10 Pengalaman Hidup Rio Haryanto yang Layak Jadi Inspirasimu, Biar Gak Cuma “Jago Kandang”!

Tak bisa dipungkiri bahwa keberhasilan Rio Haryanto untuk melaju ke ajang tes balapan Formula One (F1) membawa nama Indonesia harum di mata dunia.

Gimana gak, dia menjadi orang Indonesia pertama yang berhasil masuk F1. Bahkan, pembalap Asia satu-satunya di F1 2016 ini.

Penampilan Rio Haryanto di balik kemudi mobil Manor Racing untuk F1 2016 berjalan dengan sangat baik di sesi pertama. Sejumlah persiapan telah dilakukan untuk memastikan semua yang dilakukannya berjalan dengan mulus.

Namun sayangnya, perjalanan Rio Haryanto sebagai pembalap F1 tim Manor musim ini selesai lebih cepat. Saat ini Manor telah resmi mencopot Rio Haryanto dari posisinya sebagai salah satu pembalap utama tim selain Pascal Wehrlein.

Namun, sebelum mencapai ke posisinya sebagai pembalap F1 tersebut, pemuda 23 tahun itu sudah mengalami asam-garamnya dunia balapan. Masa-masa sulit pun telah dia lewati. Semangat pantangan menyerahnyalah yang menjadi salah satu andil dalam kariernya ini.

Berikut ini UrbanLife.id punya kisah pengalaman hidup Rio yang bisa kamu jadikan inspirasi!

Rio Haryanto Tidak Patah Semangat meski Sempat Gak Punya Sponsor

10 Pengalaman Hidup Rio Haryanto yang Layak Jadi Inspirasimu, Biar Gak Cuma "Jago Kandang"! - Rio Haryanto Tidak Patah Semangat meski Sempat Gak Punya Sponsor
FOTO: tempo.co

Rio Haryanto sempat tak memiliki sponsor untuk balapan, tapi dia tak menyerah untuk tetap mencetak prestasi sampai sponsor pun datang.

Dari perjuangan di balik kesuksesannya itu, kita dapat paham bahwa jangan mudah menyerah dengan keadaan, setiap perjuangan akan berbuah manis.

(Baca juga: Kiat Sukses Memiliki Apartemen di Usia 20-an, Tanpa Mengandalkan KPA dari Bank)

Selalu Tampil Sederhana

10 Pengalaman Hidup Rio Haryanto yang Layak Jadi Inspirasimu, Biar Gak Cuma "Jago Kandang"! - Selalu Tampil Sederhana
FOTO: tabloidbintang.com

Sosok Rio Haryanto yang tajir tak bisa di pungkiri karena ajang ini memang memerlukan banyak biaya. Tapi, kesederhaan Rio tetep tidak berubah.

Rio tetap menjadi orang yang sederhana dan tidak sombong kepada siapa pun. Sikap Rio ini bisa kita ambil dan menjadi inspirasi bahwa sudah sukses tetap menjadi diri sendiri dan tidak boleh sombong.

Individu yang Disiplin

10 Pengalaman Hidup Rio Haryanto yang Layak Jadi Inspirasimu, Biar Gak Cuma "Jago Kandang"! - Individu yang Disiplin
FOTO: elvips.com

Memiliki ayah yang juga berkarier di dunia balapan, Rio selalu diajarkan disiplin, sehingga menjadi pembalap yang tak sembarang. Hal tersebut mengajarkan kita untuk mendisiplinkan diri sedini mungkin, karena hal itu penting bagi kita, agar kita jadi pribadi yang disegani.

(Baca juga: Ini 5 Alasan Mengapa Kamu Perlu Mengambil KPA Sedini Mungkin)

Kerja Keras dan Tekad yang Kuat

10 Pengalaman Hidup Rio Haryanto yang Layak Jadi Inspirasimu, Biar Gak Cuma "Jago Kandang"! - Kerja Keras dan Tekad yang Kuat
FOTO: bola.com

Karier Rio yang sekarang tak dicapai dengan mudah. Latihan fisik yang ringan sampai latihan fisik yang berat telah Rio lakukan untuk menggapai cita-citanya.

Kesuksesan Rio menjadi pembalap F1 sekarang tercapai berkat kerja kerasnya dan dalam diri Rio. Hal ini bisa kita ambil bahwa setiap orang bisa maju dan sukses. Asalkan mau kerja keras dan memiliki tekad yang kuat untuk mencapai hasil yang diinginkan.

Gak Lupa Sama Pendidikan

10 Pengalaman Hidup Rio Haryanto yang Layak Jadi Inspirasimu, Biar Gak Cuma "Jago Kandang"! - Gak Lupa Sama Pendidikan
FOTO: twitter.com

Meski disibukkan dengan latihan dan balapan. Rio Haryanto gak lupa dengan salah satu kewajibannya, yakni sekolah.

Dirinya merupakan sarjana ekonomi di Universitas Anglia Ruskin di Singapura. Rio yang telah menyelesaikan pendidikan saat 2014 silam ini mengajarkan kita bahwa pendidikan itu penting bagi semua orang. Maka, ketika ada kesempatan dalam investasi pendidikan, harus kamu laksanakan.

(Baca juga: 4 Cara Mudah untuk Memulai Investasi Properti dengan Gaji Pas-pasan)

Berbagi kepada Sesama

10 Pengalaman Hidup Rio Haryanto yang Layak Jadi Inspirasimu, Biar Gak Cuma "Jago Kandang"! - Berbagi kepada Sesama
FOTO: suaramerdeka.com

Sudah bukan rahasia lagi kalau Rio memilik pondok pesantren dan panti asuhan. Memanfaatkan harta yang dimiliki, Rio membangun hal mulia di tanah peninggalan kakeknya. Kita dapat meniru tindakan ini, karena hal tersebut menunjukkan meskipun telah sukses, kita harus punya sifat untuk saling berbagi.

Jadikan Setiap Kesempatan sebagai Ajang Unjuk Gigi

10 Pengalaman Hidup Rio Haryanto yang Layak Jadi Inspirasimu, Biar Gak Cuma "Jago Kandang"! - Jadikan Setiap Kesempatan sebagai Ajang Unjuk Gigi
FOTO: liputan6.com

Ketika mengawali karier GP2 pada 2012 silam bersama Carlin, Rio sempat mendapat kesempatan untuk menyicipi mobil standar F1 milik Marussia.

Hal tersebut tak disia-siakannya dengan menyelesaikan sesi uji coba di sirkuit Silverstone, Inggris sebanyak 79 putaran (laps). Kegigihan Rio ini menunjukkan kalau peluang tak datang dua kali, jadi harus dimanfaatkan selagi hadir di depan kita.

(Baca juga: Ini 5 Peluang Bisnis Sampingan yang Bisa Urbaners Lakukan Saat “Weekend”)

Ini Semua Soal Passion!

10 Pengalaman Hidup Rio Haryanto yang Layak Jadi Inspirasimu, Biar Gak Cuma "Jago Kandang"! - Ini Semua Soal Passion!
FOTO: viva.co.id

Rio sempat mengatakan bahwa balapan adalah kerjaannya dan mobil adalah kantornya. Bahkan, sebelum dapat menapaki kaki di pergelaran F1, Rio Haryanto pernah mengalami banyak sekali perlakuan yang tidak menyenangkan.

Pada saat pergelaran GP3 Series 2010, Rio naik podium di race pertama, panitia lomba merasa curiga dan membongkar mobil yang dikendarainya. Meskipun mereka tidak menemui apapun tetapi mobil yang telah mereka bongkar tidak dikembalikan lagi dengan kondisi yang baik dan akhirnya pada race kedua, rio mengalami kerusakan komponen mobil dan mengalami kekalahan.

Masih di GP 3 Series 2010, pada saat balapan di Istanbul, pihak panitia tidak mempersiapkan bendera kebangsaan Indonesia dan Lagu Indonesia Raya karena mereka tak menyangka akan ada orang Indonesia yang akan memenangkan balapan.

Pengalaman yang tidak menyenangkan seringkali membuat orang mundur dalam meraih mimpinya. Namun karena kecintaan dan passion-nya yang kuat di bidang ini, kejadian-kejadian tersebut tidak dijadikan Rio sebagai halangan untuk terus maju dan berprestasi.

Cemooh yang didapat malah dijadikan motivasi agar dapat terus memenangkan lomba ke depan. Itulah alasannya kenapa anak bungsu dari Sinyo Haryanto dan Indah Pennywati layak untuk kita anggap sebagai pembalap sejati.

Jangan Ngoyo

10 Pengalaman Hidup Rio Haryanto yang Layak Jadi Inspirasimu, Biar Gak Cuma "Jago Kandang"! - Jangan Ngoyo
FOTO: liputan6.com

Rio mengenal balapan pada usia yang sangat dini. Dia memulai balapan pada sirkuit Gokart sampai berhasil menjadi atlet terbaik Gokart pada tahun 2005 dan 2006. Karirnya sedikit demi sedikit menanjak, dia mulai mengikuti pergelaran Formula BMW, GP 3, GP 2, sampai dengan sekarang mendapatkan tempat untuk mengikuti balapan sekelas F1.

Karir yang dia bangun dilakukan dengan bertahap namun pasti. Berusaha dan berjuang untuk mendapatkan tempat terbaik pada setiap kompetisi sampai berhasil menjuarai balapan. Proses yang dilaluinya terbukti menjadi pengalaman yang sangat berarti dan sadar bahwa hasil yang instan tidak akan didapat tapi usaha dan kerja keraslah yang akan menentukan hasilnya.

(Baca juga: Bukan Cuma Kerja Keras, Orang Sukses Juga Melakukan 6 Kebiasaan Ini Saat Datang ke Kantor)

In the End of the Day, Kerja Kerasmu Tak Akan Mengkhianatimu

10 Pengalaman Hidup Rio Haryanto yang Layak Jadi Inspirasimu, Biar Gak Cuma "Jago Kandang"! - In the End of the Day, Kerja Kerasmu Tak Akan Mengkhianatimu
FOTO: motorsport.com

Setelah hasil uji coba di Silverstone, Inggris, Rio pun menarik perhatian dan mendapatkan surat izin mengemudi pebalap F1. Surat izin itu yang membuat Rio mulai dikejar Manor Marussia sejak 2013.

Lisensi balapan asosiasi balap FIA inilah yang membuat karier F1 Rio semakin jelas. Dengan raihan itu, kita belajar kalau perjuangan keras seseorang akan memberikan hasil positif pada akhirnya.

(Source of featured image: kompas.com)

© 2017 Urbanlife.id