Sebelum Data Komputer Hilang Lakukan 5 Tips Ini Untuk Mencegah Ransomware WannaCry

Meskipun serangan ransomware WannaCry telah berhasil dihentikan, namun bisa dipastikan bahwa pelaku serangan akan memperbaiki kode malware bikinan mereka dan kembali melakukan serangan.

Serangan ransomware skala global ini berhasil menginfeksi lebih dari 75.000 komputer di 99 negara, salah satunya di Indonesia.

Jika komputer kamu terkena serangan, ransomware akan mengunci data pada komputermu dan memintamu untuk membayar tebusan agar dapat kembali mengaksesnya.

Nah, berikut adalah 5 tips untuk mencegah ransomware WannaCry menyerang komputermu

1. Update Sesegera Mungkin

Pakar keamanan komputer menyarankanmu untuk segera memasang update dari Microsoft — MS17-010 — untuk menutup celah keamanan yang dimanfaatkan ransomware WannaCry untuk menyerang komputer targetnya.

2. Waspada!

Seperti malware lainnya WannaCry juga dapat menginveksi komputer targetnya melalui serangan phising. Umumnya serangan ini dilakukan melalui email yang berisikan link atau lampiran. Begitu korban mengklik, malware sudah siap menyerbu komputermu.

3. Backup Data Komputermu

Untuk mencegah data-data kamu hilang dan tak kembali akibat serangan ransomware WannaCry, ada baiknya secara rutin membuat backup data-data penting yang ada di komputermu.

4. Jangan Bayar Tebusan

Tidak ada jaminan korban akan mendapatkan data mereka kembali meskipun sudah membayar tebusan yang diminta. Tidak ada jaminan juga bahwa penyerang tidak akan melakukan serangan kembali atau meminta tebusan yang lebih mahal.

5. Pasang Antivirus

Antivirus yang ada saat ini kebanyakan sudah mampu untuk memindai dan menghapus malware yang ditemukan di komputermu.

Segera lakukan hal-hal diatas untuk mencegah ransomware WannaCry menyerang komputermu dan menyandera data-data di dalamnya.

© 2017 Urbanlife.id