5 Pilihan Investasi untuk Dana Pendidikan Anak

Semua orangtua pasti mengharapkan anak-anaknya bisa mendapatkan pendidikan terbaik. Namun faktanya, dunia pendidikan terbaik di Indonesia bukan sesuatu yang murah.

Melihat kenyataan ini, pengelola keuangan keluarga yang tak lain adalah istri atau ibu di rumah, perlu mencari solusi terbaik demi pendidikan anak yang berkualitas.

Secara umum, data menunjukkan bahwa rata-rata uang sekolah naik sekitar 15- 20 persen per tahunnya. Padahal, pendapatan masyarakat Indonesia cenderung stagnan.

Artinya, Urbaners bisa bekerja lebih giat untuk mengejar laba lebih besar, mencari pendapatan tambahan, atau malah menurunkan standar sekolah yang dituju. Namun memilih sekolah untuk anak, pada akhirnya kembali ke persoalan kesiapan dan ketersediaan dana.

Triknya, kendati biaya pendidikan meningkat dari tahun ke tahun, besaran kebutuhan dana untuk sekolah si kecil sebenarnya sudah bisa diprediksi sejak jauh-jauh hari. Sehingga orangtua dapat lebih matang dalam merencanakan dan mempersiapkan kebutuhan dana pendidikan sejak dini.

Untuk itu, investasi adalah jalan keluar yang paling tepat untuk menyiapkan dana pendidikan anak yang setiap tahun naik. Pasalnya, investasi mengurangi sifat stagnan nilai mata uang tunai, yang bahkan cenderung menurun.

Ada berbagai tawaran investasi yang dapat dilakukan demi mengamankan dana pendidikan untuk anak. Berbagai tawaran itu seyogianya dilihat sebagai peluang untuk memilih produk investasi yang paling tepat, sesuai kebutuhan dan ketersediaan dana.

Investasi untuk dana pendidikan anak dapat berupa produk dengan penghasilan tetap. Seperti tabungan, deposito dan asuransi. Alternatif lainnya, produk dengan penghasilan bertumbuh, seperti emas (logam mulia), reksadana, properti, obligasi atau saham.

Jika harus disesuaikan dengan jenjang pendidikan dan waktunya, seperti dirangkum dari berbagai sumber oleh UrbanLife.id, ada baiknya pertimbangkan sejumlah alternatif produk investasi di bawah ini.

5 Pilihan Investasi untuk Dana Pendidikan Anak - Infografis

© 2017 Urbanlife.id