6 Langkah yang Perlu Diperhatikan dalam Membeli Apartemen “Over” Kredit

Ada bermacam usaha dilakukan orang untuk memiliki apartemen, baik itu membeli secara tunai atau melalui Kredit Pemilikan Apartemen (KPA). Khusus KPA, ada pula cara membeli apartemen second, yaitu take over kredit atau oper kredit.

Take over kredit atau oper kredit KPA adalah proses pengalihan kredit dari debitur lama (penjual) ke pihak debitur baru (pembeli). Berbeda dengan proses jual beli unit apartemen pada umumnya, proses resmi take over kredit harus melibatkan pihak bank atau kreditur pemberi loan to value (LTV).

Idealnya, take over KPA harus resmi dilakukan secara legal. Meskipun terkesan rumit karena banyak tahap dan syarat harus dipenuhi, take over KPA secara legal sebenarnya dirancang agar tak ada pihak yang dirugikan, baik pembeli maupun penjual.

Secara praktis, setelah mencapai kesepakatan soal harga, penjual dan pembeli dapat menghubungi pihak bank atau kreditur untuk melakukan oper kredit.

Sebelum menyetujui permohonan alih kredit, pihak bank atau kreditur akan mengecek sejarah pembayaran debitur lama sekaligus meneliti kemampuan bayar calon pembeli dalam meneruskan angsuran KPA.

Nah, berikut ini beberapa langkah yang perlu kamu lakukan sebelum melakukan oper kredit KPA:

6 Langkah Membeli Apartemen OVER KREDIT-09

© 2017 Urbanlife.id