8 Tips Maksimalkan Omzet Bisnis di Musim Lebaran

Libur Lebaran telah tiba. Bagi para pebisnis, omzet bisa menurun atau sebaliknya meningkat pesat di kala libur Lebaran. Oleh karena itu butuh taktik khusus untuk menjaga omzet tetap stabil, bahkan meningkatkannya.

Terdapat produk-produk tertentu yang biasanya laris manis bak kacang goreng saat libur Lebaran meski tanpa promosi yang kencang.

Sementara untuk produk-produk lainnya, pelaku bisnis harus putar otak agar tetap kecipratan rezeki di masa ini.

Masa libur Lebaran membuka peluang penjualan yang lebar karena konsumen punya pemasukan ekstra dari Tunjangan Hari Raya (THR). Selain membeli keperluan lebaran, konsumen juga melirik berbagai keperluan lainnya.

Secara umum, berikut ini 8 cara yang dapat dilakukan menjelang lebaran atau pasca lebaran untuk mendongkrak omzet bisnis.

Hadiah atau bonus di kala libur Lebaran

Siapkan hadiah atau bonus menarik untuk setiap pembelian di waktu libur Lebaran. Meski hadiahnya kecil, akan membuat pembeli lebih terkesan dan merasa istimewa. Bisa juga berikan hadiah untuk pembelian dengan nominal tertentu saja.

Dengan cara kedua, konsumen akan tergerak mengeluarkan uang lebih banyak untuk belanja. Otomatis omzet pun akan meningkat. Pilihlah jenis hadiah yang membuat konsumen rela melakukan sesuatu untuk mendapatkannya.

Diskon

Potongan harga selalu efektif untuk membuat para pembeli langsung tertarik dan rela merogoh koceknya untuk membeli sebuah produk.

Berikan diskon besar namun masih masuk akal, artinya pebisnis masih mendapatkan untung lumayan meski ada potongan harga. Tak mau kan jika ujung-ujungnya buntung bukan untung?

Berikan diskon untuk periode waktu yang terbatas agar membuat calon pembeli tak pikir panjang untuk berbelanja. Dengan jangka waktu terbatas, calon pembeli akan khawatir kelewatan kesempatan untuk mendapatkan diskon tersebut.

Produk telah siap

Untuk menghadapi permintaan yang melonjak tinggi di musim Lebaran, bersiaplah dengan stok produk yang melimpah. Terutama jika memproduksi sendiri, usahakan mengebut stok jauh-jauh hari sebelum Lebaran agar tidak keteteran.

Bayangkan saja jika stok terbatas, permintaan tinggi, kamu akan sangat menyesal karena harus menolak konsumen.

Hal ini juga akan mempengaruhi image bisnis di mata mereka. Konsumen tentu akan kecewa apabila stok di toko online atau offline kosong saat dibutuhkan.

Maksimalkan media sosial

Apabila selama ini belum serius dalam memanfaatkan media sosial untuk menggenjot bisnis, cobalah untuk lebih serius.

Konsumen saat ini menghabiskan banyak waktu untuk melirik media sosial, termasuk untuk mencari produk yang mereka butuhkan.

Maksimalkan penjualan dengan menggunakan hashtags yang tepat, foto berkualitas dan konten yang menarik. Berawal dari mata yang tertarik melirik foto produk, bisa turun ke hati konsumen.

Produk spesial Lebaran dengan stok terbatas

Buatlah produk spesial Lebaran yang limited edition. Misalnya, dari segi kemasan yang didesain bertema Lebaran.

Hal ini tentu menarik karena sangat sesuai dengan momen Lebaran. Produk permen misalnya, apabila memiliki kemasan bertema Lebaran, konsumen akan terpikir untuk membelinya sebagai sajian Lebaran.

Jika biasanya kue-kue kering yang menjadi pajangan utama, tak ada salahnya bukan menambahnya dengan permen? Anggota keluarga dan tamu yang datang ke rumah tentu bukan hanya orang dewasa, tetapi ada pula anak-anak yang menyukai permen.

Terlibat dalam kegiatan mudik

Perusahaan-perusahaan besar kerap melibatkan diri dalam aktivitas mudik Lebaran melalui berbagai cara, mulai dari membuat posko mudik hingga membuat program mudik gratis.

Untuk meningkatkan omzet bisnismu pasca Lebaran, cobalah turut terlibat aktivitas mudik misalnya dengan cara membagi-bagikan sampel produk gratis di jalur mudik atau di tempat-tempat strategis seperti stasiun dan pelabuhan.

Dengan begitu, para pemudik akan mencoba produkmu dan merasakan keistimewaannya. Setelah Lebaran, jika merasa cocok, para pemudik bisa menjadi pelanggan setiamu. Jangan lupa sertakan informasi lengkap pada kemasan sampel misalnya alamat toko dan nomor kontak yang mudah dihubungi.

Genjot penjualan langsung melalui event atau bazar

Menjelang Lebaran, seringkali terdapat event atau bazar yang dapat dimanfaatkan para pebisnis untuk mendongkrak penjualan.

Cobalah ikut serta untuk menambah omzet dalam waktu yang terbilang singkat yaitu hanya beberapa hari.

Promo spesial

Hadirkan promo spesial di musim Lebaran. Bentuknya bisa bermacam-macam, contohnya “buy 1 get 1 free” atau “buy 2 get 1 free”.

Selain diskon dan hadiah, promo spesial semacam ini juga terbilang mudah mempengaruhi konsumen untuk membeli dibandingkan jika memasang harga normal.


Konten ini adalah kerjasama antara UrbanLife.id dengan Hutama Persada Jaya Mandiri.

© 2017 Urbanlife.id