Dengan 6 Jenis Usaha Ini, Kamu Bisa Menyalurkan Hobimu dalam Budidaya Tanaman sambil Meraup Untung Berlipat

Saat ini, segala sesuatu yang berhubungan dengan eco-green sedang naik daun. Selain bikin sejuk, eco-green — terutama melalui pemanfaatan lahan untuk budidaya tanaman —  juga bisa menjadikan tempat tinggalmu lebih enak dipandang mata di antara teknologi yang serba milenium.

Namun jangan lupa untuk perhatikan juga potensi pasar yang ada. Pasalnya, selama ini memang usaha budidaya tanaman yang menguntungkan menjadi pilihan para penggiat agrobisnis. Tanaman yang paling diminati pasti akan lebih mudah laku dijual di pasaran.

Selain potensi pasar, yang perlu diperhatikan adalah berapa besar modal atau biaya yang dibutuhkan dalam usaha budidaya agar bisa menguntungkan dengan nilai fantastis.

Sukses usaha agrobisnis sebenarnya bukan pada wilayah budidaya tanaman yang menguntungkan saja.

Tetapi, banyak pilihan usaha yang bisa dijemput seperti; pengadaan bibit, jasa panen, jasa pengelolaan hasil panen, berdagang hasil panen atau buah-buahan, bahkan jual-beli alat dan bahan produksi seperti pupuk cangkul dan lain lain.

Jika Urbaners ingin mulai, sebaiknya jangan dengarkan hal-hal yang membuat anda mundur. Jangan mundur kawan, sebab sudah banyak referensi yang bisa anda baca sebagai motivasi.

Tentunya motivasi dari kisah sukses dari petani yang menggeluti usaha budidaya tanaman yang menguntungkan.

Berikut ini adalah beberapa jenis usaha budidaya tanaman yang menguntungkan.

Budidaya Tanaman Yakon

Budidaya tanaman yakon (Smallanthus sonchifolia). Tanaman yang berasal dari Pegunungan Andes, Peru, Amerika Selatan ini dipercaya sangat berkhasiat mengobati penyakit diabetes.

Tanaman Yakon digunakan sebagai obat diabetes dengan memanfaatkan daunnya yang kaya dengan insulin. Kandungan fruktosa yakon terdiri atas 35% fruktosa bebas dan 25% fruktosa terikat.

Kandungan fruktosa itu yang mencegah penderita diabetes dari hiperglikemia atau kadar gula darah tinggi.

Budidaya Tanaman Semangka

Salah satu komoditi yang sedang marak dikembangkan dalam agrobisnis adalah semangka. Tanaman buah yang sangat berair ini memiliki pasar yang sangat luas apalagi saat musim panas.

(Baca juga: Cuaca Panas? Jangan Sembarangan Siram Tanaman, Ikuti Tips Simpel Ini agar Tanamanmu Tumbuh Subur)

Tanaman semangka sangat berkhasiat dalam menyembuhkan rasa panas di badan akibat terpaan suhu udara sekitar kita. Lebih nikmat lagi jika disajikan dalam bentuk jus, sangat adem rasanya.

Budidaya Tanaman Lada

Lada merupakan bumbu dapur yang seringkali digunakan di berbagai masakan dari masakan yang sederhana hingga masakan yang cukup rumit.

Tanaman rempah yang satu ini digunakan secara luas oleh banyak orang dan sudah pasti ada banyak permintaan pasar untuk bumbu dapur yang satu ini.

Budidaya Tanaman Jeruk Nipis

Memulai bisnis sampingan jeruk nipis adalah langkah yang tidak tepat jika Urbaners belum memahami betul bagaimana budidaya tanaman jeruk nipis.

(Baca juga: Jadi Karyawan sambil Wirausaha, Ini 6 Cara Dapatkan Modal Tambahan untuk Bisnis Sampinganmu)

Jeruk nipis adalah salah satu buah dengan pasar yang sangat luas. Hampir seluruh makanan berkuah agak kurang lengkap rasanya tanpa air perasan jeruk nipis.

Bisa terbayangkan betapa menguntungkannya jika semua warung makan yang sobat lalui tadi membeli jeruk nipis di tempat usaha.

Apalagi jika kita adalah pemilik kebun jeruk nipis sekaligus penyalur pemasaran jeruk nipis. Keuntungan bakal berlipat ganda, yah istilah kerennya adalah monopoli rantai pasar.

Budidaya Tanaman Pisang

Pisang merupakan salah satu buah yang populer di tengah masyarakat kita. Selain mudah ditemukan, buah berbentuk panjang dan bulat ini juga sering disajikan dalam berbagai bentuk makanan olahan.

Budidaya Tanaman Hias

Ornamental Plant atau tanaman hias merupakan tanaman yang sering jumpai di pekarangan rumah dan banyak disukai oleh kaum wanita, karena tanaman ini mempunyai nilai estetika yang cukup tinggi dan memiliki nilai lebih dari tanaman lainnya.

(Baca juga: Saat Ini Trennya Anak Muda Bisa Beli Rumah, Kenali Dulu 6 Tipe Rumah Tinggal Berikut Ini Biar Tahu Kisaran Harganya)

Jenis dan kepopulerannya pun sangat beragam dan cenderung dinamis. Namun meskipun selera pasar tanaman hias sangat dinamis, ada beberapa jenis tanaman yang penggemarnya tidak menurun atau bahkan hilang.

Popularitas tanaman hias ini seperti abadi dan tidak lekang oleh waktu. Tanaman hias yang digemari biasanya karena bentuk dan warna bunga, bentuk daun, bentuk batang dan akar.


Konten ini adalah kerjasama antara UrbanLife.id dengan Hutama Persada Jaya Mandiri.

© 2017 Urbanlife.id