Ini Dampak Minum Kopi Lebih Dari 4 Gelas Dalam Sehari

Riset ilmiah membuktikan bahwa minum empat gelas kopi dalam sehari, atau sekitar 400 miligram kafein, masih aman. Hanya saja jangan minum lebih banyak dari itu.

Dalam riset yang dipublikasikan di Science Direct, Esther Myers dan timnya meneliti bagaimana asupan kafein mempengaruhi orang yang mengkonsumsinya dalam jangka panjang dan pendek. Khususnya efeknya terhadap sistem peredaran darah, muskuloskeletal, reproduksi dan perilaku.

Setelah lebih dari 700 penelitian, tim ini menemukan bukti bahwa 400 miligram kafein, atau sekitar empat gelas kopi, aman untuk diminum orang dewasa setiap harinya. Namun mereka tidak menemukan bukti bahwa kopi menjadikan peminumnya lebih sehat, tapi juga tidak memberikan dampak negatif.

Khusus untuk wanita hamil disarankan untuk meminum maksimal tiga gelas kopi dalam sehari, atau sekitar kurang dari 300 miligram kafein.

Apa dampak minum kopi lebih dari empat gelas dalam satu hari?

dampak minum kopi

Tim Myers menemukan bukti bahwa hal tersebut berkaitan dengan depresi, rasa tidak puas, kecemasan, hipertensi, dan bahkan dapat menyebabkan pria memproduksi lebih banyak sperma dengan DNA yang rusak.

Meminum lima gelas kopi atau lebih dalam sehari tidak sepenuhnya buruk bagi tubuh yang sehat, ujar Myers, namun lebih baik tidak menjadikannya sebuah kebiasaan.

© 2017 Urbanlife.id