7 Peluang Usaha yang Paling Cocok buatmu yang Ingin Menyasar Pasar Anak Muda

Harganya terjangkau dan konsepnya unik. Itulah resep usaha yang ramai dan populer di kalangan anak muda.

Jangan anggap remeh segmen ini karena anak muda di Indonesia mencapai lebih dari 50 persen total penduduknya. Jadi kalau bisnismu sukses di segmen ini, omzet yang bisa kamu dapatkan bisa lebih dari lumayan.

Apalagi Urbaners gak memerlukan modal yang terlalu besar untuk mendirikan usaha pertama. Hal yang paling penting adalah konsep yang kreatif agar usahamu bisa diterima oleh para anak muda.

Nah, agar kamu punya gambaran tentang konsep yang kiranya bisa kamu kembangkan, coba lihat daftar bidang usaha yang tengah laku di kalangan anak muda ini.

Semoga bisa membantu langkahmu jadi wirausahawan sejati!

Banyak Anak Muda Jadi Blogger buat Nambah Uang Saku

Banyak sekali keuntungan yang bisa didapat dari menjadi blogger. Mulai dari penghasilan dari iklan, jualan produk digital, afiliasi produk dan lainnya.

Sebagai informasi aja nih, keuntungan seorang blogger bisa mencapai Rp 10 juta per bulan. Bahkan, bisa lebih kalau sudah resmi jadi startup.

(Baca juga: Selain “Venture Capitalist”, Ini 5 Investor yang Bisa Diajak untuk Memodali “Startup” Kamu)

Mengenai modal, sebenarnya blog bisa dijalankan mulai dari blog gratisan sampai dengan yang bermodal di Rp 8 juta — sudah dengan fitur lengkap dan menarik.

Nah, buatmu yang ingin menyasar pasar anak muda, bisa tuh buat blog yang dikhususin untuk diisi sama tulisan anak muda. Nantinya, mereka tinggal subscribe atau langganan ke kamu deh.

Vlogger di YouTube

Penasaran gak sih dengan penghasilan dari seorang vlogger? Saat ini banyak orang yang menerjuni usaha sampingan anak muda sebagai vlogger profesional ya.

Untuk menjadi seorang vlogger, kita membutuhkan akun di YouTube, seperangkat alat perekam yang bisa disewa dan skills dalam editing yang mumpuni.

Nah, ini bisa jadi peluang bisnis buatmu yang ingin menyasar pasar anak muda. Kita bisa menyewakan seperangkat alat recording ke mereka. Gak perlu yang mahal-mahal, cukup yang standar saja asalkan jernih gambarnya.

Trading Saham

Jangan takut untuk terjun ke dunia trading saham dan jadi professional trader. Di Indonesia mungkin bisnis sebagai professional trader masih belum familiar ya.

(Baca juga: Kecanduan Berinvestasi dan Trading Saham Itu Ternyata Satu dari Lima Jenis “Kecanduan” yang Justru Bisa Bikin Kaya dan Mapan Sebelum Umur 30-an, Lho!)

Buat Urbaners yang mau menekuni usaha sampingan anak muda ini, perlu belajar lebih dalam mengenai teknik-teknik trading, yang jelas gak ada kata instan dan cepat.

Informasi tambahan nih, untuk modal trading saham di Indonesia dibutuhkan uang sebesar Rp 10 juta. Keuntungan yang bisa diraup sebesar 10 persen per bulan untuk seorang professional trader terbilang realistis.

Nah, buat kita yang punya uang nganggur di tabungan, bisa tuh memanfaatkan peluang ini buat muterin duit kita. Coba saja pinjamkan uang ke anak-anak muda yang lagi senang-senangnya trading. Tapi, jangan lupa patok keuntungan yang kita inginkan juga ya!

Bisnis Reseller atau Dropshipper

Usaha sampingan anak muda yang paling ramai dan modal hampir gratis adalah bisnis reseller atau dropshipper. Urbaners bisa menjual gambar produk-produk cukup dengan akun media sosial.

Bisnis reseller dan dropshipper keuntungannya beragam mulai dari yang receh hingga jutaan, tergantung produk yang dijual kembali.

Eits, walaupun untung receh tapi pembelinya banyak dan konsisten, lho!

Kita juga gak perlu mengeluarkan modal untuk stok barang. Jadi sebenarnya ROI (return on investment) bisnis reseller dan dropshipper adalah yang paling besar.

Jadi, Urbaners yang sudah terlanjur punya toko atau pabrik dan lain sebagainya bisa tuh minta anak-anak muda untuk bantu jual barang-barangmu. Tentunya, kamu juga harus kasih komisi yang menarik nantinya buat mereka.

Buka Tempat Nongkrong Khusus Anak Muda yang Supercepat Koneksi Internetnya

Internet saat ini sudah menjadi bagian hidup anak muda. Baik mengerjakan tugas kuliah atau kantor maupun mencari hiburan, mereka selalu mengandalkan internet untuk mendapatkannya.

(Baca juga: 6 Tips Atur Uang Bagi yang Bekerja Sekaligus Kuliah)

Untuk itu, tempat nongkrong yang memiliki akses internet bagus sudah jadi kebutuhan primer bagi mereka. Tujuan mereka nongkrong adalah untuk mencari internet, jadi tidak perlu ada banyak menu yang kamu tawarkan. Menu-menu seperti menu warung saja sudah cukup.

Bisnis Karaoke adalah Peluang yang Lainnya

Kalau dulu hiburan anak muda hanya seputar nonton bioskop atau nongkrong, saat ini tempat hiburan untuk anak muda sudah sangat beragam.

Beberapa tahun ini karaoke menjadi salah satu hiburan yang banyak diminati anak muda. Tempat-tempat karaoke pun semakin banyak bermunculan karena besarnya minat masyarakat.

Pada malam minggu atau hari libur, tempat karaoke selalu ramai. Tak sedikit artis yang memilih membuka tempat karaoke sebagai usaha sampingannya.

Walau begitu, belum ada satupun tempat karaoke yang benar-benar menyasar anak muda. Kebanyakan bisnis yang sudah ada ditujukan untuk keluarga atau semua kalangan usia.

Akibatnya, susah sekali buatmu menemukan lagu dari band indie favorit di tempat karaoke. Belum lagi konsep ruangan yang sebenarnya bukan ‘kamu banget’.

Nah, karena kamu paling tahu apa yang belum bisa dihadirkan karaoke yang ada saat ini untuk pelanggan-pelanggan seusiamu, kenapa tidak patungan dengan beberapa teman untuk mendirikan bisnis karaoke baru?

Persewaan Tempat Olahraga Juga Jadi Tempat Hangout Baru buat Anak Muda

Selain karaoke, tempat-tempat olahraga juga menjadi gaya hidup baru bagi anak muda. Gak sedikit anak muda saat ini yang mengisi waktu luang dengan berolahraga di pusat kebugaran atau bermain futsal. Maraknya tren ini tentu juga membuat banyak tempat olah raga bermunculan.

Kalau kamu tertarik membuka bisnis ini, carilah lokasi di kawasan sekitar kampus, perumahan, apartemen atau perkantoran. Umumnya, waktu yang dimiliki masyarakat sekarang untuk berolahraga tidak banyak.

(Baca juga: Beli Rumah atau Apartemen di Usia 30-an? Ini Pertimbangannya…)

Jadi mereka butuh tempat olah raga yang dekat sehingga sebelum pulang ke rumah dan sambil menunggu jam macet, mereka bisa menggunakannya untuk olahraga. Di samping itu, fasilitas lengkap seperti tempat ganti dan mandi juga menambah daya tarik agar setelahnya dapat melanjutkan aktivitas yang lain.

Akan bertambah oke kalau kamu punya konsep yang berbeda dari pusat-pusat kebugaran lainnya. Misalnya saja kamu bisa membentuk suatu komunitas pecinta kebugaran dari para pelanggan gym-mu. Atau mungkin, Urbaners ingin membuka gym khusus muslimah?

Keuntungan yang diperoleh dari usaha sampingan ini bisa dimanfaatin buat banyak hal pastinya. Semisal, membeli rumah atau apartemen.

(Baca juga: Cara Mudah Beli Rumah dan Apartemen Sendiri di Usia 20-an)

Memulai bisnis sejak masih muda bakal mendatangkan banyak keuntungan. Salah satunya adalah kita bisa curi start saat orang lain santai-santai.

Kegagalan adalah sesuatu yang gak terhindarkan dalam berbisnis. Tapi gak ada yang perlu dikhawatirkan, karena fokus utama kita adalah mencari pengalaman. Bukan semata berbisnis.

Mulai dari sekarang dan belajar dari kesalahan. Bersyukurlah jika kita bisa gagal di usia muda, karena kita akan langsung dapat pembelajaran berharga dari kegagalan bisnis.

© 2017 Urbanlife.id