Ini Kebiasaan Para Mahmud yang Bikin Anggaran Belanja Rumah Tangga Jebol Tanpa Disadari

Kamu para mamah muda alias mahmud sudah berupaya sekuat tenaga untuk berhemat dan berharap kekayaan keluarga cepat menggunung. Sayang kenyataannya, sulit banget buat mengumpulkan harta sesuai impian.

Padahal, banyak sekali impian keluarga yang belum terwujud, mulai dari beli rumah, beli apartemen, beli mobil, traveling bersama ke luar negeri dan umroh.

Ketika mengintip jumlah tabungan, kamu merasa sedih karena masih jauh dari harapan. Urbaners bahkan terpikir untuk mencari cara mendapatkan pemasukan tambahan.

Tujuannya agar tabungan cepat menggendut tentunya. Hanya saja, kamu tak punya waktu untuk menjalankan bisnis atau pekerjaan sampingan.

Jangan putus asa, mungkin ada beberapa kebiasaan yang tidak kamu sadari berpotensi menggerogoti keuangan keluarga.

Kebiasaan-kebiasaan di bawah ini bisa membuat pengeluaran belanja rumah tanggamu membengkak.

Buang makanan sisa

Ini nih kebiasaan jelek para mahmud. Mentang-mentang sudah berusaha memasak setiap hari untuk memenuhi kebutuhan keluargamu, tujuannya untuk berhemat.

Namun, kok rasanya pengeluaran untuk makan sehari-hari masih saja membengkak?

Coba kamu ingat-ingat, seberapa sering kamu membuang makanan sisa? Jika jawabannya hampir setiap hari, kamu harus pasang strategi baru.

Ingat, membuang makanan sisa sama saja membuang uang. Maka, jangan jadikan ini kebiasaan.

Masaklah seperlunya, buat estimasi berapa porsi yang akan kamu masak, misalnya hanya untuk dua orang sekali makan. Melihat kondisi seperti itu, jangan masak melebihi dua porsi.

Membeli stok bahan makanan dan bumbu terlalu banyak

Saking semangatnya memasak, saat berbelanja bahan makanan para mahmud sering kali kalap. Melihat wortel dengan warna oranye cerah, kamu langsung memborongnya setengah kilo.

Begitu pun saat melihat kangkung yang hijau dan masih segar, kamu membelinya sekaligus beberapa ikat.

Padahal, kamu hanya tinggal berdua dengan suami, kangkung seikat sudah cukup untuk sekali makan berdua, dan satu buah wortel cukup untuk tambahan bahan memasak sayur sop.

Akhirnya, bahan makanan sisa yang kamu beli menumpuk di kulkas. Apalagi kalau kamu terbilang kurang kreatif mengolahnya menjadi berbagai jenis masakan agar tidak bosan, bisa-bisa kangkung dan wortel yang kamu beli terbuang karena membusuk.

Mahmud yang malas masak

Nah kalau kamu tipikal yang malas masak, bisa juga membuat pengeluaran jebol lho! Coba tiru kebiasaan ibu atau nenekmu yang rajin memasak.

Dengan kebiasaan itu, mereka pun lebih leluasa membagi pemasukan rumah tangga untuk kebutuhan lain yang tak kalah penting.

Mahmud yang malas ke pasar tradisional

Niat memasak sudah ada, sayangnya kamu malas bepergian ke pasar tradisional. Kamu memilih belanja ke supermarket untuk membeli sayuran, buah-buahan, dan aneka daging.

Padahal, harga bahan makanan di pasar tradisional lebih murah dan biasanya kesegarannya lebih terjamin.


Konten ini adalah kerjasama antara UrbanLife.id dengan Liquid Likwid E Juice.

© 2017 Urbanlife.id