Ini 5 Bisnis Sampingan yang Bisa Urbaners Lakukan Saat “Weekend”

Gaji yang kita terima setiap bulan sebagai karyawan bukan satu-satunya sumber pemasukan yang bisa didapatkan. Banyak pekerjaan lain yang bisa dikerjakan sebagai bisnis sampingan saat weekend.

Triknya, sesuaikan jenis pekerjaan dengan talenta atau keterampilan kita. Beberapa bisnis sampingan bisa saja tampak lebih menarik dari yang lain, terutama dalam segi waktu dan juga uang yang dihasilkan.

Kenapa bisa begitu? Karena di beberapa tempat, akhir pekan menjadi satu-satunya momen untuk mengundang keramaian. Jika kamu benar-benar melihat peluang dan jeli dalam memanfaatkannya, maka sangat mungkin bagi kita untuk mengais banyak uang saat weekend.

Kamu penasaran bisnis sampingan apa saja yang bisa kamu lakukan saat weekend? Berikut penjelasannya.

Food Truck

Di akhir pekan, kamu tentu pernah mendatangi acara “Car Free Day” atau yang biasa disingkat CFD. Nah, momen ini dapat kamu manfaatkan untuk berjualan makanan dalam konsep food truck. (Baca juga: 5 Tips Biar Bisa Makan Banyak, tapi Tetap Langsing)

Mengapa begitu? Karena saat CFD, beberapa jalan akan diramaikan dengan orang-orang yang sedang berolahraga. Ketika mereka semua selesai berolahraga, tentunya nafsu makan mereka meningkat.

Hadirnya food truck milikmu tentu akan membuat orang-orang tertarik dan membeli makanan untuk memuaskan rasa lapar mereka. Kamu juga bisa mendapatkan banyak uang mengingat konsumen yang membeli makanan disana biasanya jumlahnya lumayan banyak.

Event Organizer

Untuk bisnis sampingan saat weekend yang satu ini, tidak membutuhkan modal besar. Namun, memang membutuhkan kesungguhan untuk merancang dan membuat konsep acara yang menarik bagi konsumen.

Selain itu, biasanya kita juga membutuhkan modal pertemanan yang baik untuk memasarkan acara yang dibuat. Sedangkan untuk masalah anggaran, biasanya dananya nanti akan berasal dari pihak penyelenggara.

Dikutip dari artikel “Berawal dari hobi, Winny buat EO hingga kini punya sekolah model” yang dipublikasikan secara online oleh Merdeka, mahasiswa lulusan pendidikan Biologi ini bercerita, awalnya dia tertarik untuk membuat EO karena hobinya bersama teman-teman menghadiri acara-acara musik di Bandung.

“Pertamanya, aku ngobrol sama tiga temen aku, Bunny, Susi, dan Dini, sampai akhirnya sepakat buat mendirikan EO,” kata Winny dikutip dari artikel tersebut. Sedangkan untuk masalah modal, “Itu mah modal kadaek (kemauan) aja,” tambahnya.

Garage Sale

Kamu punya banyak barang bekas yang tak terpakai? Solusinya, jual saja di garasi kamu. Ide garage sale dengan menjual barang-barang bekas milikmu ini bisa mendatangkan banyak uang tentunya. (Baca juga: Tips Meraup Untung dari Bisnis Sewa Properti)

Pasalnya, daripada barangmu seperti pakaian atau sepatu yang menumpuk dan tak terpakai, lebih baik kamu jadikan uang dengan cara menjualnya lewat acara garage sale ini.

Jasa Katering

Bagi kamu yang tinggal di Makassar, mungkin jasa katering bernama “Dined!” sudah tidak asing lagi di telinga. Jasa katering ini didirikan oleh mahasiswa dua mahasiswa Akademi Pariwisata (Akpar) Makassar, Edwin Wirando dan Hardini Mukti WR.

Bisnis duo mahasiswa program studi Manajemen Tata Boga Angkatan 2012 ini kini telah berjalan sekitar tujuh bulan dengan omset setiap bulannya sekitar Rp7-8 juta.

Dikutip dari artikel “Dua Mahasiswa Akpar Makassar Rintis Usaha Bersama” yang diterbitkan secara online oleh Tribun, Edwin mengatakan ide untuk membuka bisnis kuliner bersama dengan Dini, muncul setelah mereka menyelesaikan Praktik Kerja Lapang (PKL) pada tahun 2014, meskipun dia mengikuti PKL di Jakarta dan Dini di Yogyakarta.

“Dalam menjalankan usaha ini, saya lebih banyak mengerjakan makanan besarnya dan dini lebih fokus ke pastry. Selain itu, Dini juga bertanggung jawab terkait urusan keuangan,” kata Edwin.

Selain menawarkan jasa katering, Dined! juga menawarkan makanan kecil seperti Dim Sum. Dimana, pesanan pelanggan dapat langsung diantarkan ke rumah mereka masing-masing.

Buat Nobar

Apabila memiliki tempat makan atau tempat nongkrong dengan target pasarnya kaum muda, kamu bisa melonjakkan penjualanmu pada akhir pekan dengan mengadakan acara nonton bareng. (Baca juga: Ini 5 Tempat Nongkrong Asyik di Jakarta untuk “Weekend” Saat Tanggal Tua)

Mengingat jadwal pertandingan sepak bola yang biasanya dilakukan pada akhir pekan, terutama untuk pertandingan antar klub besar, maka pastikan kamu mengadakan acara nobar di restoran atau di warung makan milikmu untuk meningkatkan penjualan dan merangkul pasar dari bisnis restoranmu.

© 2017 Urbanlife.id