7 Fakta Seputar Pokémon Go yang Harus Diketahui Kalian Para Pokémon Trainers

Kecuali kamu tinggal di dalam goa, pasti kamu sadar sama kehebohan yang melanda dunia atas nama game Pokémon Go. Bahkan, Indonesia gak luput dari fenomena game yang satu ini.

Baik kamu fans baru Pokémon maupun pelanggan setianya dari zaman Gameboy, gak bisa dipungkiri bahwa Pokémon adalah fenomena budaya pop yang bikin nagih!

Di akhir tahun 90-an, Pokémon merupakan Gameboy, kartu animasi dan kartu koleksi anak-anak sekolah. Pokémon diminati karena berisi makhluk-makhluk lucu yang bisa dilatih dan berevolusi.

Hampir dua dekade setelah itu, Pokémon meraih penggemar dari kalangan yang lebih luas, bahkan mereka yang sebelumnya tak pernah mengenal Pokémon sekali pun.

Hadir sebagai game untuk smartphone dalam bentuk augmented reality, Pokémon Go bisa dikatakan sebagai game paling fenomenal selama kurun 10 tahun terakhir.

Bagi kamu yang telah mengunduhnya, pasti sudah merasakan bagaiamana keseruan dalam menangkap berbagai jenis Pokémon di dunia nyata. Nah, biar keseruanmu makin lengkap, Urbaners wajib tahu tujuh fakta seputar Pokémon Go berikut ini.

Berhasil Memberikan Keuntungan Lebih dari 35 Juta Dollar AS

7 Fakta Seputar Pokémon Go yang Harus Diketahui Kalian Para Pokémon Trainers - Berhasil Memberikan Keuntungan Lebih dari 35 Juta Dollar AS
FOTO: cinemablend.com

Melalui laporan yang diluncurkan VentureBeat, setidaknya para pengguna iPhone di Amerika Serikat memberikan rata-rata keuntungan sebesar US$ 1,6 juta pada pengembang game tersebut.

Sampai tanggal 20 Juli lalu, Pokémon Go berhasil memberikan keuntungan lebih dari 35 juta dollar AS. Ini merupakan pencapaian yang sangat hebat, mengingat pada waktu tersebut game itu bahkan belum genap satu bulan dirilis.

Kenaikan Saham Nintendo hingga Lebih dari 50 Persen

7 Fakta Seputar Pokémon Go yang Harus Diketahui Kalian Para Pokémon Trainers - Kenaikan Saham Nintendo hingga Lebih dari 50 Persen
FOTO: insidepokemongo.com

Saham Nintendo sebagai salah satu pihak yang ikut mengembangkan game Pokémon Go ini mengalami peningkatan hebat.

(Baca juga: Suka Main Pokémon Go? Inilah 5 Efek Positif yang Bisa Kamu Dapatkan!)

Gak tanggung-tanggung, hanya dalan kurun waktu satu minggu setelah rilis pada tanggal 6 Juli 2016, saham Nintendo naik hingga lebih dari 50 persen.

721 Monsters, 54 Legenda

7 Fakta Seputar Pokémon Go yang Harus Diketahui Kalian Para Pokémon Trainers - 721 Monsters, 54 Legenda
FOTO: forbes.com

Tahukah kamu berapa jumlah Pokémon yang ada? Ternyata semenjak dirilis pada tahun 1995 silam sudah ada 721 pocket monsters yang kini berkeliaran.

Dari jumlah 721 Pokémon yang ada, kurang dari 10% merupakan Pokémon legendaris yang langka. Yup, ada sekitar 54 Pokémon yang saat ini masuk dalam kategori Pokémon legenda. Tiga di antaranya yang paling terkenal adalah Mewtwo, Moltres dan Suicune.

20 Film

7 Fakta Seputar Pokémon Go yang Harus Diketahui Kalian Para Pokémon Trainers - 20 Film
FOTO: editorial.rottentomatoes.com

Hingga tahun 2015, telah dirilis 20 Pokémon movies. Film yang terakhir dirilis berjudul Volcanion and the Exquisite Magearna. Film tersebut tayang pada 16 Juli lalu.

(Baca juga: 7 Fakta Menarik tentang Film “Suicide Squad”, Dimana Orang-orang Jahat Bersatu Menjadi Pahlawan!)

Sementara itu, film pertama berjudul Pokémon: The First Movie – “Mewtwo Strikes Back” rilis pada 18 Juli 1998.

21 Games

7 Fakta Seputar Pokémon Go yang Harus Diketahui Kalian Para Pokémon Trainers - 20 Games
FOTO: thejleeteam.deviantart.com

Pokémon telah memiliki 58 games sampai tahun 2016. Total ada 12 games untuk konsol Game Boy, 44 games untuk Nintendo dan 2 games versi mobile phone. Game yang mencetak banyak rekor serta menjadi salah satu yang terbaik adalah game Pokémon Go yang hadir untuk mobile phone.

Banyak Kejadian Aneh Terjadi pada Para Pokémon Trainers di Berbagai Belahan Dunia

7 Fakta Seputar Pokémon Go yang Harus Diketahui Kalian Para Pokémon Trainers - Banyak Kejadian Aneh Terjadi pada Para Pokémon Trainers di Berbagai Belahan Dunia
FOTO: dailymail.co.uk

Shayla Wiggens sedang asyik mencari Pokémon air saat secara tidak sengaja menemukan mayat mengambang di sungai di Wyoming Amerika.

Selain itu, seorang pria di New Hampshire juga menemukan mayat saat bertualang di Rotary Park. Pasalnya, taman tempat nongkrong untuk publik itu sebenarnya populer sebagai lokasi di mana terdapat banyak Pokéstops.

(Baca juga: Ini 5 Tempat Nongkrong Asyik di Jakarta untuk “Weekend” Saat Tanggal Tua)

Kepopuleran Pokémon Go juga dimanfaatkan oleh segilintir orang untuk menjalankan aksi kriminal. Empat remaja berandalan sengaja menunggu di tempat-tempat yang terindikasi sebagai Pokéstop untuk mencari korban. Hasilnya, mereka berhasil merampok sembilan orang dalam dua hari sebelum akhirnya tertangkap oleh kepolisian Missouri.

Pokémon bisa ada di mana saja. Seorang pria menemukan Pokémon di bawah tempat tidur rumah sakit saat istrinya tengah bersusah payah melahirkan. Bahkan, seorang tentara Amerika mengunggah foto bahwa dia menemukan Pokémon di tengah perang melawan ISIS.

Sosok di Balik Pokémon Go

7 Fakta Seputar Pokémon Go yang Harus Diketahui Kalian Para Pokémon Trainers - Sosok di Balik Pokémon Go
FOTO: catchnews.com

Pokémon Go diciptakan oleh John Hanke. Di balik kesuksesan Pokémon Go yang seakan diraih sekejap, Hanke mengalami proses jatuh bangun selama lebih kurang 20 tahun.

Sebelumnya, ia sempat berkarier di Google selama enam tahun hingga 2010. Pada satu titik, Hanke memutuskan untuk membuat startup sendiri bernama Niantic Labs yang didanai Google. Hanke sadar idenya mewujudkan Pokémon Go lewat Niantic butuh dukungan investor.

(Baca juga: 4 Cara Mudah untuk Memulai Investasi Properti dengan Gaji Pas-pasan)

Dalam perjalanannya, Hanke akhirnya berhasil mengumpulkan dana 25 juta dollar AS atau Rp 328 miliar dari Google, Nintendo, Pokemon Company dan investor lain untuk membentuk tim Pokémon Go. Ada sekitar 40 orang yang menjadi anggota tim tersebut.

(Source of featured image: deviantart.com)

© 2017 Urbanlife.id