6 Fakta Menarik Jelang Final Liga Champions 2016

Dalam sepak bola Eropa, turnamen Liga Champions dianggap sebagai salah satu ajang prestisius. Pastinya, suatu kehormatan dan kebanggaan bagi sebuah tim jika bisa menjuarainya.

Sejak pertama kali digelar pada 1955, Liga Champions (dahulu disebut Piala Champions) telah dijuarai oleh 39 klub sepak bola. Real Madrid jadi klub yang paling sering juara, yakni 10 kali.

Final Liga Champions 2016 ini sendiri mempertemukan Real Madrid dengan Atletico Madrid. Dua perwakilan dari ibukota Spanyol ini akan bersaing memperebutkan trofi ‘Si Kuping Besar’ di Stadion San Siro pada Minggu 29 Mei ini.

Final Derby Madridleno ini menjadi partai ulangan layaknya final musim 2013-2014 lalu. Ketika itu, Los Blancos berhasil keluar sebagai pemenang dengan menyingkirkan Los Rojiblancos 4-1 pada babak perpanjangan waktu.

Laga final Liga Champions yang juga bertajuk derby Madrid, dipastikan akan berlangsung sengit. Menilik sejarah, Real Madrid memang lebih digdaya ketimbang Atletico, namun fakta beberapa tahun terakhir menunjukkan anak asuh Diego Simeone adalah tim alot untuk ditaklukkan.

Namun demikian, peluang Madrid menambah gelar Liga Champions mereka di final musim ini tentu masih terbuka lebar.

Begitu pun dengan Atletico yang berpeluang menorehkan tinta emas pertama kalinya pada ajang paling bergengsi di Eropa tersebut. Berikut ini adalah fakta yang coba dirangkum UrbanLife.id dari berbagai sumber jelang duel Derby Madrileno di final Liga Champions.

Perwakilan dari Spanyol Mendominasi Liga Champions

Spanyol menjadi negara paling dominan mengirimkan wakilnya ke final Liga Champions. Terhitung, Wakil Spanyol telah 25 kali langganan masuk final Champions sejak pertama kali digelar pada 1955-1956 silam. (Baca juga: 5 Tips Traveling Hemat ala UrbanLife.Id untuk Urbaners)

Madrid Merupakan Perwakilan dari Spanyol yang Paling Sering Masuk Final

Madrid merupakan perwakilan Spanyol yang paling sering masuk ke final Liga Champions. Totalnya, Los Blancos berhasil menembus final sebanyak 13 kali (14 dengan final musim ini), 10 diantaranya menjadi juara dan tiga kali menjadi runner-up.

Atletico Tak Pernah Kalah dari El Real dalam 8 Pertemuan Terakhir

Atletico Madrid tidak pernah kalah dari Real Madrid dalam delapan pertemuan terakhir di kompetisi domestik. Catatannya, lima kali menang dan tiga kali imbang. (Baca juga: Ini 5 Tempat Nongkrong Asyik di Jakarta untuk “Weekend” Saat Tanggal Tua)

Sebelumnya, Atletico Baru 2 Kali Melaju ke Final

Atletico Madrid terhitung baru dua kali melaju ke final (musim ini final ketiga Atletico) dan selalu menjadi runner-up. Rekor tersebut sama dengan torehan Valencia yang juga selalu menjadi runner-up di dua laga final mereka.

Dua laga final sebelumnya, Atletico pun selalu mengalami kekalahan. Los Rojiblancos keok 4-0 oleh Bayern Muenchen di final musim 1973/74. Terakhir, Atletico menyerah 4-1 dari Real Madrid pada final musim 2013/2014 lalu lewat perpanjangan waktu.

Real Madrid Klub Pertama di Eropa yang Menyimpan Trofi Asli

Real Madrid menjadi klub pertama di Eropa yang menyimpan trofi asli Liga Champions tepatnya tahun 1967. (Baca juga: Kamu Mau Pelesir ke Luar Negeri? Lakukan Dulu 5 Persiapan Ini!)

Hal ini mengacu para peraturan UEFA, dimana sejak musim Liga Champions 1968-1969, klub yang memenangkan kompetisi Liga Champions lima kali atau tiga tahun secara berturut-turut dapat menyimpan trofi asli Liga Champions untuk koleksi galeri klub selama beberapa bulan.

Derbi Spanyol di Final Liga Champions Musim Ini Akan Menjadi Edisi Ketiga Kalinya

Derbi Spanyol di final Liga Champions pertama kali terjadi musim 1999-2000. Pada saat itu, Real Madrid keluar sebagai pemenang usai mengalahkan Valencia 3-0.

Selanjutnya, Madrid kembali masuk final bertemu Atletico musim 2013-2014 dan menang dengan skor 4-1 lewat perpanjangan waktu.

© 2017 Urbanlife.id