Startup Ini Berhasil Membuat Susu Sapi Tanpa Sapi

Gak semua orang bisa menkonsumsi susu sapi lantaran alergi. Kabar baiknya, kini sudah tersedia susu rekayasa yang sama lezatnya dengan susu sapi.

Lewat perusahaan rintisan mereka, Ryan Pandya dan Perumal Gandh meluncurkan minuman rekayasa bernama Perfect Day yang memiliki rasa sama persis dengan susu sapi, bahkan memiliki nutrisi yang lebih tinggi serta risiko kesehatan yang lebih rendah.

Tidak hanya itu, Perfect Day juga mengklaim produk mereka lebih eco-friendly, menggunakan lebih sedikit lahan, energi, dan emisi gas buang, juga hampir tidak menggunakan air.

Ryan Pandya, co-founder Perfect Day menjelaskan kepada Munchies bagaimana caranya mereka membuat susu tanpa melibatkan sapi.

“Caranya sama dengan proses pembuatan protein yang digunakan untuk beragam produk lainnya saat ini. Protein yang dibuat untuk obat dan vitamin dan deterjen — bahkan protein untuk menghilangkan noda — dibuat dengan cara yang sama. Bahkan rennet yang dibutuhkan untuk keju vegetarian dibuat dengan cara ini. Yang mengejutkan kami adalah gak ada yang memakai teknologi matang ini untuk membuat protein susu dan membuat produk susu yang lebih ramah, dan hijau. Jadi kami putuskan untuk melakukannya.”

Pandya ingin melihat apakah mereka bisa menerapkan teknologi tersebut dan menggunakannya untuk membuat makanan yang lebih baik dan aman.

Pandya dan Gandh membuat susu Perfect Day dengan menggunakan ragi dan teknologi cetak tiga dimensi. Mereka menyuntikkan DNA sapi yang telah direka ulang dengan printer tiga dimensi di laboratorium pada ragi, agar dapat menghasilkan protein susu.

Selanjutnya protein tersebut ditambah dengan lemak nabati, vitamin, dan mineral lainnya. Hasilnya adalah produk yang persis sama dari segi rasa dan tekstur dengan susu sapi, namun tidak mengandung laktosa.

“Tubuh Anda tidak akan bisa membedakannya (dengan susu sapi) karena sama dalam segala hal,” ujar Pandya.

© 2017 Urbanlife.id