8 Pekerjaan Yang Akan Digantikan Kecerdasan Buatan

Kecerdasan buatan telah tumbuh pesat dan mengubah dunia selama sepuluh tahun terakhir. Mulai dari menerjemahkan bahasa hingga mencatat kegiatan kita, adalah salah satu bukti kesuksesan kecerdasan buatan.

Dalam sepuluh tahun yang akan datang, kecerdasan buatan diyakini akan lebih maju lagi dan memberikan lebih banyak pengaruh di kehidupan kita. Bukan tidak mungkin kecerdasan buatan akan menggantikan manusia untuk beberapa bidang pekerjaan.

Dirangkum dari berbagai sumber, inilah 8 pekerjaan yang akan digantikan kecerdasan buatan dalam masa yang akan datang.

1. Koki

Memasak merupakan pekerjaan yang cocok untuk kecerdasan buatan, karena pada dasarnya hanya dibutuhkan pengetahuan mengenai bagaimana daftar bahan baku, berapa takarannya, dan bagaimana cara memasaknya.

2. Konsultan Hukum

Kecerdasan buatan yang mampu memahami hukum buatan manusia? Mengapa tidak? Bahkan berbeda dengan manusia, kecerdasan buatan tidak akan mengalami kelelahan, teralihkan perhatiannya, dan tidak akan terpengaruh emosi.

3. Sekretaris Pribadi

Kecerdasan buatan seperti Siri dan Assistant besutan Google sudah mulai memperlihatkan seperti apa kira-kira sekretaris pribadi digital di masa yang akan datang. Saat ini juga tengah dikembangkan kecerdasan buatan yang mampu memahami tulisan dan percakapan untuk membuat jadwal penggunanya.

4. Pelatih Olahraga

Diyakini tidak lama lagi kecerdasan buatan akan mampu membuat strategi untuk olahraga, yang paling rumit sekalipun. Kecerdasan buatan akan mampu mengolah dan memahami, prinsip dasar sebuah permainan olahraga, dan menerapkan algoritmanya untuk meraih kemenangan pada tim yang dipimpinnya.

5. Petugas Imigrasi

Berkembangnya teknologi biometric yang dikombinasikan kecerdasan buatan diyakini akan meniadakan fungsi petugas imigrasi yang biasanya hadir di setiap gerbang perbatasan negara.

6. Penerjemah

Kecerdasan buatan yang dapat menterjemahkan beragam bahasa telah dibuat oleh beragam perusahaan teknologi Global seperti Google, tidak menutup kemungkinan di masa yang akan datang akan ada kecerdasan buatan yang dapat menerjemahkan bahasa secara realtime dan memungkinkan semua orang saling memahami bahasa satu sama lain.

7. Petugas Layanan Keuangan

Petugas bank sudah mulai digantikan oleh mesin setor tunai, konsultan keuangan mulai digantikan kecerdasan buatan yang sanggup memberi rekomendasi finansial.

8. Direktur Perusahaan

Founder Alibaba, Jack Ma percaya dalam sepuluh tahun yang akan datang, Direktur terbaik di dunia mungkin adalah sebuah robot.

© 2017 Urbanlife.id