8 Cerita Unik di Balik Layar Olimpiade Rio 2016

Perhelatan Olimpiade 2016 Rio de Janeiro telah ditunggu-tunggu oleh pecinta olahraga. Alasannya, berbicara soal kompetisi olahraga multi cabang, gak ada yang lebih besar dari Olimpiade.

Setelah Brasil berhasil menyelenggarakan Piala Dunia 2014, tahun ini, negara yang dipimpin Dilma Rousseff itu kembali menggelar pesta olahraga terbesar, Olimpiade 2016. Pada 5 – 21 Agustus ini, Kota Rio de Janeiro akan menjadi pusat berkumpulnya atlet-atlet paling top dunia.

Sejak ditetapkan sebagai tuan rumah, persiapan matang dilakukan. Apalagi dengan keterlibatan seluruh dunia, Olimpiade Rio 2016 membawa kita pada banyak cerita menarik mengenai para atlet, stadion, tempat-tempat peristirahatan sekitar stadium, sistem keamanan dan masih banyak lagi.

Kostum Indonesia Tuai Pujian

8 Cerita Unik di Balik Layar Olimpiade Rio 2016 - Kostum Indonesia Tuai Pujian
FOTO: sport.ilmessaggero.it

Keputusan Indonesia untuk tampil total dalam pembukaan Olimpiade Rio tidak sia-sia. Media Inggris, BBC, memuji penampilan kontingen Indonesia yang menampilkan baju adat Lampung, Papua dan Bali.

“Banyak negara bermain aman dengan hanya memakai tracksuit. Tapi beberapa negara berani tampil berbeda. Aplaus untuk Indonesia,” tulis BBC.

Indonesia sendiri mengirimkan 28 atlet di Olimpiade kali ini. Para atlet itu akan berkompetisi di tujuh cabang olahraga.

(Baca juga: Ini Empat Alasan Mengapa Olahraga di Pagi Hari Baik untuk Kesehatanmu)

Ketujuh cabang olahraga itu adalah panahan, dayung, angkat besi, bulutangkis, renang, sepeda dan atletik.

Diramaikan oleh 11.040 Atlet dari 206 Negara

8 Cerita Unik di Balik Layar Olimpiade Rio 2016 - Diramaikan oleh 11.040 Atlet dari 206 Negara
FOTO: thesun.co.uk

Ada total 206 negara yang akan berpartisipasi di Olimpiade Rio 2016. Tepatnya, atlet yang akan berpartisipasi adalah 11.040 orang.

Jumlah atlet terbanyak dipimpin oleh Amerika Serikat yaitu 555 atlet, disusul Brazil (465), Jerman (425), China (413), Australia (410) dan Perancis (404) untuk negara-negara di atas 400 perwakilan.

Menariknya, ada 14 negara yang hanya memiliki satu atlet sebagai perwakilannya. Negara-negara tersebut adalah Afghanistan, Brunei, Burkina Faso, Dominika, Mikronesia, Kiribati, Laos, Malawi, Kepulauan Marshall, Sao Tome dan Prinsipe, Kepulauan Solomon, Timor Leste, Togo serta Tuvalu.

Artinya, impian negara-negara itu untuk memperoleh medali Olimpiade 2016 dipikul oleh hanya satu orang.

Lebih dari 900 Medali yang Diperebutkan Para Atlet

8 Cerita Unik di Balik Layar Olimpiade Rio 2016 - Lebih dari 900 Medali yang Diperebutkan Para Atlet
FOTO: gettyimages.com

Tercatat ada sebanyak 306 nomor dari total 34 cabang olahraga yang diadakan. Namun, jumlah medali tidak serta merta menjadi 918.

Pasalnya, olahraga yang bersifat combat (tinju, judo, taekwondo dan gulat) menganugerahi dua medali perunggu untuk tiap kelas berat badan yang tersedia, bahkan ada kemungkinan seri untuk posisi ketiga karena terjadi pole vault (Olimpiade London 2012 memperebutkan 962 medali  di 302 nomor).

(Baca juga: 5 Cara Mudah Mendapatkan Berat Badan Ideal untuk Kamu yang Super Sibuk)

Sebanyak 30 medali emas akan dipersembahkan pada Sabtu, 20 Agustus 2016 menjadi yang terbanyak dalam satu hari. Ada 2 cabang olahraga baru di tahun ini yaitu golf dan rugby.

7,5 Juta Lembar Tiket Dijual untuk Melayani 500 Ribu Pelancong yang Datang

8 Cerita Unik di Balik Layar Olimpiade Rio 2016 - 7,5 Juta Lembar Tiket Dijual untuk Melayani 500 Ribu Pelancong yang Datang
FOTO: rio2016.com

Pelancong mancanegara diperkirakan akan datang ke Brazil untuk menonton Olimpiade. Mereka berjumlah sekitar 500 ribu jiwa didukung dengan penjualan tiket yang dibuka sebanyak 7,5 juta lembar.

Sebagai contoh, pemirsa dari AS dapat menonton Olimpiade 2016 melalui channel NBC sepanjang 6.000 jam tanpa henti. Sementara kru keamanan disiapkan sebanyak 85.000 orang untuk menjamin event berlangsung tanpa gangguan, ini dua kali dari jumlah petugas keamanan Olimpiade London.

Lebih dari Rp 150 Triliun Dihabiskan untuk Keperluan Ajang Olimpiade Rio 2016 Ini

8 Cerita Unik di Balik Layar Olimpiade Rio 2016 - Lebih dari Rp 150 Triliun Dihabiskan untuk Keperluan Ajang Olimpiade Rio Ini
FOTO: sportsworld.co.uk

Pihak penyelenggara telah membayar sebanyak 1,2 miliar dollar AS kepada channel NBC untuk mengamankan semua slot acara agar fokus menampilkan Olimpiade 2016. Mereka juga telah menghabiskan sebanyak 1 miliar dollar AS dalam periklanan sebelumnya.

Sementara untuk keseluruhan biaya, Olimpiade Rio 2016 tercatat menghabiskan sebanyak 11,5 miliar dollar AS atau lebih dari Rp 150 triliun, termasuk 7,1 miliar dollar AS di investasi infrastruktur untuk 37 lokasi di seluruh Rio dan kota-kota pendukung ajang ini, serta 895 juta dollar AS untuk bujet pagar keamanan sepanjang 200 km.

(Baca juga: 4 Langkah Mudah untuk Memulai Investasi bagi Kaum Muda)

Sebagai tambahan, 5,7 juta dollar AS dihabiskan Kementrian Kesehatan Brazil untuk mengamankan lokasi dari risiko virus Zika.

Ssst, 450 Ribu Kondom Telah Disiapkan…

8 Cerita Unik di Balik Layar Olimpiade Rio 2016 - Ssst, 450 Ribu Kondom Telah Disiapkan...
FOTO: pulse.com.gh

Virus Zika sangat mengancam di Brazil apalagi setelah pemberitaan besar-besaran seluruh dunia. Ada 26.000 kasus Zika baru di tiga bulan pertama tahun 2016, namun kini sudah menurun sebanyak 90 persen.

Sebanyak 450 ribu kondom akan dibagikan oleh Komite Olimpiade Internasional dari klinik dan mesin penjual otomatis di lokasi para atlet atau Olympic Village. Walau pembagian kondom tak menjamin atlet terbebas dari virus Zika, setidaknya atlet tidak terjangkit penyakit menular seks ketika pulang ke kampung masing-masing.

Olimpiade Pertama Buat Kosovo dan Sudan Selatan

8 Cerita Unik di Balik Layar Olimpiade Rio 2016 - Olimpiade Pertama Buat Kosovo dan Sudan Selatan
FOTO: npr.org

Olimpiade Rio de Janeiro 2016 jadi Olimpiade pertama buat dua negara: Kosovo dan Sudan Selatan. Kosovo pertama kali diakui oleh Komite Olimpiade Internasional (IOC) pada 2014. Sedangkan Sudan baru diakui tahun lalu.

Dalam parade pembukaan, bendera Kosovo dibawa oleh atlet judo mereka, Mjlinda Kelmendi. Di Olimpiade tahun 2012 di London, Kelmendi berkompetisi untuk Albania.

“Ini jadi momen bersejarah buat negara saya dan juga saya. Ini sangat memotivasi saya,” kata Kelmendi soal keikutsertaan Kosovo pertama kali di Olimpiade, seperti dilansir AP. Kosovo sendiri mengirim delapan atlet di Olimpiade kali ini.

(Baca juga: 8 Trik untuk Memotivasimu biar Semangat dan Gak Galau Lagi di Hari Senin)

Di sisi lain, Sudan Selatan hanya mengirimkan tiga atlet. Sebelum Sudan Selatan terdaftar, salah satu atlet mereka, Guor Marial, terpaksa berkompetisi di Olimpiade London 2012 sebagai atlet independen.

Kampanye Perdamaian

8 Cerita Unik di Balik Layar Olimpiade Rio 2016 - Kampanye Perdamaian
FOTO: reuters.com

Perdamaian menjadi tema yang diangkat pada Olimpiade 2016. Bertempat di Museum of Tomorrow yang terletak di Kota Rio de Janeiro, Uskup Agung dari Rio de Janeiro, Kardinal Dom Orani Joao Tempesta, dan Presiden Komite Penyelenggara Rio 2016, Carlos Nuzman, menyerukan kampanye damai di hadapan sekitar 300 orang wali gereja dan juga para pekerja di bidang sosial.

Dom Orani mengatakan, lewat olimpiade, orang-orang yang berasal dari negara-negara yang biasa berkonflik akan duduk atau berdiri berdampingan. Maka, inilah kesempatan untuk sama-sama mewujudkan perdamaian dunia. Kampanye damai ini diwujudkan lewat surat perjanjian yang ditandatangani oleh Dom Orani, Carlos Nuzman, dan Wali Kota Rio de Janeiro, Eduardo Paes.

(Featured photo: Getty Images)

© 2017 Urbanlife.id