Satudarah MC: Geng Motor Ciptaan Orang Indonesia yang Ditakuti Banyak Negara di Eropa dan Amerika Serikat

Deru motor menggeram membelah jalanan di Amsterdam. Rombongan geng motor besar melintas dikendarai para pengendara gahar berbadan tegap.

Dari belakang, terdapat emblem berwarna kuning menempel di jaket kulit hitam. Semua mengenakan tulisan sama, Satudarah Maluku.

Satudarah MC adalah nama klub motor yang berasal dari Belanda. Meski berada di Belanda, nama tersebut terdengar ramah di telinga Indonesia.

Klub tersebut didirikan oleh warga keturunan Maluku yang lama menetap di negeri Eropa itu. Tujuh orang Maluku mendirikannya pada 1990: Satudarah Motor Club.

Eksistensinya sebagai geng motor ternama begitu mendunia. Awalnya, anggota klub ini hanya mewadahi keturunan Maluku.

Setelah membuka keanggotaan dari seluruh latar belakang, klub ini semakin besar. Seperti dikutip situs resmi Satudarah, geng motor ini telah melebarkan sayapnya hingga ke Kanada, Malaysia, Singapura, Thailand, Curacao, Maroko, Suriname, Swiss, Turki dan juga negeri asalnya Indonesia.

Di negeri sendiri, Satudarah resmi didirikan pada Agustus 2012, berkembang ke sejumlah kota besar, seperti: Jakarta, Bali, dan Maluku.

Momok Eropa

Meski di Eropa ada banyak gang motor dengan pamor mentereng, tapi boleh dibilang Satudarah lah yang disegani di sana.

Hal tersebut tak lain karena senioritas serta aksi-aksi brutal tanpa ampun yang jadi kebiasaan geng motor ini.

Seperti namanya, geng motor ini diawali oleh orang-orang Ambon asal Belanda serta dua orang negeri tulip pada tahun 90an. Perkembangannya cukup cepat sampai akhirnya menjadi besar dan ditakuti seperti hari ini.

Bahkan, Satudarah di Belanda dikenal sebagai organisasi kriminal. Di samping deru motor mereka, aksi kriminal menjadi suara sumbang yang juga terdengar di telinga orang-orang Eropa. Satudarah MC lebih dikenal dengan klub motor berekam jejak kriminal.

Satudarah dianggap sebagai “one-percent club”. Sebutan ini tersemat setelah beberapa oknum anggota Satudarah banyak melakukan pelanggaran dan tindakan kriminal.

Sebutan “one-percent” berasal dari American Motorcyclist Association yang menyebut bahwa 99 persen pengendara motor adalah warga negara yang baik dan hanya satu persen yang kriminal.

Ketika disebut sebagai “one-percent”, presiden Satudarah menolak keras. “Kami bukan para kriminal dan tentu saja bukan organisasi kriminal sebagaimana organisasi ini didirikan,” ujarnya.

Nah, masih soal geng motor Satudarah, berikut beberapa fakta tentangnya.

Awal pendirian Satudarah MC

Diambilnya nama Satudarah sebagai nama kelompok karena pendirinya mayoritas memiliki darah keturunan yang sama dari Indonesia (Ambon dan Suriname) dan juga mempunyai ketertarikan dalam dunia motor.

Selain itu, nama Satudarah sendiri juga diambil dari istilah orang Maluku, yaitu “Katong satu dara” atau “Katong basudara” atau dalam artian Bahasa Indonesia adalah “Kita satu darah” atau “Kita bersaudara.”

Sedangkan logonya, yaitu dua kepala orang Indian yang berbeda warna dan menghadap berlawan arah memiliki artian keseragaman antar-sesama anggota namun tetap dalam satu kesatuan. Moto dari kelompok ini adalah “Black and Yellow Nation Worldwide.”

Karena didirikan di Belanda, tentu saja basis terbesar dari geng motor satu ini ada di Negara Kincir Angin tersebut.

Di awal pendirian, Satudarah MC hanya memiliki sedikit anggota. Namun lama kelamaan, karena popularitasnya terus meningkat, maka jumlah anggota dari geng motor satu ini juga ikut naik.

Cabang Satudarah MC di seluruh dunia

Sampai sekarang ini, cabang dari gengmotor Satudarah MC ini sudah tersebar di berbagai negara di dunia, seperti di Australia (Brisbane, Adelaide, Sydney, Northern NSW), Belgia (District 9, Brabant, Limburg, Liege, Hainaut, Ardennes, Lakeside), Kanada (Toronto), Curacao, Jerman, Denmark, Prancis (Reunion, Riviera), Indonesia (Bali, Bogor, Depok, Maluku, Padang, Aceh, Jakarta), Malaysia (Kuala Lumpur, Victoria Isle), Maroko (Casa Blanca, Agadir), Belanda (Gouda, Hengelo, Apeldoorn, Tilburg, Beverwijk, Bergen op Zoom, Zwolle, Deventer, Amersfoort, Denbosch, Dordrecht, Groningen, Nijmegen, Utrecht, Amsterdam, Eindhoven, Rotterdam 28, Geleen, Zevenaar, Zaandam, Maghreb, Den Haag), Norwegia, Singapura, Spanyol (Sevilla), Suriname (Paramibo), Swedia (Malmo), Swiss (Azidi), Thailand dan Turki (Istanbul).

Sampai sekarang, sudah ada ribuan anggota dari Satudarah MC. Hanya saja khusus di Jerman, geng motor satu ini resmi dilarang berkembang karena dikhawatirkan berbahaya dan meresahkan masyarakat umum.

Bahkan, beberapa penggerebekan secara serentak pernah dilakukan Pemerintah Jerman untuk membatasi sekaligus memangkas perkembangan Satudarah MC.

Geng motor yang cukup disegani oleh Hell’s Angels

Tentu saja, karena setiap kelompok memiliki daerah kekuasan dan akan terus mengembangkan wilayah ‘jajahannya,’ maka salah satu rival terkuat dari Satudarah MC adalah gengmotor yang juga tak kalah terkenal di dunia, yaitu Hell’s Angels.

Di Belanda sendiri, Hell’s Angels sudah memiliki 17 wilayah yang mana beberapa di antaranya berdampingan dengan wilayah yang dikuasai Satudarah MC.

Dikarenakan saling berebut popularitas, wilayah dan berlomba merebut anggota sebanyak-banyaknya, tidak jarang anggota Hell’s Angels dan Satudarah MC terlibat keributan.

Meski demikian, Satudarah tetap berpedoman pada nilai-nilai budaya Maluku. Dalam hati setiap anggota, Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) merupakan harga mati.

Seperti dikutip dari artikel “Satudarah, klub Harley ternama di Eropa yang didirikan putra Maluku” yang dimuat oleh merdeka.com secara online, Sekretaris Satudarah MC Mother Chapter Jakarta, Indonesia, Ralph Manuputty menuturkan, pembentukan klub berlambang wajah lelaki berkulit hitam dan putih saling bertolak belakang itu sebagai bentuk diskriminasi yang kerap didapatkan orang Maluku. Di Belanda, orang Maluku kerap dinomorduakan dalam segala hal.

“Siapa pun bikers bisa bergabung dalam konteks satu darah. Kita punya komitmen yang sama, kita punya hati yang sama untuk berkembang bersama jadi satu darah,” ujar Ralph Manuputty saat berbincang dengan merdeka.com beberapa waktu lalu.

Pada Agustus 2012, setelah 22 tahun membangun nama di Eropa, Satudarah MC akhirnya didirikan di negara asal tujuh pendirinya, Indonesia. Tak tanggung-tanggung, peresmian Satudarah MC di Jakarta dilakukan oleh salah satu sembilan pendirinya di Belanda.

“Satudarah milik Indonesia. Kita semua basisnya dari Indonesia, selayak dan sebaiknya satu darah pulang ke Indonesia dan menjadi milik Indonesia,” ujar pria yang kerap disapa Bung Ralph ini.

Di Indonesia, anggota Satudarah MC tersebar di sejumlah kota besar, mulai dari Jakarta, Bali, hingga Maluku, di mana 30 persennya berasal dari suku berbeda seperti Aceh, Padang, Jawa, Chinese hingga Suku Batak.


Konten ini adalah kerjasama antara UrbanLife.id dengan Liquid Likwid E Juice.

© 2017 Urbanlife.id