Tahun Ini Trennya Anak Muda Bisa Beli Rumah, Kenali Dulu 6 Tipe Rumah Tinggal Berikut Ini Biar Tahu Kisaran Harganya

Usia muda bukan alasan buat menunda punya rumah sendiri. Buktinya, kaum muda adalah pembeli berbagai tipe rumah terbanyak di Indonesia saat ini.

Berdasarkan data Bank Tabungan Negara (BTN) mulai Januari hingga 20 Oktober 2016, usia 21-30 dan 31-40 merupakan pembeli rumah subsidi dan non-subsidi terbanyak di Indonesia.

Tren usia dewasa muda ini mengambil KPR diperkirakan berbagai pihak bakal terus bertambah. Hal ini seiring kebijakan pemerintah yang meringankan pembelian rumah bagi Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR).

Gak menutup kemungkinan bagi mereka yang sudah mencapai gaji lebih dari kategori MBR untuk membeli rumah non-subsidi. Pasalnya, rumah ini sering mereka jadikan sebagai investasi.

Nah, sebelum Urbaners membeli rumah maupun properti lainnya lagi, mestinya kita ketahui dulu seluk-beluknya. Termasuk tipe-tipenya.

Soalnya, tipe rumah menentukan harga jualnya. Agak lucu kalau kita datang ke suatu kantor agen properti hanya dengan bekal uang buat beli rumah.

Berikut ini adalah tipe-tipe rumah. Yuk, kita cermati biar tahu kisaran harganya!

Tipe Rumah 21

Ini adalah tipe rumah terkecil. Luas bangunannya 21 meter persegi. Biasanya hunian mungil dengan tipe ini memiliki dimensi 3 x 7 meter, 5,25 x 4 meter, atau 6 x 3,5 meter.

(Baca juga: Siapa Bilang Hunian Mungil Itu Gak Keren? Ini 5 Keuntungan Tinggal di Dalamnya!)

Di kawasan strategis, harganya bisa mencapai Rp 300 juta. Namun ada juga yang harganya hanya Rp 80 juta. Apalagi jika ada subsidi dari pemerintah.

Biasanya rumah tipe 21 hanya terdiri atas 1 kamar. Rumah ini termasuk sederhana dalam soal pengaturan ruangan karena luas yang terbatas.

Tipe 36

Mereka yang berstatus pasangan baru sering berburu rumah tipe ini. Dimensi rumah tipe 36 umumnya 6 x 6 meter atau 9 x 4 meter.

Harganya bisa menembus Rp 400 juta jika banyak faktor pendukungnya, terutama lokasi. Rumah yang termurah biasanya sekitar Rp 100 juta.

Rumah tipe 36 umumnya punya 2 kamar tidur. Tapi, ada juga yang hanya dilengkapi 1 kamar.

Tipe 45

Rumah tipe 45 termasuk favorit orang Indonesia. Khususnya dari kalangan kelas menengah. Sebab, harganya terbilang terjangkau namun lumayan luas.

(Baca juga: Ini Lho, 5 Pola Pikir yang Menyebabkan Kelas Menengah Susah Jadi Orang Kaya…)

Dengan dimensi 6 x 7,5 meter, rumah tipe 45 cukup lapang untuk dihuni 1 keluarga dengan 1-2 anak. Harganya yang paling murah sekitar Rp 200 juta.

Kalau kualitasnya lebih oke, harganya bisa mencapai Rp 500 juta. Rumah tipe ini umumnya memiliki 2 kamar.

Tipe 54

Warga dari kelas menengah-atas biasanya berburu rumah tipe ini. Rumah tipe 54 biasanya memiliki dimensi 13,5 x 4 meter atau 9 x 6 meter.

Ukuran dimensi itu membuat rumah tipe 54 bisa dilengkapi sampai 3 kamar. Ada juga yang hanya punya 2 kamar. Tapi, terdapat taman yang cukup lapang.

Harga rumah ini biasanya Rp 300 jutaan di tempat tertentu. Di daerah permukiman favorit, harganya bisa sampai Rp 800 juta.

Tipe 60

Dengan ukuran luas 60 meter persegi, rumah tipe ini akan terasa lapang. Satu rumah bisa terdiri atas 3-4 kamar.

(Baca juga: 6 Tips Dekorasi Bertema “Superhero” yang Dapat Membuat Kamarmu Tampak Unik dan Berbeda)

Namun, kelebihan ini seiring dengan harganya. Banderol rumah ini bisa menembus Rp 900 juta. Tapi di beberapa daerah harganya bisa Rp 400 jutaan saja.

Tipe 70

Memiliki luas 70 meter persegi, rumah tipe 70 lebih sering diburu warga dari kalangan atas. Harganya bisa sampai miliaran rupiah. Paling murah mungkin sekitar Rp 500 juta.

Kelebihannya, rumah ini bisa dihuni keluarga beserta orang tuanya. Pasangan baru bisa juga tinggal di sini, tapi dengan status numpang di rumah ortu.

Rumah tipe 70 bisa dibikin 1 lantai. Tapi banyak juga yang mendesain rumah tipe ini dengan 2 lantai, sehingga ruangan bisa lebih banyak.

Nah, itu dia tipe-tipe rumah di Indonesia.  Rumah bertipe di atas umumnya dipasarkan dalam satu kompleks.

Selain tipe rumah, kita mesti tahu juga soal gimana cara membeli rumah yang aman. Ketahui juga kondisi finansial untuk memutuskan beli secara tunai atau kredit.

© 2017 Urbanlife.id