yang baik seperti apa

Memasak itu bukan sebuah kewajiban bagi seorang ibu. Namun, wajib bagi kamu sudah tahu mengenai gizi makanan. Ilmu ini tentu penting karena setelah punya anak nanti, kamu dan suami bertanggungjawab penuh terhadap kesehatan dan perkembangan gizi buah hati.

2. Multitasking

Sudahkah kamu punya kemampuan multitasking? Ibu adalah profesi berat. Kamu dituntut untuk cepat tanggap dan tangkas dalam melakukan segala sesuatu.

Apalagi jika kamu adalah ibu yang bekerja. Maka kamu dituntut untuk melakukan banyak peran sekaligus dalam satu hari.

3. Mampu menyelesaikan pekerjaan tepat waktu

Ini adalah salah satu wujud sikap bertanggungjawab yang dimiliki. Jika kamu bisa menyelesaikan pekerjaan tepat waktu ini artinya kamu berhasil memenuhi tanggungjawabmu.

Artinya, kamu sudah cukup terlatih untuk bisa membagi waktu. Kemampuan ini tentu bakal sangat dibutuhkan ketika kamu sudah jadi seorang ibu nantinya.

4. Bijak dalam menggunakan uang

Profesi ibu juga membuatmu menjabat sebagai kementerian bidang keuangan dalam keluarga kecilmu. Nah, kamu pun juga dituntut untuk bisa bijak dalam mengatur keuanganan.

Nantinya, kamu bertindak mengatur lajunya uang masuk dan keluar di dalam keluarga, sekaligus menempatkannya di pos-pos pengeluaran. Jika kamu belum bijak dan masih lebih mengutamakan keinginan daripada kebutuhan maka kamu patut waspada.

5. Gak mudah panik dan tahu apa yang harus dilakukan

Kamu dituntut untuk bisa tetap tenang. Ada banyak tantangan yang bakal ditemui setelah kamu punya anak sendiri.

Mulai dari mengatasi bayi yang selalu menangis tanpa tahu maunya apa, anak yang mogok makan, hingga ketika anak sakit.

Panik hanya akan merunyamkan suasana. Tetap tenang adalah salah satu sikap bijak, karena dari sini kamu bisa tetap berpikir dengan jernih.

6. Bisa mengatur skala prioritas

Mengatur skala prioritas ini penting dimiliki. Coba cek dulu apakah kamu sudah bisa mengatur prioritas hidupmu selama ini?

Pasalnya, setelah menikah dan punya anak nanti, kamu dituntut untuk mengutamakan mereka daripada kepentinganmu. Sudah siapkah kamu?

7. Bisa mengatur emosi dan gak mudah naik pitam

Kedewasaan dalam bersikap harus kamu kuasai sebelum kamu memutuskan untuk menjadi seorang ibu. Kamu harus bisa mengatur emosi dan tetap tenang.

Jangan gampang tersulut dan naik pitam. Pasalnya, kamu bertugas sebagai salah satu contoh dari anak-anakmu. Segala tindak tandukmu bakal ditiru oleh mereka.

8. Siap menyerap segala ilmu yang ada di sekitarmu, termasuk ilmu parenting dan lainnya

Kamu harus punya sifat fleksibel layaknya spons. Serap segala ilmu yang ada di sekitarmu, entah itu ilmu parenting, ilmu kesehatan, dan banyak ilmu lainnya. Selalu mau belajar dan menerima masukan bisa membuatmu jadi ibu yang bijak dan penuh wawasan.

Ada berapa tanda yang sudah ada di dalam dirimu? Selamat belajar menjadi calon mama muda sekaligus ibu yang baik ya!


Konten ini adalah kerjasama antara UrbanLife.id dengan Liquid Likwid E Juice. Coba varian rasa terbaru BLAST!! Choco Mint® persembahan dari Liquid Likwid E Juice. A refreshing chocolate on a sunny day!

© 2017 Urbanlife.id