4 Cara Aman Beli Apartemen untuk Kaum Muda

Apartemen bisa jadi pilihan properti terbaik bagi kamu yang ingin mendapatkan akses mudah ke kampus atau kantor tempatmu bekerja. Tapi, kenali terlebih dahulu cara aman dalam pembeliannya.

Selain itu, apartemen juga punya banyak kelebihan antara lain cara merawat apartemen terbilang lebih sederhana dibandingkan jenis properti lainnya.

Itu sebabnya apartemen sangat cocok untuk kamu yang punya kesibukan tingkat tinggi tetapi tetap ingin menciptakan lebih banyak quality time bersama istri dan anak-anak.

Sayangnya, membeli apartemen juga terbilang gak mudah. Kalau kamu tidak teliti sebelum membeli, bisa-bisa kamu harus berurusan dengan pengembang yang bermasalah.

Bahkan, kamu bisa merasa gak betah tinggal di apartemen yang sudah kamu beli karena keamanannya kurang.

Oleh karena itu, Urbaners harus memperhatikan beberapa hal penting demi keamanan dan kenyamanan. Berikut ini beberapa cara aman beli apartemen untuk kaum muda.

Cara aman 1: Perhatikan latar belakang developer

Sebelum membeli apartemen, lihat dulu siapa pengembangnya. Pelajari latar belakang developer tersebut agar kamu tidak salah pilih.

Jangan sampai kamu berhubungan dengan developer yang bermasalah. Kamu bisa mendapatkan informasi dari Asosiasi Penghuni Rumah Susun Seluruh Indonesia (APERSI).

Cara aman 2: Ketahui status lahan

Cari tahu bagaimana status lahan tempat apartemen berdiri. Pastikan bahwa lahan tersebut merupakan hak milik pengembang. Jika kamu menemukan status Build, Operate, Transfer (BOT), Urbaners harus waspada.

Apa itu BOT? Ini merupakan pemanfaatan aset milik negara atau daerah dalam jangka waktu tertentu. Ketika masa penggunaan habis, maka tanah dan bangunan harus diserahkan kembali ke pemerintah.

Cara aman 3: Perhatikan legalitas lainnya

Selain status lahan, perhatikan pula legalitas lainnya. Pastikan bahwa proses pembangunan apartemen telah memenuhi berbagai perizinan seperti Izin Mendirikan Bangunan (IMB).

Periksa juga keberadaan Izin Prinsip, Hak Guna Bangunan (HGB), dan Surat Izin Penggunaan Peruntukan Tanah (SIPPT).

Saat Urbaners beli apartemen, mintalah salinan kepada yang bersangkutan. Jangan lupa memastikan sertifikat yang akan kamu terima yaitu Sertifikat Hak Satuan Rumah Susun (SHSRS).

Cara aman 4: Perhatikan keamanan apartemen

Perhatikan keamanan apartemen mulai dari penjagaan di gerbang, di dalam dan bagaimana kondisi daerah sekitar apartemen.

Selain itu pastikan juga keberadaan fasilitas untuk meminimalisir risiko bencana seperti kebakaran atau gempa bumi.


Konten ini adalah kerjasama antara UrbanLife.id dengan Megakarya Propertyndo.

© 2017 Urbanlife.id