Mau Liburan Murah Meriah? Nih, Tips Berburu Aneka Promo di Travel Fair

Mau liburan murah meriah? Jangan hanya bengong nunggu kabar dari teman atau keluarga. Gerak dong ke travel fair! Biar rezeki gak dipatok ayam.

Info soal liburan murah banyak tersedia di internet. Namun agak ribet kalau hanya mengandalkan internet, sebab keterangannya kadang kurang lengkap.

Gak perlu khawatir tapi. Sebab, banyak travel fair alias pameran wisata yang rutin digelar di Indonesia, khususnya kota besar seperti Jakarta.

Di travel fair, kita bisa ketemu langsung dengan pihak agen. Dengan begitu, kita bebas mau tanya-tanya apa saja. Jadi informasi liburan murah pun bisa didapat dengan gampang di travel fair.

Nah, biar kunjungan Urbaners ke travel fair efektif dan gak sia-sia, ada beberapa tips yang perlu diperhatikan. Berikut daftarnya seperti dihimpun UrbanLife.id.

Cari Tahu Kapan Digelarnya Travel Fair

Hal pertama yang perlu diperhatikan adalah mengetahui waktu-waktu digelarnya travel fair. Biasanya informasi ini datang dari travel agent peserta pameran.

Selain itu, info promosi paket liburan ini juga bisa datang dari supporting bank dan kartu kreditnya, serta pihak maskapai.

(Baca juga: 6 Cara Jitu Liburan Dadakan dengan Bujet Minim)

Bulan-bulan travel fair adalah Maret-Mei untuk musim liburan sekolah dan Lebaran. Kemudian ada September-Oktober untuk musim liburan akhir tahun.

Datang Lebih Pagi di Hari Pertama

Jika travel fair digelar pada hari kerja — karena biasanya bersinggungan dengan akhir pekan, alangkah baiknya Urbaners datang pada hari kerja. Datanglah pada hari pertama digelarnya pameran. Pasalnya, di hari pertama masih banyak seat available, juga bonus-bonus seperti cash back.

Alangkah baiknya jika kamu datang lebih pagi sehingga punya lebih banyak kesempatan untuk mendapatkan tiket promo. Terlebih lagi, kita akan terhindar dari keramaian pengunjung di akhir pekan.

Booking Tiket Langsung di Travel Agent

Gak banyak yang tahu, kamu bisa booking tiket promo terlebih dahulu lewat travel agent peserta pameran.

Jika pameran buka pukul 09.00, maka satu jam sebelumnya cobalah telepon kantor travel agent untuk booking tiket promo biar makin hemat.

(Baca juga: Tips Traveling Hemat ala UrbanLife.id)

Dengan begitu, kamu gak perlu berdesak-desakan dengan ribuan pengunjung lainnya untuk mendapatkan tiket promo.

Bahkan terkadang, tiket bisa langsung ditukar di cabang travel agent yang bersangkutan jika kamu gak sempat mampir ke travel fair.

Tentukan Destinasi Sebelum Tiba di Pameran

Sebelum mengunjungi travel fair, ada baiknya Urbaners menentukan destinasi terlebih dahulu. Ini akan memudahkan transaksi dan menghindarimu dari ‘lapar mata’ ingin mengunjungi banyak destinasi sekaligus.

Liburan dengan Grup

Liburan dengan grup adalah salah satu cara agar bujet traveling semakin murah. Ajaklah teman, sahabat atau keluarga ikut serta dalam perjalanan kali ini. Biasanya, travel agent menetapkan kuota 20 orang untuk satu grup.

Cari Kenalan Travel Agent

Setelah bertransaksi dengan travel agent, lakukanlah interaksi lebih dari sekadar berkonsultasi mengenai liburan. Baiknya Urbaners berkenalan dan meminta nomor handphone penjual yang diajak transaksi.

(Baca juga: 5 Trik biar Rumah Aman Saat Ditinggal Liburan)

Simpanlah nomornya dan mintalah dia untuk menghubungi kamu jika ada agenda travel fair lainnya, berikut harga-harga promosi yang dijual di travel fair tersebut. Dengan hal ini, kamu bisa mendapat informasi lebih cepat tentang promo harga di travel fair mendatang.

© 2017 Urbanlife.id