8 Hal Yang Musti Kamu Ketahui Soal Windows 10S

Microsoft baru saja meluncurkan Windows 10S, sistem operasi ringan terbaru yang dibuat oleh perusahaan ini untuk bersaing dengan sistem operasi Chrome besutan Google.

Windows 10S jauh lebih ringan dibandingkan sistem operasi Microsoft lainnya, pengguna juga tidak memerlukan perangkat keras yang mahal untuk menjalankannya.

Penasaran? Ini dia 8 hal yang perlu kamu ketahui soal Windows 10S

1. Sistem Operasi Microsoft Paling Ringan

Jika dibandingkan dengan Windows 10 Home atau Pro, Windows 10S merupakan sistem operasi Microsoft paling ringan. Untuk menjalankan sistem operasi ini pengguna tidak membutuhkan prosesor mahal ataupun kelewat bertenga.

2. Lebih ‘Cepat’ Dibandingkan Windows 10 Pro

Windows 10S meminimalisir aplikasi yang berjalan di balik layar, karenanya sistem operasi ini mampu menampilkan profil pengguna (termasuk aplikasi dan preferensi) 15 detik lebih cepat dari laptop yang menggunakan sistem operasi Windows 10 Pro.

3. Cocok Untuk Kerja dan Belajar, Kurang Sesuai Untuk Power User

Kalau kamu menggunakan laptop untuk mengerjakan tugas kantor ataupun sekolah, Windows 10S bisa jadi pilihan yang tepat. Namun kalau kamu menggunakan sistem operasi untuk mengolah gambar, ataupun bermain game Windows 10S sepertinya bukan untuk kamu.

4. Lebih Baik Dibandingkan Sistem Operasi ‘Ringan’ Microsoft Lainnya

Microsoft memang sudah pernah merilis sistem operasi ‘ringan’ sebelumnya, yaitu: Windows RT dan Windows 8.1. Namun sistem operasi ini jauh lebih baik apabila dibandingkan dengan dua kakaknya.

Windows RT merupakan sistem operasi yang sangat terbatas, salah satunya dikarenakan kamu hanya dapat menggunakan aplikasi yang ada di Windows Store. Walaupun fiturnya lebih lengkap namun, Windows 8.1 dengan Bing tidak jauh berbeda dengan RT. Kamu tetap hanya dapat menggunakan aplikasi yang ada di Windows Store, dan karena sistem operasi ini disubsidi oleh Bing kamu akan sering melihat iklan dan ‘diwajibkan’ untuk menggunakan Bing.

5. Hanya Dapat Menggunakan Aplikasi Dari Windows Store

Seperti kedua kakaknya, Windows 10S hanya dapat menggunakan aplikasi yang tersedia di Windows Store, namun setidaknya Windows Store yang sekarang sudah jauh berkembang jika dibandingkan pada saat awal peluncurannya di tahun 2014. Microsoft mengatakan langkah ini diambil demi keamanan pengguna.

6. Akan Hadir di Laptop-laptop Murah

Meskipun digunakan di Surface Laptop yang terbilang mahal, namun Windows 10S juga dipastikan akan hadir di lini laptop murah besutan Dell, HP, atau Acer. Dengan harga mulai dari 2,5 juta Rupiah.

7. Gratis

Sistem operasi ini akan diinstal di laptop-laptop tertentu. Khusus untuk pelajar, akan dapat memutakhirkan Windows 10 S menjadi Windows 10 Pro secara cuma-cuma. Namun, pengguna umum juga akan dapat memutakhirkan hanya dengan biaya 49 dolar Amerika Serikat.

8. Akan Tersedia di Musim Panas 2017

© 2017 Urbanlife.id