4 Negara Tujuan di Eropa dengan Biaya Kuliah yang Terjangkau

Melanjutkan kuliah di Eropa tentu akan menjadi impian banyak orang, barangkali termasuk kamu juga. Hal ini akan memberi kamu kesempatan yang luas untuk mengetahui berbagai hal dan juga budaya dari belahan bumi lainnya di luar nusantara. Bertemu dengan banyak orang dan mempelajari berbagai hal yang baru dan belum pernah kamu lihat selama ini.

Bagi kamu yang berminat untuk melanjutkan kuliah ke Eropa, pastinya kamu harus memiliki pertimbangan yang matang terkait dengan hal tersebut. Ini akan menjadi sebuah keputusan yang besar di dalam hidup kamu, sehingga sangat penting untuk kamu memikirkannya dengan matang dan terencana.

Berbagai persiapan tentu akan dibutuhkan terkait dengan keberangkatan kamu kuliah ke luar negeri, di mana semua ini akan menjadi faktor penting kesuksesanmu menempuh pendidikan di sana nanti.

Jangan sampai kamu berangkat tanpa sebuah persiapan yang benar-benar matang, termasuk sejumlah pertimbangan penting sejak awal. Di antara sejumlah pertimbangan yang penting, masalah biaya kuliah adalah salah satu yang tak bisa kamu abaikan begitu saja.

Ketahui Jumlah Biaya di Eropa Sejak Awal

Apapun negara tujuan yang akan kamu pilih sebagai tempat kuliah nanti, tentunya kamu tetap harus memiliki sejumlah biaya yang memadai. Besaran biaya ini mungkin saja berbeda antara satu negara dengan yang lainnya, namun pada dasarnya jumlah ini akan selalu lebih besar atau setidaknya hampir sama dengan biaya kuliah di dalam negeri.

Biaya menjadi faktor utama yang patut kamu pertimbangkan dan persiapkan sejak awal, sebab hal ini akan secara langsung berpengaruh pada keberlangsungan kegiatan kuliah kamu selama disana.

Jangan sampai kamu mengalami kendala atau kekurangan biaya di tengah jalan, sebab ini bisa saja membuat kamu tidak bisa menyelesaikan perkuliahan dengan baik.

Cari informasi lengkap mengenai negara atau kota yang menawarkan biaya kuliah paling rendah, termasuk biaya hidup di sana, sehingga kamu dapat mempersiapkannya dengan baik sejak awal.

Berikut ini adalah empat negara tujuan kuliah yang bisa kamu jadikan sebagai pertimbangan:

1. Jerman

Kamu tentu paham dengan baik, bahwa sejak dulu Jerman telah dijadikan sebagai tempat tujuan kuliah yang populer oleh semua mahasiswa dari seluruh dunia.

Bukan hanya Indonesia saja, namun berbagai wilayah lainnya di dunia juga mengakui hal tersebut. Jika dibandingkan dengan kota lainnya yang berada di wilayah yang sama, Berlin termasuk ke dalam urutan pertama kota pelajar yang ramah pada pendatang.

Kota ini memiliki sejumlah perguruan tinggi terbaik di dunia dengan reputasi yang sangat baik terhadap sikap toleran, multikultural dan juga kreatifitas yang sangat tinggi.

Berlin memiliki nilai yang unik dan berbeda dengan kota lainnya, di mana kota ini memang memiliki tingkat keramahan yang sangat baik kepada para pendatang, sehingga kamu akan nyaman dan tidak merasa terasing ketika kuliah di sana.

Beberapa universitas terbaik di Berlin menjadi pilihan banyak mahasiswa dari seluruh dunia untuk menjadi tempat kuliah mereka, di antaranya: Universitas Humboldt yang populer karena kiprah sejumlah lulusannya dan termasuk ke dalam jajaran universitas tertua di Jerman, Universitas Teknik Berlin yang menjadi universitas teknik terbaik di Jerman.

Untuk biaya kuliah, Berlin menawarkan kuliah gratis bagi seluruh mahasiswa lokal maupun pendatang. Sebagian universitas hanya menerapkan sejumlah biaya yang sangat ringan, berupa: uang sosial, biaya administasi dan semester, tiket yang semuanya berjumlah sekitar 50 sampai 200 euro saja (sekitar Rp 2-4 jutaan). Ini tentu jumlah yang sangat kecil, bukan?

2. Austria

Vienna menjadi tempat lainnya yang bisa kamu jadikan sebagai pertimbangan untuk melanjutkan kuliah kamu di luar negeri. Salah satu universitas terbaik di negeri ini adalah The Vienna University yang terletak di Wina dan didirikan pada tahun 1815 sebagai Imperial Royal Polytechnic Institute.

Universitas ini menawarkan fasilitas terbaik dengan 8 fakultas yang tersedia, antara lain: Fakultas Perencanaan dan Arsitektur, Fakultas Teknik Sipil, Fakultas Teknik Industri dan Mekanik, Fakultas Teknik Elektro dan Teknologi Indormasi, Fakultas Matematika dan Geoinformasi, Fakultas Fisika, Fakultas Teknik Kimia, dan Fakultas Sistem Informasi.

Hampir sama dengan Berlin, Vienna juga memberikan tuition fee gratis bagi semua mahasiswa yang berasal dari Eropa.

Sedangkan untuk mahasiswa yang berasal dari luar Eropa, hanya akan dikenakan tuition fee yang murah dan terjangkau.

Hal ini bisa dilihat pada dua universitasnya yang memiliki peringkat internasional, di mana biaya rata-rata yang dikenakan untuk tuition fee bagi mahasiswa yang berasal dari luar Eropa hanya sebesar 500 dollar AS per tahun. Hal ini tentu bisa menjadi pertimbangan bagi kamu, mengingat Vienna juga menawarkan biaya hidup yang cukup bersahabat.

3. Spanyol

Negara yang satu ini juga layak dijadikan sebagai pertimbangan untuk tempat melanjutkan kuliah kamu. Biaya pendidikan di negara ini sangat terjangkau, kamu hanya perlu mengeluarkan biaya sebesar Rp 15 jutaan saja untuk kuliah per tahunnya.

Sedangkan biaya hidup di Spanyol juga cukup bersahabat, yakni sekitar Rp 7 jutaan per bulannya. Jika ditotal, kamu hanya akan menghabiskan tidak lebih dari Rp 84 juta per tahunnya untuk biaya hidup disana.

Bagaimana? Negeri Matador ini sudah pasti menjadi salah satu negara yang cukup menarik untuk dijadikan sebagai tempat tujuan kamu melanjutkan kuliah, bukan?

4. Perancis

Meski memiliki nama yang tersohor karena pesona wisatanya, namun Perancis tidak selalu identik dengan biaya hidup yang selangit.

Jika berniat untuk melanjutkan kuliah di negeri ini, maka kamu akan membutuhkan biaya hidup sekitar 300 sampai 500 euro (Rp 5-8 jutaan) per bulannya.

Bukan hanya itu saja, kamu juga dapat menikmati biaya kuliah yang super murah, yakni hanya sekitar Rp 5 jutaan per tahunnya. Ini tentu menjadi sebuah godaan yang besar, untuk kamu yang berniat melanjutkan kuliah di luar negeri nanti.


Konten ini adalah kerjasama antara UrbanLife.id dengan Megakarya Propertyndo.

© 2017 Urbanlife.id