8 Tips Ciptakan Ketenangan di Kamar Tidur

Biasanya, kamar tidur digunakan sebagai representasi pemiliknya. Jika si pemilik gemar sepak bola, maka ia akan menghias kamarnya dengan poster-poster pemain bola idolanya.

Mereka yang suka ketenangan, maka akan mengecat dinding kamarnya dengan warna hijau dengan tambahan properti berwarna kalem lainnya.

Nah, jika si pemilik yang suka banget memandang benda langit? Kamarnya akan dihias begitu rupa agar mirip planetarium!

Tapi intinya, kamar tidur tentu saja harus lebih tenang dibanding ruangan lain di rumah kamu. Ruang ini adalah tempat kita dapat berbaring, bersantai dan melupakan kekhawatiran dan tekanan hari.

Tapi seringkali, kesalahan desain sederhana dapat merusak kenyamanan dan kedamaian yang dengan cepat berubah menjadi kecemasan.

Berikut ada cara menghilangkan potensi kecemasan sekaligus menciptakan kamar tidur benar-benar tenang.

1. Cahaya kamar tidur

Pencahayaan di kamar tidur sangat penting karena bukan hanya mengatur ritme keseluruhan ruang, tetapi langsung dapat mempengaruhi suasana hati.

Setiap pencahayaan yang terlalu terang atau kurang tepat bisa menimbulkan perasaan kekacauan atau kegelisahan sehingga mungkin berpotensi munculnya sakit kepala ringan.

Menempatkan pencahayaan lembut dan menenangkan di kamar tidur akan menjamin area yang jauh lebih tenang. Dengan begitu, akan mengurangi kerja mata sehingga mudah tertidur.

2. Warna yang menenangkan

Penting untuk memilih warna kamar tidur yang membawa sukacita dan membuat kita merasa damai. Warna pastel khususnya dikenal membawa efek menenangkan, tetapi selama Urbaners memilih warna yang membuat lebih bahagia dan lebih santai, berarti kamu tidak salah.

3. Kasur

Ketika akhirnya merebahkan badan ke tempat tidur setelah seharian beraktivitas, hal terakhir yang diinginkan adalah untuk merasa kaku atau tidak nyaman.

Inilah sebabnya mengapa sangat penting untuk memiliki tempat tidur yang tidak hanya nyaman, tapi juga dapat membuat kita tertidur lelap.

Seringkali terbangun saat tidur di malam hari karena ketidaknyamanan dapat memengaruhi kinerja pada hari berikutnya.

Hal ini dapat menyebabkan kecemasan dan mudah tersinggung. Untuk menghindarinya, pastikan tempat tidur terdiri dari kasur yang nyaman, serta bantal dan selimut yang lembut.

4. Meja dekat tempat tidur

Kabel pengisi daya telepon seluler berada di seberang ruangan atau harus menempatkan gelas air di lantai, tidak hanya mengganggu waktu beristirahat, tetapi juga menimbulkan stres.

Solusinya, pastikan kamu memiliki meja yang dapat diakses saat akan bersiap-siap untuk tidur atau ketika tidur. Sebuah meja dapat menjadi tempat untuk pengisian barang elektronik dan buku setelah kita selesai membaca sebelum tidur.

5. Karpet

Karpet diperlukan tidak hanya untuk menambah nilai estetis, tetapi juga untuk meningkatkan kenyamanan ketika disentuh.

Kecemasan dapat datang diam-diam ketika kaki melakukan kontak fisik dengan permukaan yang tidak menyenangkan.

Memiliki bahwa karpet yang nyaman adalah suatu keharusan untuk kenyamanan dan ketenangan.

6. Suara menenangkan

Kadang-kadang, ruangan yang terlalu sunyi bisa memekakkan telinga. Berbaring di kamar tidur yang terlalu tenang seringkali dapat menyebabkan banyak kecemasan.

Pasalnya, tidak ada suara apa-apa lagi di sekitar selain pikiran sendiri saat tertidur.

Melalui serangkaian pikiran yang berkerumun sebelum tidur mungkin malah bisa membuat insomnia karena kecemasan akan hal-hal di pikiran.

Untuk itu, cobalah mendengarkan suara air terjun atau air hujan yang menenangkan dari aplikasi telepon seluler dan rasakan bagaimana hal tersebut membuat banyak perbedaan.

7. Rapi

Tips yang satu ini seharusnya cukup mudah dilakukan karena berlaku untuk semua ruangan di rumah. Barang yang berantakan di lantai atau terlalu banyak pernak-pernik di atas meja rias, tentu saja menambah kecemasan.

Fokuslah menjaga ruang kamar tidur sehingga lebih ringkas agar ketika masuk ke tempat tidur pada malam hari, suasana hati perlahan-lahan mulai beradaptasi dengan getaran menenangkan lingkungan.

8. Aromaterapi

Menyebarkan minyak esensial di kamar tidur adalah cara yang fantastis untuk menangkal kecemasan. Namun, itu bukan satu-satunya cara untuk menghadirkan aromaterapi.

Menempatkan seikat bunga segar di meja akan menguarkan aroma yang halus. Cara tersebut akan mengangkat semangat dan membawa ketenangan.


Konten ini adalah kerjasama antara UrbanLife.id dengan Megakarya Propertyndo.

© 2017 Urbanlife.id