6 Trik Mempersiapkan Tabungan untuk Kamu yang Bergaji Rp 3 Jutaan, Biar Siap Menikahi Pacar Tahun Depan

Menikah menjadi impian tiap pasangan yang sudah mulai serius menapaki hubungan. Demi mewujudkan pernikahan impian banyak pasangan kekasih yang sudah mulai menabung dari jauh-jauh hari demi pesta pernikahan yang diinginkan.

Melangsungkan pernikahan pasti menjadi keinginan semua orang, namun kebanyakan orang pasti menemui kesulitan tentang cara menabung untuk pernikahan. Untuk kamu yang menerima penghasilan sesuai Upah Minimum Regional atau UMR yang ditetapkan pemerintah, siap-siap untuk mengencangkan ikat pinggang kalau kamu punya rencana untuk menikah dalam waktu dekat.

Tidak perlu khawatir, kali ini UrbanLife.id akan memberikan 6 cara rasional yang bisa diterapkan oleh kamu dan pacar yang bergaji Rp 3 jutaan dan punya rencana menikah tahun depan. Apa saja yang bisa kalian lakukan?

Menabung dalam Jumlah yang Tepat

Sisihkan gaji kamu dan pasangan dalam jumlah yang tepat. Sebagai contoh, kamu dan pasangan bisa sisihkan 30 persen dari gaji untuk persiapan pernikahan. (Baca juga: Plus Minus Menikah di Usia Muda)

Kalau gaji kamu dan pasangan per bulannya masing-masing Rp 3 juta, maka total tabungan kalian per bulan adalah Rp 1,8 juta dan selama setahun jumlahnya menjadi Rp 21,6 juta.

Pisahkan Alokasi dari Hasil Tabungan Gaji Kalian

Kamu dan pasangan bisa memisahkan gaji kalian dan mengalokasikan untuk tujuan yang berbeda. Bukan bermaksud untuk membedakan serta menghitung untung dan rugi.

Namun, cara ini bisa membuatmu dan pasangan makin mengetahui secara rinci pemasukan dan pengeluaran yang akan kalian alami. Sisihkan gajimu untuk membayar biaya sewa gedung, sedangkan gaji pasangan untuk suvenir, undangan dan sewa baju pengantin.

Simulasinya, tabungan dari gajimu selama satu tahun adalah Rp 11 jutaan. Cukup untuk biaya sewa gedung resepsi seharga Rp 10 jutaan di Jakarta. Sisanya, tabungan dari gaji pasangan bisa dimanfaatkan untuk membeli suvenir, cetak undangan dan sewa baju pengantin.

Sederhana tapi Berkesan

Sebuah pernikahan yang sempurna memiliki arti yang berbeda dengan sebuah pernikahan mewah dan megah. Buatlah pernikahan kamu dengan sederhana, lupakan acara resepsi di gedung yang besar dengan harga sewa selangit.

Kamu bisa adakan resepsi di restoran unik atau taman dengan hanya mengundang orang terdekat, pastinya pernikahan kamu akan sangat berkesan dan istimewa. (Baca juga: Ini 5 Tempat Kongkow yang Wajib Dicoba Anak Nongkrong Jakarta)

Tekan Pengeluaran Sebaik Mungkin

Merencanakan pernikahan bukan sebuah perkara mudah, kamu harus cermat dalam menekan segala pengeluaran. Sepertinya, kamu tidak perlu menyisihkan banyak uang untuk membuat baju pengantin dan seragam keluarga.

Dengan bujet Rp 6 juta saja, kamu sudah bisa mendapatkan baju dan seragam cantik dari jasa penyedia sewa baju pengantin.

Sederhanakan Foto Pre-Wedding Kalian

Lupakan kegiatan foto pre-wedding ala selebritis di luar negeri, foto pre-wedding kamu akan lebih berkesan kalau kamu bisa menceritakan perjalanan cinta kalian di dalamnya. (Baca juga: Tips Hemat “Traveling” untuk Pasangan Muda)

Sebagai tips, kamu bisa gunakan kamera polaroid untuk membuat alur ceritanya, lagipula hasil polaroid juga bisa kamu gunakan sebagai dekorasi di pernikahanmu nanti.

Manfaatkan Keahlian Temanmu

Kamu dan pasangan punya banyak kenalan yang bisa kamu minta bantuannya untuk menyiapkan pernikahanmu? Kalian bisa minta teman yang berprofesi sebagai desainer grafis untuk membuatkan desain undangan.

Kemudian cari kenalan yang memiliki usaha percetakan supaya kamu bisa mendapatkan harga spesial darinya. Kamu juga bisa meminta temanmu yang punya hobi bermusik untuk mengisi acaramu.

© 2017 Urbanlife.id