5 Situs Khusus Freelancer yang Wajib Diketahui kalau Ingin Kerja dari Rumah

Bagi banyak orang, di tengah kebutuhan yang semakin mendesak, mahalnya harga-harga dan inflasi, gaji bulanan gak lagi bisa diandalkan. Kerja sebagai freelancer bisa jadi pilihan.

Mau berharap pada kenaikan gaji pun sia-sia. Karena inflasi pasti terjadi dengan rata-rata 6 persen sampai 7 persen per tahun. Sedangkan kenaikan gaji rata-rata per tahun hanya sekitar 7 persen sampai 10 persen saja, itu pun belum tentu naik.

Berbisnis atau usaha-usaha kecilan sudah awam dilakukan. Tapi gak semua orang punya modal usaha dan bakat berbisnis. Mungkin kamu berbakat menulis, foto, membuat desain atau mengedit video, meskipun pekerjaan sehari-hari tidak berhubungan dengan hal-hal tersebut.

Nah kalau demikian, kamu bisa menjajal menjadi freelancer. Freelancer adalah seseorang yang bekerja sendiri dan tidak berkomitmen kepada bos atau perusahaan dalam jangka panjang. Umumnya freelancers ini bekerja dari luar alias tidak terikat waktu dan tempat.

Saat ini kebutuhan mencari freelancers maupun mencari pekerjaan freelance semakin meningkat. Dengan menjadi anggota di situs-situs berikut, kesempatan kamu mendapatkan pekerjaan untuk penghasilan tambahan jadi lebih besar.

1. Elance untuk freelancer

Elance adalah salah satu situs marketplace untuk tenaga kerja lepas online yang berbasis di Mountain View, California, Amerika Serikat. Elance bisa di sebut sebagai salah satu pelopor situs job listing untuk freelancers.

Di Elance, freelancer yang sudah teregristrasi dapat menemukan pekerjaan yang sesuai dengan minat dan bakatnya melalui fitur search job. Selain itu website ini juga akan memberikan saran secara otomatis tentang lowongan-lowongan yang cocok dengan kompetensi kamu sesuai dengan profil dan resume yang kamu unggah di sana.

Selain menawarkan pekerjaan kreatif dan bisnis-administratif yang sifatnya konvensional, Elance juga menawarkan kategori-kategori pekerjaan freelance yang unik seperti ilmu data, penerjemah, bidang hukum, keuangan dan teknik.

Kamu bisa melamar pekerjaan dengan mengisi formulir lamaran singkat yang sudah disediakan oleh situs tersebut. Kurang lebih sama seperti melamar kerja di kantor biasa namun lebih ringkas, yaitu dengan menjelaskan bagaimana kompetensi kamu sehingga pantas mendapatkan pekerjaan itu, bagaimana kamu akan menyelesaikan tugas yang ditawarkan dan berapa harga yang kamu tawarkan ke mereka untuk membayar jasamu. Setelah itu pihak yang membuka lowongan akan mengontakmu tentang rincian lebih lanjut apabila mereka tertarik untuk menggunakan jasamu.

Pembayaran dari klien akan disalurkan ke akunmu di Elance, semacam sistem rekening bersama. Upah itu bisa kamu tarik setiap minggunya untuk perkerjaan dengan hitungan per jam. Untuk pekerjaan dengan harga jasa yang sudah ditentukan sebelumnya, upah dapat dicairkan pada waktu yang sesuai kesepakatan bersama antara klien dengan freelancer.

Untuk kamu yang tidak tinggal di Amerika Serikat, kamu bisa menarik gajimu dari akun Elance dengan menggunakan jasa transfer ke bank lokal, Payoneer, PayPal atau Skrill.

2. oDesk

oDesk adalah salah satu situs marketplace bagi freelancers terbaik yang ada di dunia maya. Sejak berdiri pada tahun 2004 oDesk dianggap telah memberikan revolusi di dunia freelancer online.

oDesk menawarkan lowongan pekerjaan dalam cakupan bidang yang cukup luas. Untuk dapat bergabung di sana, kamu bisa melakukan registrasi secara gratis. Tidak jauh berbeda dengan Elance, pekerjaan yang ditawarkan padamu akan disesuaikan dengan daftar kemampuan yang sudah kamu sebutkan dalam profil dan resumemu. Kamu juga bisa mencari sendiri lowongan yang cocok dengan keahlianmu.

Untuk memastikan kecakapan para freelancers yang mencari pekerjaan di sana, oDesk memiliki sejumlah ujian online yang jika dikerjakan bisa menjadi bagian dalam resume kamu. Contohnya, tes Bahasa Inggris dasar yang nilainya bisa menunjang profil kamu saat dilihat oleh para calon pemberi kerja kelak. Ada juga sistem feedback yang memungkinkan klien memberi nilai pada profilmu untuk membuktikan mutu pekerjaanmu.

Sistem melamar pekerjaan di oDesk kurang lebih sama dengan Elance. Bahkan sejak 2013, kedua situs ini telah bergabung di bawah satu kepemimpinan, namun tetap berjalan sendiri-sendiri. Pembayaran pun tidak berbeda jauh, klien akan membayar gajimu melalui perantara oDesk yang memberi jaminan bahwa bayaran yang kamu terima sesuai dengan kesepakatan kerja. Gaji ini bisa kamu cairkan dengan metode transfer ke bank lokal, wire transfer, Payoneer, Skrill atau PayPal.

Estimasi pemasukan yang bisa kamu dapat dari bekerja melalui oDesk bervariasi. Tergantung pada tingkat keterampilan, pengalaman kerja dan kebutuhan para klien. Untuk bisa mendapatkan pekerjaan yang diinginkan atau patut memasang harga jasa yang tinggi kamu harus membangun reputasi yang bagus di profil kamu dengan bekerja secara rajin dan menyelesakan setiap proyek dengan baik.

3. Proz

Proz adalah situs job listing untuk freelance yang berkonsentrasi dalam bidang bahasa atau penerjemah. Jadi buat kamu-kamu yang berminat dan mahir dalam menerjemahkan bahasa ini dia tempatnya, karena ada banyak kesempatan untuk pekerjaan di bidang penerjemah di sini. Situs web yang berbasis di Syracuse, New York, Amerika Serikat ini tersedia dalam lebih dari 45 bahasa.

Setelah registrasi di Proz.com kamu dapat menjabarkan identitas profesionalmu sebagai penerjemah dalam profil dan mulai mencari atau menerima tawaran kerja yang sesuai dengan kemampuanmu lewat situs tersebut. Selain fitur untuk mencari dan menerima pekerjaan sebagai penerjemah, Proz juga memiliki layanan lain, seperti forum diskusi, kamus online dan lain-lain, meskipun sebagian besar dari layanan ini berbayar.

Untuk mengukur kemampuanmu sebagai freelancer, situs ini menggunakan sistem reputasi di mana reputasimu akan meningkat sesuai kinerjamu. Semakin bagus reputasi seorang freelancer, semakin mudah ia mendapatkan pekerjaan.

Sistem pembayaran yang ditawarkan sesuai dengan kesepakatan antara freelancer dan klien yang menggunakan jasa mereka. Biasanya untuk pembayaran antar negara, metode dengan PayPal, kartu kredit, Payoneer dan semacamnya masih menjadi idola.

Pemasukan yang bisa kamu dapatkan dari bekerja melalui Proz juga bervariasi, tergantung tingkat kesulitan, jumlah pekerjaan atau kesepakatan lain yang disesuaikan antara freelancer dengan klien.

4. Sribulancer

Kali ini kita akan membahas tentang situs asal dalam negeri, yaitu Sribulancer. Situs web yang diluncurkan pada September 2014 ini menawarkan variasi lowongan pekerjaan yang luas mulai dari desain web, desain grafis, pemrograman, penulis artikel, penerjemah dan masih banyak lagi.

Setelah mendaftar untuk tergabung dalam Sribulancer, kamu harus membuat profil yang menjelaskan tentang deskripsi jasa yang kamu tawarkan, portofolio kamu, keahlianmu, upah yang kamu patok untuk jasamu dan sebagainya. Klien dapat menghubungi kamu apabila mereka tertarik ketika melihat profilmu. Selain menunggu untuk ditemukan oleh klien, kamu juga bisa proaktif mencari sendiri pekerjaan yang kamu inginkan dengan fitur: Mencari Proyek.

Sistem pembayaran di Sribulancer menggunakan sistem transfer antar bank yang dirasa sesuai dengan pasar Indonesia, di mana pengguna kartu kredit atau produk sejenisnya belum terlalu banyak. Upah dari klien disalurkan ke akun Sribulancer yang bertindak sebagai rekening bersama dan bisa dicairkan ketika kewajiban freelancers sudah terpenuhi.

Estimasi penghasilan dari pekerjaan-pekerjaan yang bisa kamu lamar di situs ini juga bervariasi. Semakin tinggi tingkat kesulitannya maka semakin besar gaji yang bisa kamu dapat. Jangan lupa kewajibanmu juga semakin berat, tapi demi reputasi yang bagus kamu harus bekerja seprofesional mungkin.

5. Gobann

Gobann juga merupakan situs marketplace untuk freelancers asal tanah air untuk kamu-kamu yang tertarik menjadi pekerja lepas. Berbeda dengan Sribulancer pada Gobann adalah estimasi bayaran yang bisa kamu dapatkan jika berhasil mendapatkan pekerjaan melalui situs web tersebut. Bahkan, tidak ada estimasi dalam soal bayaran, karena sesuai namanya jasa-jasa yang ditawarkan dalam Gobann semuanya dipukul rata menjadi 50.000 rupiah.

Di sini kamu juga tidak hanya mencari pekerjaan tapi menawarkan jasamu kepada para calon klien di mana fitur ini disebut Kangtao. Jadi alih-alih mencari, kamulah yang menawarkan keahlianmu dengan satuan harga Rp 50.000. Tak pelak, patokan harga khusus ini membuat tidak sedikit dari para freelancers di Gobann jadi menawarkan jasa-jasa unik seperti membersihkan kamar dalam satu jam, menirukan suara binatang, menjadi penasihat asmara atau ahli spiritual dan lain sebagainya. Tetapi banyak juga bidang pekerjaan konvensional yang ditawarkan di sana mulai dari penulis, penerjemah, programmer, IT dan lain-lain.

Sistem pembayaran yang ditawarkan di Gobann bervariasi, selain transfer bank, ada juga metode pembayaran dengan T-Cash, KasPay dan PayPal.

Itu tadi lima situs marketplace yang bisa digunakan para freelancers buat mencari pemasukan. Kalau kamu tertarik, ada tekat dan kemampuan tidak ada salahnya kamu mencoba salah satu dari situs-situs di atas.

Untuk yang ingin dapat bekerja secara fleksibel dan bisa menentukan targetnya sendiri, freelance adalah cara yang bagus untuk mencari pemasukan. Apabila dilakukan dengan dedikasi, pekerja lepas dapat menjadi profesi yang menguntungkan dan menghasilkan prestasi. Buat yang mengejar karir di suatu bidang khusus, pengalaman bekerja sebagai freelancer/em> juga dapat menjadi tonggak yang bagus untuk membangun reputasi dan kompetensimu.


Konten ini adalah kerjasama antara UrbanLife.id dengan Megakarya Propertyndo.

© 2017 Urbanlife.id