Tips Beli Apartemen untuk Investor Muda

Apartemen adalah instrumen investasi properti yang banyak diminati karena menawarkan imbal hasil tinggi. Harga apartemen bahkan bisa melonjak tinggi, jauh melampaui semua instrumen investasi yang ada di pasar.

Di sektor properti sendiri terdapat banyak jenis apartemen, mulai dari rusunami hingga kelas high-end. Nah, bagi kamu yang mau mulai berinvestasi apartemen, asalkan jeli apartemen murah pun bisa menjanjikan untung lumayan.

Untuk membantu kamu yang ingin berbisnis apartemen murah, berikut ini tips yang harus kamu perhatikan:

Akses atau Lokasi

Apa sih rumus utama investasi apartemen? kebanyakan orang akan menyebut lokasi strategis. Lantas, lokasi yang strategis itu seperti apa? Apakah di tengah kota yang harganya sudah sangat mahal atau dekat dengan akses transportasi? Inilah yang membedakan investasi apartemen di kota besar seperti Jakarta dan luar Jakarta. (Baca juga: Mana Lebih Untung: Investasi Apartemen atau Rumah Tapak?)

Bagi kamu yang mau berinvestasi di luar Jakarta, misalnya, rumus lokasi yang dekat dengan kota masih berlaku, tapi untuk di kota besar seperti Jakarta yang super-macet, waktu tempuh lebih penting ketimbang jarak tempuh. Sudah pasti akses transportas jadi faktor dominan.

Bebas Banjir

Ini faktor penting yang sering terlupa. Sebelum kamu membeli apartemen, pastikan jika lokasinya bukan langganan banjir. Sebaiknya kamu melakukan riset dengan bertanya pada tetangga atau mencari tahu lewat internet.

Ketersediaan Air Bersih

Patikan apartemen incaranmu tak berada di wilayah yang sulit air bersih. Jika tidak ada akses PDAM, cek apakah ada pemasok air bersih lain disana. Tanpa suplai air bersih yang memadai nilai apartemen incaran kamu bisa turun tajam. (Baca juga: Ingin Relaksasi Murah Meriah? Coba Spa Air Garam di Hunian Kamu!)

Tentukan Profit

Untuk memperoleh harga jual yang tinggi, kamu harus tentukan profit yang ideal. Jangan sampai harga jual terlalu mahal, sehingga apartemen kamu sulit laku atau terlalu murah. Cara menentukan harga ideal, bandingkan dengan harga properti setara di wilayah tersebut.

Selanjutnya tentukan harga apartemen setelah lebih dulu menghitung faktor belanja modal yang sudah kamu keluarkan. (Baca juga: Ini Alasan Mengapa Kamu Perlu Membeli Hunian Idaman Sedini Mungkin)

© 2017 Urbanlife.id